11 Minuman yang Bagus untuk Pencernaan dan yang Tidak Baik

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
minuman yang bagus untuk pencernaan
Minuman yang Bagus untuk Pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar bisa terjadi di antaranya karena pola hidup yang kurang baik dan konsumsi makanan serta minuman yang kurang sehat. Kamu bisa mengkonsumsi minuman yang bagus untuk pencernaan agar selalu sehat.

Minuman yang Bagus untuk Pencernaan

Mau tau apa saja minuman yang bagus untuk pencernaan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Air Putih
Sudah bukan rahasia lagi jika air putih baik untuk kesehatan tubuh termasuk pencernaan. Dengan mengkonsumsi banyak air putih akan memudahkan makanan lewat dan mencegah dehidrasi. Kamu disarankan untuk mengkonsumsi air sekitar 13 gelas untuk pria dan 9 gelas untuk wanita.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air hangat atau biasa dibanding air dingin. Air hangat cenderung lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding dengan air dingin.

2. Kefir
Kefir merupakan salah satu minuman probiotik yang baik untuk kesehatan usus dan pencernaan. 
Minuman mirip yoghurt ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu memulihkan saluran pencernaan.

Minuman ini mengandung bakteri baik namun kurang dianjurkan untuk ibu hamil. Selain itu, perlu diperhatikan jika kefir mungkin memiliki efek samping seperti kembung atau kram bagi sebagian orang.

3. Yoghurt
Sama seperti kefir, produk olahan susu ini juga sangat baik untuk pencernaan. Yoghurt dapat menekan sekresi asam lambung dan melindungi mukosa lambung. Tidak hanya itu, yoghurt ini juga bagus untuk memperbaiki lingkungan usus.

Yoghurt juga termasuk minuman pelancar bab untuk anak dan dapat mencegah beberapa gangguan pencernaan seperti diare dan radang usus.

Selain itu, yoghurt juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama sehingga berat badan dapat terkontrol.

Baca juga:

4. Kopi
Mungkin kamu akan bertanya-tanya mengapa kopi termasuk minuman yang baik untuk pencernaan. Selain memberikan dorongan energi, kopi juga bertindak sebagai stimulan untuk saluran pencernaan. 

Kopi memiliki efek pencahar yang akan memperlancar makanan di usus sehingga kamu bisa terhindar dari sembelit.

Meskipun baik, kamu tidak boleh meminum kopi secara berlebihan karena justru akan berefek buruk. Mengkonsumsi kopi berlebih dapat menyebabkan diare, meningkatkan sekresi asam lambung serta kurang tidur. Hindari mengkonsumsi kopi ketika perut kosong dan setelah pukul 3 sore.

5. Teh Jahe
Minuman yang bagus untuk pencernaan yang selanjutnya adalah teh jahe. Di Indonesia minuman herbal memang sudah terkenal memiliki khasiat yang baik untuk tubuh termasuk salah satunya yaitu jahe. Jahe dapat membantu menyeimbangkan kadar asam lambung dalam perut.

Mengkonsumsi teh jahe hangat dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, meredakan diare, maag, mual, sakit perut, kram dan gangguan pencernaan lainnya. Agar lebih nikmat kamu juga bisa memberi sedikit perasan lemon di dalamnya.

6. Smoothie
Serat merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk pencernaan tubuh dan mencegah sembelit. Salah satu minuman yang mengandung serat yaitu smoothie. Kunci membuat smoothie yang baik untuk pencernaan yaitu dengan mengkombinasikan antara serat larut dan serat tak larut.

Serat larut biasanya terkandung dalam buah, sayur, biji-bijian serta kacang-kacangan. Sedangkan serat tak larut biasanya terkandung dalam kulit buah-buahan dan sayuran. Kamu bisa membuat smoothie buah seperti pisang, nanas yang dicampur dengan yogurt, biji-bijian dan sayuran.

Kamu bisa menambahkan beberapa buah kiwi di dalamnya untuk smoothie yang lebih baik.

7. Peppermint Tea
Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum pernah mencoba teh yang satu ini. Peppermint sudah banyak digunakan karena mengandung menthol dan rasa mint yang menyegarkan.

Mengkonsumsi peppermint tea sendiri dapat membantu mengurangi kejang usus, menenangkan sakit perut, memperlancar pencernaan makanan dan mengatasi iritasi usus besar.

Jika kamu ingin membuat teh ini, kamu bisa membelinya di supermarket terdekat atau membuat sendiri di rumah. Caranya yaitu rebus air sampai mendidih lalu masukkan potongan beberapa lembar daun mint. Tunggu sampai sekitar 5 menit lalu tuang di gelas.

8. Jus Apel
Selain rasanya yang manis, apel juga termasuk buah yang bisa dijadikan minuman yang bagus untuk pencernaan. Apel sendiri kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, antioksidan, serat, kalium, air dan pektin. Jus ini baik untuk menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit dan memperlancar BAB.

Kamu bisa memakannya secara langsung namun akan lebih baik jika kamu membuatnya menjadi jus. Meskipun baik untuk tubuh, kamu tidak boleh mengkonsumsi jus apel secara berlebihan.

9. Lemongrass Tea
Selain jahe, teh serai juga termasuk minuman herbal yang baik untuk pencernaan kamu. Minuman ini memiliki khasiat seperti menenangkan perut, mengatasi sakit perut serta sembelit. Kamu bisa menyeduh teh ini setelah makan malam atau untuk menemani cemilan.

10. Jus Pir
Buah pir kaya akan nutrisi seperti protein, energi, folat, fosfor, vitamin B dan serat.  Kandungan serat yang dimiliki pir bernama pektin baik untuk pencernaan karena dapat melunakkan feses sehingga kamu terhindar dari sembelit.

Selain itu, minuman untuk pencernaan ini juga baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tulang kamu.

11. Susu Etawa
Susu memiliki fungsi menurunkan PH asam lambung sehingga dapat melindungi dinding lambung. Selain itu, protein susu menempel pada mukosa lambung untuk waktu lama membentuk lapisan yang melindungi lambung. Susu hangat lebih dianjurkan dibanding susu dingin.

Salah satu susu yang sangat baik untuk pencernaan yaitu susu etawa atau susu kambing. Susu yang berasal dari kambing betina ini kaya akan nutrisi seperti kalsium, protein, fosfor, vitamin A, karbohidrat, sodium dan laktoferin.

Beberapa manfaat susu kambing etawa ini yaitu menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi infeksi, membantu meringankan diare, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata dan meningkatkan imun tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi susu ini dua gelas sehari.

Jika kamu memiliki alergi terhadap susu sapi, kamu bisa mencoba susu kambing etawa. Yakin nih gak mau coba minuman yang bagus untuk pencernaan dari susu etawa? Cobain dulu dan rasakan manfaatnya.

Minuman yang Kurang Baik untuk Pencernaan

Jika minuman di atas adalah minuman yang baik untuk kesehatan pencernaan, maka berikut ini adalah minuman yang kurang baik untuk tubuh karena mengandung pemanis buatan dan tinggi kalori.

1. Minuman Berkarbonasi dan Soda
Soda termasuk minuman yang mengandung banyak pemanis dan kafein yang kurang baik untuk tubuh termasuk pencernaan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Soda dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah penyerapan gizi.

Jika kamu kerap mengkonsumsi minuman ini maka sebaiknya segera kurangi mengkonsumsi minuman ini.

2. Alkohol
Sudah bukan rahasia lagi jika alkohol memang tidak baik untuk tubuh dan pencernaan. Alkohol dapat membuat perut tegang, merusak lendir lambung sehingga perut menjadi lelah. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan kerusakan hati sehingga harus dibatasi.

3. Minuman Energi
Minuman energi juga termasuk minuman yang kurang baik untuk tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Minuman ini memiliki kafein dan pemanis yang tinggi yang bisa menyebabkan diabetes, hipertensi dan obesitas.

Itulah beberapa minuman yang bagus untuk pencernaan kamu. Selain mengkonsumsi minuman di atas, pastikan kamu juga mengkonsumsi makanan yang berserat dan rutin untuk berolahraga. Kurangi mengkonsumsi minuman seperti soda dan alkohol agar pencernaan kamu selalu terjaga.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama