Manfaat Website Bagi Mahasiswa yang Perlu Sobat Ketahui

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Manfaat Website Bagi Mahasiswa
Manfaat Website Bagi Mahasiswa

Sewaktu saya menjadi seorang mahasiswa baru dulu, ada salah seorang teman yang mengajak saya untuk mengisi website miliknya. Saya yang awalnya gak ngerti apa-apa tentang dunia blogging, tiba-tiba diajak berkenalan yang tentu saja membuat saya tertantang.

Memangnya apa sih manfaat website bagi mahasiswa? Ada banyak lho manfaatnya, nanti kita kupas pelan-pelan hehe. Website atau blog merupakan suatu kumpulan halaman web yang berisi informasi berupa gambar, teks, video, audio maupun gabungan dari semuanya yang saling terhubung antar halamannya.

Website ada banyak sekali jenisnya mulai dari website untuk company profile, website bisnis atau untuk jualan, website kumpulan resep, website agama, website pendidikan, bahkan website yang digunakan untuk penipuan juga ada.

Saya memang menyukai hal-hal yang berbau menulis. Jadi, saat teman saya dulu mengajak nulis di website miliknya ya mau-mau aja gitu hehe. Lumayan lho menambah pengalaman. Namun, sayangnya saya tak bertahan lama mengisi website tersebut. Saya lebih menyukai aktif di dunia kampus, berorganisasi, belajar untuk mata kuliah prodi saya, ikut kegiatan dan ikut lomba. Lebih kerasa asyiknya ketimbang ngetik-ngetik yang masih belum kerasa hasil dan asyiknya.

Tidak lama setelah saya vakum menulis di websitenya dia, ternyata rasa penasaran saya akan dunia blogging masih ada. Akhirnya saya masih mencari cara agar memperoleh ilmu tentang dunia blogging. Beberapa cara yang saya lakukan adalah ikut grup blogger, menjadi penulis relawan di salah satu media esport, dan mencoba-coba keberuntungan mengirim artikel ke media besar *walau gak pernah di-acc wkwk.

Saya yang memang mudah penasaran dan merasa tertantang, gak akan menyerah sampai saya bisa membuat website yang menghasilkan.

Dulu-dulu saya menikmati belajar ngeblog sambil curhat di blog Kuskus Pintar ini. Beberapa kali saya suka blogwalking atau berjalan-jalan mengunjungi blog orang lain. Asyiknya baru kerasa saat dulu kami bertegur sapa di kolom komentar. Wah banyak deh sebenarnya manfaat website bagi mahasiswa.

Manfaat Website Bagi Mahasiswa

Sebenarnya ada banyak manfaat website untuk mahasiswa yang perlu kamu ketahui. Nah, daripada kebanyakan curhat yuk langsung saja kita kupas manfaat website bagi mahasiswa di bawah ini.

1. Catatan Perjalanan

Manfaat website bagi mahasiswa yang saya rasakan ketika punya website atau blog adalah saya jadi punya tempat untuk mencatat perjalanan saya. Semacam jurnal perjalanan gitu, apalagi sewaktu kuliah saya hobi ikut lomba ke luar kota.

Kan sayang tuh kalau gak ada blog yang merekam jejak perjalanan saya. Jadilah blog Kuskus Pintar ini menjadi catatan perjalanan saya.

2. Tempat Curhat

Gak hanya menjadi catatan perjalanan saya saja, blog bisa menjadi tempat curhat dan bergalau ria wkwk. Ya kalo saya bahas topik serius mulu bosanlah, sesekali saya suka curhat di blog ini. Rasanya seperti lega dan tercurahkan.

Writing is healing, begitulah saya menyebutkannya. Blog menjadi tempat saya bercerita mulai dari kehidupan masa kecil, kehidupan dunia kampus hingga remeh temeh persoalan cinta. Sebenarnya saya pengen bikin blog khusus yang mencatat Personal Life, tapi sayang takut gak keurus kalo kebanyakan blog. Terus, si Kuskus Pintar ini juga adalah blog pertama yang saya buat (khusus yang jadi TLD).

Iya, dia adalah blog berdomain TLD .com pertama saya. Setelah itu ada sobat-sobat blognya yang lain, tapi tetap yang pertama itu penuh dengan kenangan. Gak bisa semudah itu kalau saya mau buat blog baru kayak catatanreskia.com atau blogreskia.com duh masih gak bisa move on sama si Kuskus Pintar ini. Jadinya saya urungkan niat tersebut.

3. Berbagi Ilmu

Manfaat website bagi mahasiswa selanjutnya adalah berbagi ilmu. Saya juga merasakan manfaat yang satu ini, website menjadi tempat saya berbagi ilmu. Sewaktu kuliah saya suka sekali ikut lomba menulis karya ilmiah. Nah, dulu beberapa teman saya atau adek tingkat suka bertanya tentang bagaimana cara membuat KTI, cara membuat esai dan lain-lain.

Saya pikir daripada menjawabnya terus berulang-ulang, kenapa tidak saya tulis semua tipsnya dan saya tinggal share link artikelnya aja. Lebih gampang bukan? Berawal dari sanalah saya ingin berbagi ilmu yang saya punya, berbagi pengalaman hidup, berbagi cerita dan berbagi semuanya yang bisa saya bagikan.

Yuk beli web hosting untuk website kamu agar bisa diakses oleh siapa pun!

4. Personal Branding

Selanjutnya, manfaat yang saya rasakan adalah website bisa menjadi ajang personal branding. Personal branding itu ringkasnya adalah "kamu mau dikenal sebagai apa?". Iyaaa, personal branding itu intinya perwujudan sosok kita kepada orang lain.

Misalnya, kamu adalah seorang dokter dan suka berbagi tips seputar dunia parenting atau keluarga di sebuah website milikmu. Jadi, blog atau website yang kamu punya bisa menunjukan bahwa kamu memang ahli di bidang tersebut. Orang akan mikir kalau mau belajar ilmu parenting ke kamu karena mereka sudah percaya kamu ahli di bidang tersebut karena rutin membahas di blog yang kamu miliki.

Personal branding ini juga penting untuk dibangun oleh mahasiswa, bahkan kalau bisa website yang kamu punya dijadikan sebagai portofolio bekerja. Contohnya, seorang web developer yang saat ini masih mahasiswa tetapi sudah punya banyak proyek, bisa banget lho untuk kamu cantumkan di blog.

Jadikan blog sebagai portofolio kamu, jelaskan detail-detail proyek yang pernah kamu selesaikan. Saat ingin melamar pekerjaan, kamu tinggal share link blog kamu deh. Recruiter jadi lebih mudah dalam mengenalmu.

Baca juga:

5. Memperoleh Uang

Ini merupakan manfaat website bagi mahasiswa yang terakhir menurut saya. Kita sepakatlah ya kalo mahasiswa itu sudah seharusnya bisa untuk bekerja, walaupun sampingan. Udah agak malu gitu gak sih kalo kita udah gede tapi masih minta sama orangtua?

Saya dulu juga anaknya cukup gak enakan kalau mau minta dikirimkan uang. Beruntung masih bisa terbantu dengan adanya beasiswa dari pemerintah, cukuplah untuk kebutuhan sehari-hari. Nah, kalau ngeblog bisa memperoleh uang ya kenapa gak dicoba gitu. Sayang aja wakdu dulu saya baru mengenal dan mendalami blog secara serius itu di semester akhir. Masa-masa skripsian!

Saya bahkan merasa lebih cinta sama blog ketimbang skripsi, duh maap banget nih skripsiku. Soalnya udah bisa menghasilkan Alhamdulillah, beda sama skripsi susah bener untuk meningkatkan mood buat ngerjainnya. Plis jangan ditiru ya tindakan saya ini. Kamu tetap harus memprioritaskan skripsi ya sobat. Bagaimanapun susahnya mengerjakan skripsi, tetap ia adalah tanggung jawab yang perlu kamu selesaikan.

Sudah dulu pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat buat kamu yang lagi galau mau bikin website atau gak usah. Kalau saran saya sih, gas aja bikin! Oiya kamu juga bisa cek promo hosting dari penyedia hosting. Hosting merupakan layanan untuk mengonlinekan sebuah website agar bisa diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Yuk, cobain bikin blog. Boleh kok tanya-tanya sama saya, langsung hubungi di halaman kontak saja ya sob.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama