Cara Berinvestasi di Blog yang Mudah Banget

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Berinvestasi di Blog
Cara Berinvestasi di Blog

Dulu blog dikenal luas sebagai tempat curhat, pada tahun belas-belasan sekitar 2012, 2013, 2014 dan seterusnya masih ramai blogger diary. Iya, seseorang yang membuat blog untuk menjadi catatan hariannya.

Di era tahun 2020 an ini, perlahan blog menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Tak tanggung-tanggung, saya menyebutnya investasi digital.

Kali ini Kuskus Pintar akan membahas mengenai cara berinvestasi di blog. Simak artikel ini sampai habis ya sobatku!

Cara Berinvestasi di Blog

Bagi kamu yang sudah lama mengenal blog, pasti paham betapa blog ini menggiurkan jika diseriusin. Ya, kamu bisa berinvestasi di blog. Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara berinvestasi di blog agar menguntungkan? Kuskus Pintar bahas tuntas di artikel ini ya sobat.

1. Beli Domain dan Hosting

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membeli domain dan hosting. Ini penting sekali sebagai amunisi untuk berinvestasi digital. Domain merupakan alamat untuk menuju ke website milikmu nanti. Sedangkan, hosting adalah layanan online yang bisa membuat websitemu diakses melalui internet.

Jika masih low budget, kamu bisa menggunakan hosting gratis terlebih dahulu. Bisa pakai platform blogger karena hosting sudah dibiayai oleh Google, jadi kamu hanya beli domain saja.

2. Beri Tampilan Terbaik untuk Blog

Blog yang sudah kamu beli domain custom TLD seperti com, net, id dan lainnya, perlu kamu percantik tampilannya. Ingat, blog itu ibarat toko dan artikel adalah produknya. Toko yang menarik perlu kamu rias seperti melengkapi halaman penting seperti about, disclaimer, TOS, contact, dan lain-lain.

Kamu juga perlu mengubah template atau theme blog dari yang default bawaan platformnya ke tampilan yang lebih kekinian. Ada banyak kok, template cantik yang ramah kantong!

Tampilan yang menarik bisa menjadi nilai jual kepada perusahaan atau brand agar mereka mau bekerja sama denganmu.

3. Mulailah Menulis Artikel

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, jika tampilan blog seperti tampilan toko maka artikel sama dengan produk yang dijual. Toko tanpa produk yang dijual sama saja bo’ong beb. Nah, begitu juga dengan blog. Silakan isi blog dengan artikel terbaikmu, no copas copas club yaa!

Jika punya modal lebih, kamu bisa rekrut penulis untuk mengisi artikel di blogmu. Semakin banyak artikel, maka peluang memperoleh penghasilan juga semakin besar. Dengan catatan, kamu perlu mempelajari cara riset keyword dan SEO.

Riset keyword menjadi kegiatan yang penting untuk dilakukan sebelum menulis artikel. Dengan melakukan riset keyword maka artikel yang kamu buat bisa lebih tertarget. Lalu, mempelajari SEO juga penting untuk mengoptimalkan blog agar tampil di mesin pencarian khususnya di halaman pertama!

4. Daftarkan Blog ke Google Adsense

Selanjutnya, cara berinvestasi di blog yang bisa kamu lakukan adalah mendaftarkan blog ke Google Adsense. Google Adsense merupakan salah satu produk Google yang memungkinkan bagi blogger untuk bekerja sama menampilkan iklan di blognya. Blogger ini disebut sebagai Publisher.

Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs yang telah terdaftar sebagai partner Google Adsense untuk bisa menayangkan iklan.

Dengan blog yang sudah tayang iklan dari Google Adsense, bisa berpeluang untuk memperoleh penghasilan dari klik yang ada.

Logikanya, semakin banyak visitor yang masuk ke blog, maka semakin besar klik yang diperoleh. Kalau klik banyak, penghasilan juga bisa banyak.

Blog yang sudah tayang iklan dari Google Adsense, ketika ingin dijual lagi akan memperoleh nilai yang lebih. Blog + Akun Adsense Fresh, berkisar di harga 500-750 ribu. Bisa lebih mahal lagi tergantung seberapa pintar kamu dalam menawarkan blog dengan Adsense Fresh.

Lain lagi jika blog sudah pernah Payout (PO), maka akan lebih mahal lagi. Banyak praktisi yang menyebutkan bahwa harga jual blog yang sudah PO itu sama dengan penghasilan 1 bulan PO dikali 10.

Misalnya, blog yang kamu bangun itu berhasil memperoleh penghasilan 2 juta perbulan, maka ketika ingin menjualnya blog akan bernilai 2 juta x 10 = 20 juta. Mantap gak nih? Mantaplah masa enggak hehe.

Baiklah itu saja pembahasan kali ini, silakan baca juga website https://www.lingkarberita.com yang banyak membahas mengenai cara berinvestasi. Terima kasih sudah membaca artikel mengenai cara berinvestasi di blog dari Kuskus Pintar, semoga bermanfaat ya sobat!

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama