Konsep Cloud Kitchen: Bisnis Kuliner Hangat di Masa Pandemi

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
konsep cloud kitchen
Konsep Cloud Kitchen

Cloud kitchen secara umum adalah model bisnis berupa restoran virtual. Istilah lain dari cloud kitchen adalah ghost kitchen atau dark kitchen, sesuai dengan konsepnya sebagai restoran yang “fana.” Konsep cloud kitchen sebenarnya telah cukup ramai dilanggengkan seiring dengan pertumbuhan layanan pesan-antar.

Namun, begitu pandemi mulai memengaruhi sektor bisnis dan mobilitas, model bisnis berbasis daring menjadi semakin diminati. Bagi sobat yang tengah mencari jalan keluar untuk membangun bisnis menguntungkan di masa-masa ini, pahami lebih lanjut terlebih dulu konsep cloud kitchen berikut. 

Latar Belakang Menjamurnya Bisnis Cloud Kitchen

Model bisnis cloud kitchen mulai menjamur sejak awal tahun 2010 seiring dengan meroketnya permintaan layanan makanan pesan-antar online, terutama di kota-kota besar. Tren perilaku konsumen ini didorong oleh generasi milenial yang memasuki masa produktif dan telah familiar dengan teknologi digital. Bahkan, industri mendukung para milenial untuk lebih go digital dan menciptakan solusi berbasis internet.

Otomatis, hal ini berdampak pada gaya hidup yang menginginkan kepraktisan dalam waktu singkat, termasuk dalam sektor kuliner. Hal ini pula yang membuat model bisnis cloud kitchen begitu menjanjikan. Dengan pergeseran perilaku konsumen yang serba digital, model bisnis ini akan tetap menuai minat tinggi meskipun pandemi telah usai nanti. 

Lebih jauh lagi, prospek model bisnis ini juga begitu menggiurkan dari aspek efisiensi biaya operasional. Pelaku usaha dapat menghemat biaya jauh lebih banyak karena hanya memerlukan dapur, gawai, internet dan beberapa sumber daya manusia untuk dapat memulai bisnis.

Kebutuhan konsumen seperti ruang untuk makan di tempat tidak perlu dikhawatirkan. Konsumen bisa dengan nyaman memesan produk dari lokasi masing-masing tanpa harus repot bepergian. 

Baca juga:

Jenis-jenis Konsep Cloud Kitchen dalam Bisnis

Sebelum terjun ke dunia bisnis cloud kitchen, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dulu jenis-jenis model cloud kitchen berikut ini. 

1. Model cloud kitchen independen: satu brand, satu dapur, tanpa restoran fisik

Model satu ini adalah versi asli model cloud kitchen pada awal kemunculannya. Sebuah restoran virtual penuh tanpa bangunan fisik dan ruang layanan makan di tempat. Pelaku bisnis dapat menghindari pengeluaran biaya sewa dan maintenance bangunan serta memungkinkan untuk melakukan efisiensi jumlah tenaga kerja.

Cara kerja model bisnis dimulai dari dapur yang memproduksi produk makanan dengan spesialisasi tertentu. Selanjutnya bisnis berjalan melalui pesanan konsumen via online. Produk kemudian akan diantar ke lokasi dengan jasa pesan-antar. 

2. Model bisnis freshmenu: satu brand, satu dapur, beragam outlet, dengan restoran fisik

Model bisnis ini dapat dibayangkan sebagai gabungan antara cloud kitchen dan restoran takeaway. Fungsi adanya restoran fisik ini bertujuan untuk menarik konsumen yang tidak berada dalam jaringan (offline). Restoran fisik ini juga dapat digunakan sebagai strategi marketing. Calon konsumen dapat melihat bagaimana makanannya diproses sehingga dapat menarik mereka yang lebih senang wisata kuliner secara offline. 

3. Model bisnis swiggy access: dikoordinir oleh agregator, beragam brand, dapur bersama (co-working kitchen), tanpa restoran fisik

Model jenis ini seringkali disebut sebagai “cangkang” lingkup bisnis kuliner. Secara sederhana, agregator menyediakan dapur bersama lengkap dengan peralatannya sebagai co-working space bagi pelaku usaha kuliner untuk mulai membangun bisnis.

Para pelaku usaha menjaring konsumen secara online dengan model ini. Bisa dikatakan, model ini melibatkan dua pihak: penyedia infrastruktur untuk proses produksi dan pelaku bisnis yang hanya berfokus dalam proses produksi. 

Itulah beberapa konsep cloud kitchen yang perlu kamu ketahui untuk memulai bisnis menggiurkan ini. Jika sobat masih belum yakin dimana harus memulai, EVERPLATE.CO.ID dapat menjadi pilihan. EVERPLATE.CO.ID menyediakan fasilitas dapur bersama dengan fasilitas modern yang lengkap dan fungsional dengan harga bersahabat di 7 titik strategis kota Jakarta.

Tidak hanya itu, EVERPLATE.CO.ID pun menawarkan aplikasi dengan sistem teknologi yang efisien. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan platform layanan pesan-antar ke dalam satu tablet. Dengan dukungan infrastruktur siap pakai dan teknologi andal, bisnis kuliner kamu pun dapat berkembang pesat dalam waktu singkat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama