Mengenal Istilah IGD, UGD, ICU, ICCU, dan PICU

istilah igd ugd


Rumah sakit memiliki banyak ruangan, dari awal administrasi, poli pada pelayanan masing-masing keluhan, ruang operasi, ruang pasien, tempat pengambilan obat, dan lain sebagainya.

Jika kemarin saya membahas apa itu ICCU maka pada artikel ini akan membahas secara umum juga terkait sanak saudaranya yang lain seperti IGD, UGD, ICU, ICCU, dan PICU.

Istilah-istilah seperti IGD, UGD, ICU, ICCU, dan PICU banyak kita jumpai di rumah sakit. Namun, tidak semua orang mengerti mengenai pengenai perbedaannya.

Mungkin ulasan dari saya berikut ini dapat membantu sobat, manakala sedang berkunjung ke rumah sakit.

UGD (Unit Gawat Darurat)

Ruang atau tempat untuk menangani pasien gawat darurat yang biasanya ada pada rumah sakit yang kecil. Pasien yang ditangani juga merupakan pasien yang sangat membutuhkan pertolongan seperti korban kecelakaan. Dokter jaga yang berada di UGD biasanya adalah dokter umum.

IGD (Instalasi Gawat Darurat)

Ruang khusus untuk pasien gawat darurat yang kondisinya sangat butuh pertolongan secara sigap. Memiliki ruangan yang lebih besar ketimbang UGD. Dan di IGD sendiri biasanya ada pada rumah sakit yang lebih besar dengan jumlah dokter yang banyak. Dokter jaga di ruang IGD tidak hanya dokter umum, tetapi ada juga dokter spesialis yang ikut.

Secara fungsi kedua ruangan ini sama saja, sama-sama menangani pasien gawat darurat.

ICU (Intensive Care Unit)

Ruang perawatan intensif untuk pasien yang sedang berada pada fase kritis. Artinya ruang ini ditujukan bagi mereka yang kondisinya sudah parah dan butuh penanganan tingkat lanjut.

Pasien di ICU biasanya merupakan pasien yang dioper dari ruangan UGD atau IGD.

ICU berfokus pada penanganan pada pasien yang memiliki keluhan penyakit secara umum seperti pasien akibat kecelakaan, pasien akibat kebakaran, gagal napas, patah tulang, dan lain sebagainya.

ICCU (Intensive Coronary Care Unit)

Sedikit berbeda dengan ICU, ruangan ICCU ditujukan bagi pasien yang memiliki keluhan pada jantung dan pembuluh darah. Ruangan ICCU juga membutuhkan penanganan yang intensif dari dokter dan perawat serta dijaga secara penuh.

Penyakit yang ditangani seperti serangan jantung, jantung coroner, serta gangguan fungsi pada jantung dan pembuluh darah lainnya.

ICU dan ICCU difokuskan untuk merawat pasien dewasa atau usia lanjut.

PICU (Pediatric Intensive Care Unit)

Sama seperti ICU dan ICCU, maka di ruangan yang satu ini lebih difokuskan kepada pasien anak-anak.

Sebenarnya ada satu lagi yakni NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Bedanya, NICU merupakan unit perawatan intensif yang ditujukan kepada bayi baru lahir yang membutuhkan pemantauan khusus. Sedangkan, PICU merupakan pasien anak-anak yang berusia dari 1 bulan hinggan 18 tahun.

Terima kasih telah membaca ringkasan tentang Mengenal Istilah IGD, UGD, ICU, ICCU, dan PICU. Semoga bermanfaat.

Salam Hangat,

Kuskus Pintar

Referensi:
https://www.sehatq.com/artikel/perbedaan-fungsi-ruang-igd-ugd-picu-dan-icu-di-rumah-sakit (Diakses pada 25 September 2020)
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/perbedaan-ugd-dan-igd-icu-nicu/ (Diakses pada 25 September 2020)

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post