Tanya Jawab Seputar Materi SPMB PKN STAN

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Materi SPMB PKN STAN
Materi SPMB PKN STAN

Kali ini Kuskus Pintar akan membahas mengenai Materi SPMB PKN STAN dan seputar pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang.

PKN STAN bisa dibilang impian banyak siswa, tak terkecuali saya. Iya, dulu saya pernah mengimpikan STAN sebagai tempat kuliah saya di masa depan. Namun, ada beberapa pertimbangan sehingga saya harus melepas mimpi tersebut.

Jika sobat Kuskus Pintar ingin masuk ke PKN STAN, saya ucapkan semangattt! Teruslah berjuang sobat. Salah satu cara berjuang untuk mimpi yang kamu inginkan adalah dengan belajar untuk ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN.

Apa itu Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN?

PKN STAN adalah perguruan tinggi yang langsung dinaungi oleh Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara.

PKN STAN Singkatan dari Apa?

PKN STAN adalah singkatan dari Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Sebelum PKN STAN, dulu dikenal dengan sebutan STAN saja.

Jurusan Apa Saja yang Ada di PKN STAN?

Mulai tahun 2021 PKN STAN memiliki 3 (tiga) Program Studi yaitu Program Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Program Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Program Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Tes Apa Saja di PKN STAN?

Terdapat tiga tahap seleksi yang akan dilalui oleh peserta. Tes pertama adalah seleksi administrasi yang akan diukur melalui nilai UTBK untuk menggantikan materi PKN STAN pada ujian TPA dan Bahasa Inggris. Kemudian, tes kedua adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan oleh BKN. Tes seleksi terakhir adalah seleksi lanjutan berupa tes kesehatan dan kebugaran serta wawancara.

Apakah STAN 2021 Ada Tes Wawancara?

Ada di tahap terakhir sebagai penentuan apakah peserta lolos atau tidak menjadi mahasiswa perguruan tinggi dinas.

Saya tidak mengikuti UTBK, apakah dapat mendaftar SPMB PKN STAN?

Tidak bisa mendaftar karena salah satu tahap seleksi yang dilalui adalah seleksi administrasi dengan melihat nilai UTBK. Selain itu, nilai UTBK juga akan melihat nomor UTBK.

Jika saya pernah ikut UTBK tahun lalu, apakah saya bisa mendaftar ?

Bisa, namun peserta harus kembali mengikuti UTBK Tahun 2021 (Tahun peserta mendaftar)

Apa Saja Materi SPMB PKN STAN?

Penting sekali bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk mengikuti SPMB PKN STAN. Saat ini, PKN STAN mengubah sistem seleksinya. Walaupun sebenarnya materi-materi yang duhulu masih tetap sama.

Seleksi Administrasi - Nilai UTBK

Materi SPMB PKN STAN apa saja yang kamu perlu siapkan untuk seleksi administrasi ini? Tentu saja materi yang akan diuji di UTBK. Kenapa demikian? Karena sudah jelas sekali, pada seleksi administrasi yang akan menjadi tolak ukur adalah nilai UTBK.

Nilai UTBK akan menggantikan ujian TPA dan bahasa Inggris yang dulu pernah ada di seleksi masuk PKN STAN.

Baca juga:

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi yang satu ini mirip dengan seleksi yang diterapkan untuk CPNS. Nah, kamu perlu belajar materi SPMB PKN STAN seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Kira-kira seperti itu, mohon komen di bawah jika ada perubahan ya.

Seleksi Lanjutan

Seleksi terakhir yang akan dilalui oleh peserta adalah seleksi lanjutan. Lalu, apa yang akan kamu siapkan untuk materi SPMB PKN STAN di tahap terakhir ini? Berikut ini kira-kira gambaran seleksi dan apa yang perlu kamu siapkan.

Seleksi Lanjutan 1: Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi

Sudah pastinya ditahap ini kamu perlu mempersiapkan diri agar tampil sehat. Dari sekarang mulailah untuk menjalani pola hidup yang sehat dan menjauhi makanan-makanan terlarang.

Seleksi Lanjutan 2: Tes Wawancara

Materi SPMB PKN STAN apa yang perlu disiapkan di sini? Ya, jelas kamu perlu melatih cara kamu berbicara dan menjawab pertanyaan wawancara nantinya. Usahkan intonasi suara kamu terdengar jelas dan tenang.

Baiklah demikian artikel mengenai berbagai pertanyaan dan jawaban seputar Materi SPMB PKN STAN. Jika kamu ingin belajar lebih lanjut, bisa pelajari Rangkuman Materi PKN STAN dari Edukasistan.com ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama