Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis AMPUH DAH

Daftar isi [Tampil]
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis



Kolesterol merupakan jenis lemak yang terbentuk di dalam hati manusia. Walaupun identik dengan hal yang kurang baik, nyatanya tubuh masih memerlukan yang namanya jenis lemak ini. Kolesterol itu ada dua yaitu LDL dan HDL.

Dalam ilmu kedokteran, kolesterol jahat di dalam darah adalah kolesterol LDL. Sedangkan, kolesterol HDL merupakan kolesterol baik yang bisa melarutkan kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

Baca juga:
$ads={1}

Mungkin, kamu sudah bertanya-tanya sejak tadi mengenai cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis ya? Iyup, kolesterol jahat bisa berkurang dengan minum jeruk nipis, jeruk lemon, dan kawan-kawannya.

Ketika kamu bertekad untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh, maka perlu dibarengi dengan upaya lainnya seperti menjalankan pola hidup yang sehat terutama menghindari makanan yang berlemak tinggi dan rutin berolahraga.

Fokus pada makanan yang lemak tinggi itu memang perlu sekali dihindari seperti daging sapi dan gorengan. Apalagi gorengan hampir setiap hari rutin kamu konsumsi, hemm hati-hati saja barang kali kolesterol akan hingga di diri kamu.

Jika penasaran dengan tanda-tanda terkena kolesterol tinggi bisa baca di artikel saya yang ini:
 
Berapa sih batas normal kolesterol di dalam tubuh kita? Nah, kamu perlu tahu sobat bahwa batas normal kolesterol yang baik itu adalah 160-200 mg saja.

Ya walaupun ada makanan yang mengandung lemak, kamu tak perlu pasang muka takut dulu. Dalam porsi yang pas, makanan berlemak juga diperlukan oleh tubuh kita.

Jika kamu sudah merasa terlalu banyak kolesterol di dalam tubuh dan ada beberapa gejala malah membuat tubuh kamu tidak sehat, bisa dicoba salah satu cara berikut ini yaitu cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis

Kamu pasti sudah ingin tahu bagaimana caranya bukan? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Petik jeruk nipis atau beli jeruk nipis. Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan jeruk nipisnya. Sudah barang tentu untuk menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis maka kamu perlu menyiapakn bahan utamanya ini.

2. Siapkan wadah berupa gelas. Langkah kedua, coba cek di dapur ada tidak gelas yang bersih. Nah jika masih kotor semua ya dicuci dulu hehe. Maksud saya, siapkan gelas untuk mewadahi jeruk nipis nantinya :D

3. Sembari memulai untuk lanjut ke tahap berikutnya, coba sobat panaskan dulu air di kompor gas. Atau pakai mesin air (apa sih namanya itu lupa saya, yang bisa manasin air pakai air galon itu lo). Pokoknya siapkan air hangat ya.

4. Oiya cuci jeruk nipisnya dulu sis gan.

Baca juga: Apa itu ICCU

5. Jika sudah dicuci bersih, maka langkah kelima cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis cukup mudah yaitu dengan membelah jeruk menjadi empat bagian.

6. Jika sudah diiris menjadi empat, maka potong lagi kecil-kecil.

7. Potongan jeruk nipis yang sudah selesai dipotong tadi masukkan ke dalam gelas yang sudah disiapkan.

8. Tuangkan air panas yang sudah disiapkan tadi. Tuang ke dalam gelas hingga penuh.

9. Dinginkan terlebih dahulu gelas yang berisi air jeruk nipis itu tadi.

10. Minum ketika sudah dingin. Selesai, selamat mencoba.

Kok bisa sih kolesterol tinggi turun karena jeruk nipis? Begini ceritanya...

Pada halaman Boldsky menyebutkan bahwa jeruk nipis mengandung flavonoid yang bernama hesperidin. Kandungan flavanoid inilah yang bisa membunuh atau menghambat produksi kolesterol jahat LDL yang ada di dalam tubuh.

Buah jeruk, baik jeruk nipis atau jeruk lemon punya kandungan flavanoid yang paling besar dibanding buah lain, sehingga ampuh untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

Tidak hanya ada kandungan flavanoid, kandungan lainnya seperti vitamin C juga bisa menurunkan lemak jahat dengan baik. Yuk rutin minum air dari jeruk nipis atau jeruk lemon!

Demikian artikel mengenai Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis ya. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Mb bukannya khasiat vit C dlm jeruk bakal rusak ya klo kena panas?

    Btw kmrn main ke sini gak bisa diakses, hibernasi gitu?

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama
Baca juga:
Konten Unggulan