Manfaat Menulis Blog yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Manfaat Menulis Blog
Manfaat Menulis Blog

Dulu saat pertama kali kakak kelas saya mengenalkan tentang blog, saya malah tidak terlalu mempedulikannya. Katanya, “Blog ini asyik lho dek, bisa jadi tempat curhat dan bertemu dengan banyak orang.” Begitulah kira-kira salah satu manfaat menulis blog yang ia paparkan.

Seingat saya itu terjadi di tahun 2014 saat SMA Kelas 11, masih gak tau apa itu blog.

Seiring berjalannya waktu bahkan hingga saya beranjak menduduki bangku kuliah, saya belum juga mencoba untuk menulis di blog.

Singkat cerita, saya pernah ditawari untuk bekerja sama dengan temannya teman saya. Saya diajak untuk mengisi blog miliknya, dengan ketentuan penghasilan Adsense dibagi dua 50:50 gitulah. Ya, saya mau aja. Hitung-hitung mengisi waktu luang.

Dari situ saya pelan-pelan untuk mencoba mendalami dunia blogging. Eh taunya keterusan deh sampai sekarang hehehe.

Manfaat Menulis Blog

Kali ini saya sedikit ingin berbagi mengenai manfaat menulis blog yang mungkin tidak banyak yang tau. Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini yuk sobat Kuskus Pintar.

1. Mengisi Waktu Luang

Manfaat menulis blog yang pertama adalah mengisi waktu luang. Apakah selama ini kamu hanya sibuk scroll-scroll sosmed doang? Sibuk main game online? Rebahan melulu? Wah, itu tandanya waktu yang kamu punya tidak produktif.

Nah, kamu bisa nih mengalokasikan waktumu untuk menulis di blog. Blog bisa sangat mengasyikkan lho, cobain dulu deh.

2. Menjadi Hobi yang Menyenangkan

Selain menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang, ternyata manfaat blog bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Ketika kita menjalani hobi dengan senang, tentu saja ada banyak kebahagiaan yang hadir di setiap harinya.

Blog bisa menjadi terapi pikiran. Kala dunia terasa tak berpihak pada kita, blog bisa menjadi pendengar yang baik tanpa perlu menghakimi dirimu. Blog bisa menjadi tempat kamu bercerita. Ya, bisa menjadi hobi yang menyenangkan!

3. Membangun Jaringan Pertemanan

Saya saat ini sudah banyak sekali ikut berbagai komunitas blogger. Dari komunitas yang saya ikuti, Alhamdulillah ternyata bisa menambah relasi. Nah, manfaat menulis blog yang jarang diketahui orang selanjutnya adalah membangun jaringan pertemanan.

Mungkin kamu pernah melihat balasan para blogger di kolom komentar, itu juga bisa menjadi bentuk sebuah jaringan pertemanan. Yakin deh, kamu ngeblog itu gak sendirian cuy!

4. Menjadi Ladang Penghasilan

Ternyata dengan menulis di blog bisa memperoleh penghasilan, lho! Hal ini saya sadari ketika di komunitas blog muncul perbincangan mengenai Google Adsense. Apa sih Google Adsense ini? Jadi, Google Adsense adalah produknya Google yang memungkinkan kamu bekerja sama dengan mereka untuk menayangkan iklan.

Sebutan kerennya, menjadi seorang Publisher atau penayang iklan. Setiap iklan yang ditayangkan di blog kita dan ada yang ngeklik, maka dari situlah pundi-pundi rupiah bisa ditambang. Eiittt, tapi jangan sampai klik iklan sendiri ya!

Selain dari Google Adsense, ada banyak lagi sumber penghasilan melalui blog ini.


5. Membangun Personal Branding

Manfaat menulis blog yang selanjutnya adalah bisa membangun personal branding. Misalnya, jika kamu ahli di bidang Akuntansi, bisa banget untuk menulis berbagai artikel mengenai Akuntansi.

Dari sini bisa membangun citra diri dan orang-orang akan berkata, “Ouh dia tuh ahli di bidang Akuntansi.” Kalau kamu berprofesi sebagai Akuntan Publik dan sejenisnya, klien yang ingin memakai jasamu bisa lebih percaya bahwa kamu adalah orang yang ahli.

Seorang motivator, penulis, dokter dan lain-lain juga bisa banget membangun personal branding melalui blog.

Wah ternyata ada banyak banget ya manfaat menulis blog, selain itu kamu juga bisa memperoleh manfaat seperti catatan pribadi pengalaman perjalanan dan hidupmu, menyimpan ilmu serta membagikan ilmu melalui blog.

Berkaitan dengan memperoleh penghasilan melalui blog, kamu bisa lho ikut lomba blog dan raih jutaan rupiah!

Kontes Blog dari Shopee

Mau tau lomba blog yang lagi running saat ini? Kamu bisa ikut kontes blog Shopee #NgeBlogDariRumah. Iya, lomba blog ini diadakan oleh salah satu marketplace online terbesar di Indonesia. Hadiahnya gak main-main lho sob.

Kontes blog dari Shopee ini terdiri dari dua babak, yaitu:

Babak pendaftaran: 2 Agustus – 3 September 2021
Babak penulisan: 10 – 24 September 2021

Hadiah yang akan diberikan untuk tiga artikel terbaik adalah sebagai berikut:
  • Juara 1: Rp8.000.000
  • Juara 2: Rp6.000.000
  • Juara 3: Rp3.500.000
Tak tanggung-tanggung, Shopee juga memberikan hadiah lainnya untuk peserta dengan kategori:
  • Best Engagement (komentar dan share terbanyak): Rp2.500.000
  • 200 submission pertama: ShopeePay @50.000
Bagaimana? Tertarik mau ikutan kontes blognya? Yuk, isi formulir pendaftarannya! Cek informasi selengkapnya di sini!

Demikian artikel mengenai manfaat menulis blog dan sedikit share info lomba blog dari Shopee. Semoga bermanfaat ya sobat!

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. seneng deh bisa jadi blogger, walau masih harus banyak belajar tentang dalemannya blog, yang jelas, ngeblog itu bisa jadi ladang cuan, sekaligus pelepas penat, kalo aku sih ya, hehe..

    pengen ikutan juga nih lombanya, semoga segala mood terkumpul dengan baik, hihi..

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama