Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula yang Mudah

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula
Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang untuk menulis artikel di blog. Alasan tersebut bisa karena ingin memiliki catatan perjalanan, memperoleh penghasilan, melampiaskan uneg-uneg, memberikan kebermanfaatan, dan banyak lagi.

Apapun alasannya, saat ingin membuat blog kamu pasti akan mencari tahu cara membuat blog di WordPress bagi pemula. Ya kalo udah expert otodidak aja langsung paham.

Sebelum melangkah lebih jauh membahas mengenai cara membuat blog di WordPress bagi pemula, saya ingin memberikan informasi kepada sobat Kuskus Pintar bahwa platform ngeblog itu ada banyak.

Platform untuk membuat blog bisa di Blogger, WordPress, Tumblr, Wixsite, Webnode, Weebly, dan banyak lagi. Namun, dari berbagai platform ada dua yang paling populer di Indonesia yaitu Blogger dan WordPress.

Pilih Blogger atau WordPress?

Jika sobat bingung mau pilih yang mana, sini saya kasih tahu sedikit untuk bahan pertimbangan kamu dalam memilih.

Platform Blogger.com ini didesain untuk jenis blog yang sederhana. Tidak ada tools/plugin untuk membantu optimasi blog biar lebih cakep, tentu saja kamu bergantung pada template dan kodingan jika ingin menambah sesuatu.

Kemudian, terkait optimasi konten seperti SEO (Search Engine Optimization), di blogger kamu harus lebih mandiri karena tidak ada bantuan plugin. Jadi, singkatnya plugin adalah alat yang memungkinkan kamu ngeblog jadi lebih mudah.

Contohnya plugin SEO, kalau pakai WordPress kamu bisa terbantu dengan adanya plugin tersebut. Kurangnya apa saja nanti terdeteksi.

WordPress tentu saja memiliki kelebihan dari adanya bantuan plugin atau tools yang mendukung kegiatan ngeblog. Namun, jika dilihat dari segi biaya, memang platform Blogger lebih unggul karena hosting ditanggung oleh Google selama storage masih cukup. Kalau storage atau penyimpanan akun Google/Gmail penuh, di Blogger juga perlu membayar untuk sewa storage.

Sedangkan, di WordPress itu perlu membeli domain dan hosting ketika kamu ingin mencoba membuat blog dengan domain TLD seperti .com, .id, .net, dan lainnya.

Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Jika kamu ingin membuat blog di Wordpress, sini saya kasih tahu cara membuat blog yang gampang banget untuk dilakukan. Baca terus sampai habis ya sobat!

1. Memilih Nama Domain

Cara membuat blog di WordPress bagi pemula yang pertama adalah menentukan nama domain. Kamu bisa menentukan nama domain sesuai dengan topik yang ingin kamu bahas. 

Jika kamu ingin membahas topik bisnis bisa pilih domain yang mengandung kata-kata bisnis seperti bisnispedia, ayoberbisnis, marketingkeren, usahakekinian, dan lain-lain.

Bisa juga memilih nama domain dengan menggunakan nama kamu, seperti reskipedia, diarypandu, blogreskia, dan catatanreskia.

Ada salah satu tips yang tak kalah penting saat memilih nama domain yaitu pilihlah nama domain yang belum dipakai orang. Bisa langsung cek dengan mengetikkan nama domain yang diinginkan.

Cara Cek Ketersediaan Nama Domain 1

Ketikkan di browser “blogreskia.com”, jika hasilnya Situs ini tidak dapat dijangkau, maka itu mencirikan bahwa domain belum ada yang pakai.

Cara Cek Ketersediaan Nama Domain 2

Buka Google.com, lalu ketikkan site:blogreskia.com di kolom pencarian. Kalau sudah, tekan enter. Nah, jika tidak ada hasilnya maka itu juga bisa mencirikan bahwa domain belum ada yang pakai.

2. Membeli Domain dan Hosting

Cara membuat blog di WordPress bagi pemula yang selanjutnya adalah membeli domain dan hosting. Sebenarnya, WordPress itu ada dua yakni wordpress.com dan wordpress.org.

Wordpress.com adalah platform yang bisa membuat blog secara gratis tanpa beli domain dan hosting. Namun, url atau link blog kamu akan lebih panjang contohnya reskiapedia.wordpress.com.

Di Wordpress.com juga bisa menghilangkan akhiran tersebut, tentu saja kamu perlu beli domain dan hosting. Namun, di wordpress.com punya banyak batasan terkait thema dan plugin yang bisa kamu pakai.

Berbeda dengan Wordpress.org, platform yang satu ini lebih bebas mau kamu kustomisasi baik dari tampilan hingga penambahan plugin.

Saran dari saya silakan sobat buat blog di wordpress.org. Nanti kita bahas bagaimana cara menginstalnya ya.

Ikuti dulu step kedua ini yaitu membeli domain dan hosting. Kamu bisa pilih ada banyak sekali penyedia layanan online ini di internet.

Nah, khusus hosting sebaiknya bagi pemula bisa beli Paket Shared Hosting Server saja dulu. Selain harganya lebih murah, tentu saja keperluan ngeblog di awal juga belum banyak amat.

Mau rekomendasi tempat beli hosting? Bisa beli di Neo Web Hosting, bisa kunjungi https://hosting.neo.id mumpung ada promo menarik nih. Cuss berkunjung ke website resminya langsung ya.

3. Instal WordPress di Softaculous

Baiklah, jika sobat Kuskus Pintar sudah membeli domain dan hosting, maka selanjutnya kamu tinggal instal WordPress. Salah satu cara yang paling instan dan cepat adalah dengan menginstal WordPress di Softaculous.

Cara instal WordPress di Softaculous yang bisa kamu lakukan adalah:
  • Login ke member area tempat kamu beli hosting. Jika ada direct ke cpanel, silakan masuk dari member area saja. Kamu juga bisa membuka langsung ke cpanel dengan mengetikkan https://namablog.com/cpanel
  • Silakan cari Softaculous Apps Installer di halaman cpanel. Jika tidak  ketemu, ketik saja di pencarian “Softaculous”. Lalu, klik kalau sudah ketemu.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Selanjutnya, tinggal klik WordPress.
  • Kemudian, kamu bisa ikuti langkah-langkah selanjutnya. Silakan dibaca terlebih dahulu dari panduan di tempat hosting milikmu.

4. Percantik Tampilan Blog

Selanjutnya, cara membuat blog di WordPress bagi pemula adalah dengan percantik tampilan blog. Saat kamu telah sukses menginstal WordPress, kamu akan disapa dengan kata-kata “Hello World” di halaman muka.

Lalu, bagaimana cara mempercantik tampilan blog di WordPress? Mudah saja, silakan akses dashboard admin di https://namablog.com/wp-admin di browser. Silakan ketikkan username dan password yang sudah kamu setting sewaktu menginstal WordPress.

Jika sudah, silakan masuk ke Tampilan > Tema > Tambah Baru. Nah, nanti tinggal cari deh theme yang menarik untuk blog kamu.

Jangan lupa untuk melengkapi blog dengan halaman penting seperti about, contact, disclaimer, TOS, dan Privacy Policy. Jika ingin membuat halaman, silakan klik Laman > Semua Laman > Tambah Baru.

5. Instal Plugin yang Dibutuhkan

Setelah mempercantik tampilan blog WordPress kamu, cara membuat blog di WordPress bagi pemula selanjutnya adalah melakukan instalasi plugin.

Ada banyak plugin yang ada saat ini, tapi tidak semua plugin harus kamu instal. Cukup instal plugin yang memang dibutuhkan, karena kalau kebanyakan bisa membuat blog menjadi berat.

Cukup instal beberapa plugin di bawah ini:
  • Plugin SEO (Pilih salah satu: Rankmath, Yoast, All in One SEO dll).
  • Plugin Cache (Pilih salah satu: Litespeed Cache), W3 Total Cache, WP Fastest Cache, WP Optimize, WP Super Cache, dll).
  • TOC atau daftar isi (Bisa pakai Easy Table of Contents atau Table of Contents Plus).
  • Insert Kode untuk menambahkan berbagai kode pihak ketiga di blog, rekomendasi bisa pakai Plugin Insert Headers and Footers.

Menurut saya, plugin yang perlu dipasang untuk pemula cukup 4 itu aja. Ada juga plugin untuk mengompres gambar agar loading halaman lebih ringan, itu bisa diganti dengan mengompres secara manual saja melalui website tinypng, iloveimg, dan lainnya.

Mau backup blog? Bisa lakukan manual melalui cpanel, gak perlu instal plugin karena penyedia hosting milikmu juga akan melakukan backup.

Jika ingin melakukan backup manual sendiri, bisa dengan mengikuti cara berikut ini:
  • Masuk ke cpanel hostingmu
  • Lalu, cari Backups Wizard
  • Klik Full Backup
  • Tunggu beberapa menit, biasanya perlu untuk memasukkan email.
  • Nanti akan dikirimkan file backup ke email, tinggal download deh.

Selanjutnya, jika nanti kamu sudah diterima oleh pengiklan seperti Google Adsense, bisa pasang plugin atau insert manual. Saran saya biar gak repot bisa pasang plugin Ad inserter atau WP Quads.

Jika semua plugin sudah diinstal, maka jangan lupa untuk melakukan setting pada plugin ya. Udah banyak tuh tutorial yang bertebaran di internet, simpel kok kamu gak perlu pusing.

Pelan-pelan saja settingnya ya sob. Kalau sudah melakukan setting pada plugin, yaudah langsung cuss bikin artikel. Artikel itu ibarat produk yang perlu kamu isi di warung (blog) milikmu agar banyak pengunjung yang datang.

Ada diskon juga sebesar 25% untuk kalian yang mau coba NEO Web Hosting ini nih:
  1. Diskon berlaku untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting
  2. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (Sudah Termasuk Domain)
  3. Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25
  4. Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id
  5. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual
  6. Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru
  7. Kode promo hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar
Yuk, segera dapatkan diskonnya sekarang!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Demikian artikel mengenai cara membuat blog di WordPress bagi pemula. Semoga tutorial di atas bisa membantumu ya sobat. Jangan bingung deh pokoknya, coba aja dulu. Semangat ya!

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama