Syarat Domain id Berdasar Variasi Ekstensi yang Tersedia

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Syarat Domain id Berdasar Variasi
Syarat Domain id Berdasar Variasi

Berbincang tentang ekstensi domain, banyak pengguna website mengatakan jika domain .id tidak akan memberikan keuntungan lebih dibandingkan dengan domain .com yang memang diperuntukkan untuk komersial. Selain itu, domain .id seringkali dianggap kurang andal untuk bersaing dalam level global. Padahal, pendapat tersebut tentu saja salah.

Apa yang terjadi adalah hal sebaliknya. Penggunaan domain .id akan membuat website Anda menjadi lebih kredibel dan terpercaya. Tidak hanya itu, ada beberapa kelebihan lain dari ekstensi domain ini yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda menggunakannya. Hanya saja, ada syarat domain id sesuai detail ekstensi yang harus dipenuhi saat hendak menggunakannya.

Daripada kebanyakan mikir, yuk cek domain mu sekarang di Domainesia aja!

Kelebihan Menggunakan Ekstensi Domain .id

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa keunggulan dari domain .id yang bisa menjadi pertimbangan ketika Anda hendak memilih ekstensi domain yang tepat. Beberapa kelebihan dari domain ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ranking yang lebih tinggi di search engine

Jika Anda ingin memiliki website dengan ranking yang tinggi di search engine, maka menggunakan ekstensi .id adalah pilihan yang tepat. Perlu diketahui bahwa Google cenderung mendeteksi website dengan area tertentu. Nah, ekstensi domain .id adalah representasi dari Indonesia. Nantinya, Anda bisa mendapatkan traffic yang lebih tinggi dari pengguna di Indonesia.


2. Akses yang lebih cepat

Untuk Anda yang ingin memiliki akses website yang lebih cepat, menggunakan ekstensi domain .id juga bisa dijadikan pilihan yang pas. Pasalnya, DNS atau domain name server dari ekstensi ini berasal dari Indonesia. Dengan demikian, secara otomatis akses website akan jadi lebih cepat.

3. Tersedia banyak kuota nama

Hal lain yang menguntungkan dari penggunaan ekstensi domain .id adalah tersedianya banyak kuota nama. Dengan banyaknya kuota nama, tentu saja Anda akan cenderung lebih mudah untuk memilih nama domain yang tepat sesuai dengan keinginan. Pasalnya, nama untuk ekstensi domain ini cenderung belum terlalu banyak digunakan.

4. Penggunaan yang lebih aman

Apakah Anda ingin memiliki website yang aman dan nyaman dalam penggunaannya? Nah, gunakan ekstensi domain .id sebagai pilihan. Ekstensi domain .id nantinya bisa digunakan dengan melampirkan syarat domain id, seperti KTP dan dokumen legal. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa ekstensi ini cenderung aman, terutama untuk pembuatan website resmi.

Baca juga: tempat beli domain paling murah di https://www.domainesia.com

Jenis Ekstensi Domain .id dan Syarat Penggunaannya 

Dengan aneka keunggulan yang dimiliki, tidak dimungkiri bahwa domain .id adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin membuat website resmi untuk berbagai kepentingan. Nah, perlu diketahui bahwa ada beberapa ekstensi domain .id yang tersedia dan memiliki persyaratan yang berbeda ketika hendak digunakan.

Adapun ragam ekstensi tersebut serta syarat ketika hendak menggunakannya adalah sebagai berikut:

1. Domain .ac.id

Ekstensi domain ac.id umumnya digunakan untuk keperluan website perguruan tinggi. Untuk penggunaannya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti perguruan tinggi atau universitas tersebut haus terdaftar secara resmi di kementerian terkait.

Selain itu, beberapa syarat lain yang juga harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
  • KTP RI penanggung jawab
  • SK pendirian lembaga dari lembaga berwenang sesuai undang-undang
  • Surat keterangan rektor atau pimpinan lembaga sebagai penanggung jawab atau perwakilan yang ditunjuk secara langsung oleh rektor atau pimpinan lembaga 

2. Domain sch.id

Ekstensi domain ini adalah akronim dari sekolah atau school. Umumnya, ekstensi domain ini digunakan untuk pihak sekolah dari jenjang TK hingga SMA. Namun, ekstensi ini bisa pula dipakai oleh lembaga pendidikan non-formal lain dengan syarat lembaga tersebut sudah mendapatkan pengesahan dari SKPD.

Adapun syarat lain yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
  • Surat keterangan lembaga atau kepala sekolah bagi sekolah resmi dan SK pendirian lembaga oleh SKPD untuk pendidikan non-formal
  • KTP RI penanggung jawab 

3. Domain go.id

Ekstensi go.id secara umum digunakan untuk instansi pemerintahan sipil dan berbagai lembaga sejenis lainnya. Oleh karenanya, ekstensi domain ini tidak bisa digunakan secara reguler oleh user. 
Nah, untuk instansi yang hendak menggunakan ekstensi domain ini pada website mereka, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • KTP RI penanggung jawab
  • Surat keterangan yang diatur sesuai dengan peraturan kementerian terkait 

4. Domain or.id

Domain or.id umumnya digunakan secara khusus untuk yayasan, komunitas ataupun organisasi tertentu. Karena penggunaannya secara khusus, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika hendak menggunakannya. Beberapa persyaratan tersebut adalah:
  • KTP Republik Indonesia atau paspor milik penanggung jawab proses pendaftaran
  • Surat keterangan atau akta notaris dari yayasan, komunitas atau organisasi yang bersangkutan 
  • Surat permohonan pendaftaran domain dari lembaga terkait 

Beberapa poin di atas adalah beragam kelebihan serta syarat domain id yang dibedakan dari detail ekstensi domain yang tersedia. Tentu saja, untuk menggunakan domain ini, Anda harus melihat detail syarat yang diajukan dan memenuhinya agar domain bisa digunakan tanpa adanya masalah. Semoga bermanfaat. 

Baca juga artikel lainnya:

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama