Apa itu ICCU ? Baca Dulu Artikel Ini

apa itu iccu



Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi mengenai apa itu ICCU. Yuk disimak!

Saya sebenarnya jarang keluar-masuk Rumah Sakit, sekalinya masuk kadang sering dibuat bingung dengan banyaknya singkatan-singkatan yang ada. Ada IGD, UGD, ICU, ICCU, dan masih banyak lagi.


Beberapa yang sering diketahui masyarakat adalah IGD, UGD, dan ICU. Ketiga hal ini kerap tampil di stasiun layar kaca pertelevisian di Indonesia. Teman-teman pasti sudah pandai menebak, jika ada scene film yang ada sakit-sakitnya akan di rawat pada satu dari ketiga ruangan tersebut.

Namun, bagaimana dengan ICCU ? Apakah sobat familiar dengan singkatan ini ? Saya tebak, pasti teman-teman menjawab tidak.

Saya juga begitu, hanya kenal sama si ICU (bukan C double). Eh, ternyata ada juga lho kembarannya yakni si ICCU.

Apa itu ICCU ? Tenang, nanti saya bocorkan di bawah ini.

Baca artikelnya yang pelan-pelan ya.

Baca juga: Bahagia Itu Ada di Dalam Kepala
 

Mengenal Apa itu ICCU


Intensive Coronary Care Unit atau disingkat ICCU adalah unit pelayanan intensif bagi pasien yang mempunyai keluhan pada penyakit jantung maupun pembuluh darah. Umumnya ICCU ditujukan pada pasien dengan keluhan penyakit yang sudah memasuki masa kritis. Ada beberapa istilah lain juga utntuk menyebutkan ICCU seperti Cardiosvakuler Care Unit, Intensive Cardiac, Cardiologi, serta sejenisnya. Tentu setiap rumah sakit punya penamaannya masing-masing.

Seperti yang saya sampaikan di atas, bahwa ICCU merupakan unit pelayanan intensif, di mana ruangan perawatan ini perlu penanganan yang lebih serius pada jantung dan pembuluh darah. Ada beberapa penyakit jantung yang ditangani di ICCU seperti serangan jantung, jantung coroner, gagal jantung, dan gangguan lainnya.


Perbedaan ICU dan ICCU


Setelah kita mengenal apa itu iccu, mungkin sobat akan bertanya "Apa perbedaan ICU dan ICCU ?"


Perbedaan ICU dan ICCU

ICU sendiri merupakan singkatan dari Intensive Care Unit. ICU adalah unit pelayanan atau perawatan intensif bagi pasian yang memiliki keluhan penyakit secara umum. Sedangkan, ICCU lebih fokus untuk menangani pasien dengan keluhan penyakit pada jantung dan pembuluh darah.

Sama-sama unit pelayanan pasien intensif, tetapi keduanya memiliki perbedaan hanya pada penyakit yang ditangani.

Memang sama-sama Intensive Care Unit, tetapi di ICU hanya merawat penyakit umum seperti pasien kecelakaan lalu lintas, cedera parah, patah tulang yang parah, luka bakar, gagal napas, pasien usai transplantasi organ, dan lain-lain.

Pasien ICU biasanya telah ditangani terlebih dahulu di UGD atau IGD.

Di ICCU ruangan perawatan harus benar-benar terjaga kesterilannya, butuh penanganan lebih serius ketimbang ICU (tentu tanpa mengenyampingkan perawatan untuk pasien). Ruangan ini juga membutuhkan dokter serta perawat untuk menangani pasien dengan konsentrasi yang penuh.

Standar Pelayanan ICCU

Sama dengan ICU, di ICCU pun standar pelayanannya dijaga lebih intensif. Tidak semua orang bisa menjenguk pasien baik di ICU maupun di ICCU.

Ruang perawatan di ICCU membutuhkan alat-alat yang mumpuni juga canggih seperti alat bantu pernapasan, alat pemantauan fungsi vital, prosedur diagnostik dan peralatan lainnya.

Bukan hanya peralatan yang mumpuni, di ruangan ICCU juga butuh dokter dan perawat yang berkompeten khusus di bidang jantung serta pembuluh darah.

Pasien akan dijaga perwatannya secara maksimal oleh beberapa dokter dan perawat, serta akan lebih sering mendapat kunjungan dokter.

Biaya Perawatan di ICU atau ICCU

Ini yang selalu menjadi pertanyaan ketika kita ingin berobat di rumah sakit, berapa biaya perawatannya ?

Dan tak jarang sebagian orang mengatakan bahwa perawatan di rumah sakit itu mahal, sehingga menolak untuk berobat lebih lanjut. Sebenarnya ada banyak solusi untuk masalah biaya yakni dengan program BPJS atau asuransi kesehatan dan sejenisnya.

Setiap penyakit dan tindakan medis pasti memiliki perbedaan biayanya masing-masing. Lalu, bagaimana dengan biaya perawatan di ICU / ICCU ?

Biaya perawatan keduanya memang tidak main-main karena pelayanan pada pasien ditangani secara intensif dengan didukung dokter, perawat dan peralatan yang mumpuni.

Berikut ini ringkasan biaya di ICU / ICCU secara umumnya :


Biaya Perawatan ICU
Sumber: pfimegalife


Biaya Ruangan

Berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah perhari. Untuk pelayanan dengan ruangan yang optimal dan nyaman bisa memakan biaya perhari sebesar Rp 1,5 juta per ruangan. Ruangan tersebut sudah termasuk untuk pasien dan keluarganya yang menunggui.

Biaya Tenaga Medis

Oleh karena ICU / ICCU merupakan unit pelayanan intensif, maka biaya dokternya pun akan lebih mahal ketimbang di unit pelayanan lainnya. Biaya tenaga medis, khususnya untuk dokter rata-rata berkisar pada Rp 700 ribu untuk perhari.

Biaya Tindakan Medis

Setiap ada tindakan medis yang akan dilakukan, maka biaya akan dihitung. Semakin banyak tindakan medis yang dilakukan, maka semakin besar pula biaya yang akan dibayarkan.

Biayanya dimulai dari angka Rp 1 juta hingga lebih pertindakan yang dilakukan.

Biaya Peralatan

Tak kalah mahal, biaya peralatan yang dikeluarkan juga mencapai lebih dari Rp 500 ribu untuk satu alat yang digunakan pasien. Semakin banyak, tentu akan semakin mahal.

Biaya Obat-obatan

Obat-obatan tentu sudah menjadi makanan wajib bagi pasien rumah sakit, tak terkecuali pasien yang dirawat di ICU / ICCU.

Harga yang ditaksir untuk unit pelayanan intensif ini dimulai dari angka ratusan ribu hingga lebih untuk persatu obat yang diresepkan.

Bagaimana ? Memang biaya yang dikeluarkan mahal, tentu hal ini sebanding pula dengan pelayanan yang diberikan karena memang pasien di ruangan ICU / ICCU sudah memasuki fase kritis tingkat lanjut.

Selalu jaga kesehatan ya sobatkus :D

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai apa itu iccu. Semoga bermanfaat!

Salam hangat, Kuskus Pintar

Referensi :
https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/finansial/read/fakta-biaya-rawat-inap-di-icu-iccu (Diakses pada 24 September 2020)

9 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Saya nggak akrab sama dunia rumah sakit. Jadi nggak tau juga bedanya apa masing-masing istilah itu. Lumayan deh abis baca ini jadi tau dikit-dikit~

    ReplyDelete
  2. Fix! Aku cuma tahu ICU, haha..
    Ternyata juga ada ICCU ya, buat penyakit dalam.
    Dari segi biaya juga wow ya, gaji dokternya juga di hitung perhari, warbyasak.
    Makanya nggak heran, jurusan FK paling dicari pas lulus SMA, hihi..

    ReplyDelete
  3. Jadi iccu hanya untuk yang penyakin pwmbuluh darah dan jantung ya. Bapak ku dulu juga sebelum meninggal di rawat di iccu kurang lebih 1 mingguan.

    ReplyDelete
  4. oohh ternyata khusus penyakit jantung dan pembuluh darah, i see i see. Terimakasih kuskus

    ReplyDelete
  5. oh bedanya itu ya mbak, pantes di beberapa rumah sakit ada icu dan iccu. ada juga yang icu doang, jadi beda jenis penyakitnya ya

    ReplyDelete
  6. Baru tau penjelasan lengkap nya disini mba, pdhal dlu alm.ayah jga dirawat di iccu 😢

    ReplyDelete
  7. kalo masuk ICCU masuk tanggungan bpjs gak ya? secara gitu agak syok liat biayanya walau memang sesuai dengan fasilitas dan lain - lain

    ReplyDelete
  8. Ternyata kalo ICCU khusus untuk penderita jantung dan masalah pembuluh darah rupanya. Awalnya kukira akan sama dengan ICU.

    ReplyDelete
  9. Akhirnya nemu juga penjelasan yang mudah dimengerti, makasih ya:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post