15+ Cara Mencari Jurnal Internasional Lengkap & Terbaru

Konten [Tampil]
Cara Mencari Jurnal Internasional
Cara Mencari Jurnal Internasional

Mungkin kamu akan bertanya mengenai cara mencari jurnal internasional, cara mencari referensi skrispi, atau cara memperoleh jurnal ilmiah secara gratis. Ya, saya paham betul ketika kamu membaca artikel saya kali ini.

Jurnal ilmiah menjadi hal yang tak asing lagi bagi sebagian besar mahasiswa. Saya juga begitu, setelah memasuki semester 5 giat mencari jurnal ilmiah semakin membara. Bahkan sejak semester awal saya sudah mencari jurnal untuk kebutuhan lomba karya tulis ilmiah.

Dengan menggunakan referensi berupa jurnal ilmiah, suatu karya ilmiah baik paper untuk lomba maupun skripsi itu akan lebih bisa menguatkan argumen kita. Bahasa sederhananya, karya kamu bisa dipercaya, logis/atau masuk akal sesuai referensi yang ada ketimbang karya tanpa ada dukungan referensi. Ibarat kata, karya tanpa referensi hanya ngomong doang ehehe gitu cuy.

Kamu tak perlu khawatir, InsyaAllah saya akan bahas bagaimana cara mencari jurnal internasional di berbagai website penyedia jurnal ilmiah. Gampang banget! Dijamin deh karya kamu bisa lebih kaya referensi.

$ads={1}

Cara Mencari Jurnal Internasional

Bagi kamu baik pelajar maupun mahasiswa, bahkan guru hingga dosen sekalipun bisa mengikuti cara mudah mencari jurnal internasional dengan mudah di bawah ini.

Saya akan berusaha menjabarkan dengen sesederhana mungkin agar teman-teman bisa paham dengan mudah azekk hehe.

Yuk bisa baca sampai tuntas artikel ini:

1. Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan salah satu produk dari Google yang khusus mengumpulkan berbagai dokumen atau file baik jurnal ilmiah, ebook, laporan praktikum, skripsi, dan lain-lain. Google Scholar disediakan secara gratis, bisa dengan mudah kamu melakukan pencarian jurnal ilmiah di sini.

Cara mencari jurnal baik internasional maupun nasional, bisa dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu punya sambungan internet hehe.
  2. Buka browser, lalu ketikkan Google Scholar atau Google Cendekia dan enter.
  3. Pencarian juga bisa dilakukan dengan mudah dengan masuk ke halaman https://scholar.google.co.id/
  4. Nanti akan tampil kolom pencarian sebagaimana kolom Google seperti biasanya.
  5. Ketikkan kata kunci yang berkaitan dengan jurnal ilmiah yang kamu ingin cari.

    cara mencari jurnal internasional
    Cara mencari jurnal internasional di Google Scholar

  6. Ketika kamu sudah mengetikkan kata kunci, Google Scholar akan memberikan hasil yang sesuai dengan kata kunci yang kamu tulis. Ini merupakan contoh cara mencari jurnalnya saja. Ketika ingin mencari jurnal internasional, kamu bisa ketikkan kata kuncinya dalam bahasa Inggris (bahasa internasionalnya dunia). Tinggal download deh.

    cara mencari jurnal internasional di Google Scholar
    Cara mencari jurnal internasional di Google Scholar

Baik jurnal Indonesia maupun Internasional, caranya sama bisa ikuti langkah-langkah ini. Nah catatan, bagi kamu yang biasanya ada syarat dalam penulisan skripsi seperti harus 5 tahun terakhir, bisa dilakukan filter dengan mengisi rentang khusus.

Sebagai contoh 5 tahun terakhir, mulai dari 2016 hingga 2020 bisa masukan di kolom rentang khusus sebelah kiri. Lalu klik telusuri.

Kamu juga bisa memilih dengan urutkan menurut relevansi yang akan mengurutkan persisi seperti judul yang kamu ketikkan dari atas hingga ke bawah.

Kamu juga bisa mengurutkan berdasarkan tanggal. Jadi, hasil pencarian yang paling terbaru akan tampil paling atas.


Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis

Ini mudah banget untuk kita menemui jurnal internasional secara gratis. Salah satunya adalah Google Scholar atau Google Cendekia.

Selain itu, masih banyak lagi penyedia jurnal internasional yang bisa kita unduh secara gratis. Pelan-pelan akan dibahas satu per satu disini. Pastikan kamu membaca artikel ini hingga habis ya sobat. Apalagi bagi kantong mahasiswa, lumayan berat juga rasanya kalau mau mengeluarkan uang untuk membeli jurnal yang berbayar. Mana biasanya itu jurnal mahal-mahal humm, kalau kantong profesor mah iya bisa menjangkau ehehe.

2. Cara Mencari Jurnal Internasional di DOAJ

Mau nyari jurnal internasional yang berkualitas tapi gratis? DOAJ adalah jawabannya. Directory of Open Access Journals (DOAJ) merupakan situs penyedia jurnal internasional yang punya banyak koleksi artikel ilmiah dan bisa diakses secara bebas. Saat ini sudah tersedia 80 bahasa dari 124 negara. Koleksi jurnal ilmiahnya sudah mencapai 16ribu lebih jurnal dan 5 juta artikel ilmiah yang telah disubmit.

Lalu, mungkin kamu akan bertanya-tanya mengenai cara mencari jurnal internasional di DOAJ ya? Sini akan saya kasih tau secara lengkap sampe download jurnal deh.

  1. Pastikan interne stabil hehe
  2. Buka browser lalu ketikkan https://doaj.org untuk membuka situs DOAJ atau bisa klik aja itu sob, gampang dah.

    cara mencari jurnal internasional di doaj
    Cara mencari jurnal internasional di doaj

  3. Nah nanti kamu bisa pilih opsi Journals aja dan biarkan dalam bentuk in all fieds biar bisa semua dapat. Terus klik search.
  4. Nanti DOAJ akan menampilkan jurnal yang sesuai dengan kata kunci yang diketikkan.
  5. Klik salah satu judul jurnal. Terus nanti kamu klik lagi bagian tulisan "Articles".
  6. Nanti akan tampil berapa banyak artikel ilmiah sudah terindeks di DOAJ. Tinggal pilih sesuai topik kamu. Kalo sudah ketemu tinggal klik aja deh artikel ilmiahnya.
  7. Sedikit informasi bahwa artikel ilmiah itu adalah bagian dari jurnal. Nah jurnal itu semacam buku yang isinya banyak artikel ilmiah.
  8. Nanti kalau sudah klik atikel ilmiah yang diinginkan, tinggal klik Read Online untuk membaca artikel. Kamu juga bisa mengunduhnya dengan mencari ikon unduh dipojok kanan atas dekat ikon print.

Lagi ada tugas bikin review jurnal? Baca dulu Contoh Review Jurnal Internasional ini.

3. Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Scopus adalah tempat data yang mengindeks secara digital mengenai abstrak dan sitasi suati artikel ilmiah dari jurnal.

Scopus merupakan sebuah cara untuk menentukan kualitas atau reputasi dari sebuah jurnal. Scopus dimiliki oleh Elseview yang merupakan publisher jurnal terbesar yang ada di dunia.

Tak jarang, dosen memberikan syarat bahwa jurnal yang boleh dilampirkan sebagai referensi adalah jurnal yang terindeks scopus

Cara mencari jurnal internasional yang terindeks Scopus ternyata cukup mudah untuk dilakukan.

Yoris Adi Maretta salah seorang Associate Editor DOAJ, mempublikasikan mengenai Panduan Cara Akses Jurnal Internasional Terindex DOAJ, SCOPUS & THOMSON. Nah, dari sana saya memperoleh informasi mengenai cara cari jurnal yang sudah terindeks scopus.

Berikut ini adalah caranya:
  1. Cek jurnal yang sudah terindeks SCOPUS melalui website SCIMAGOJR.
  2. Ketik scimagojr.com dan enter untuk masuk ke halaman websitenya.
  3. Nanti kamu akan dikasih pilihan. Nah tinggal pilih yang sesuai dengan studi kamu. 
  4. Kamu bisa pilih pada area subjects dan area categories yang sesuai.

    Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus
    Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus

  5. Nah pada contoh di gambar area subject diisi engineering, categories saya pilih electrical and electronic engineering.
  6. Pada scopus nanti kamu akan menemui Q1, Q2, Q3, dan Q4. Itu bukan sebuah hiasan ya sob, kode itu merupakan sebuah quartil(Q) yang mencirikan peringkat dari jurnal. Hal ini didasari dari data IF, Journal Citation Reports yang diterbitkan oleh Thomson Reuters. Mulai dari Q1 itu merupakan kualitas yang terbaik data IF-nya menunjukkan 75-100%. Semakin ke bawah semakin rendah peringkatnya menurut data IF dari Journal Citation Reports.
  7. Nah, nanti setelah menyesuaikan dengan kebutuhan jurnal yang ingin kamu cari, maka akan muncul list jurnal yang sesuai. Klik judul jurnal tersebut.
  8. Cara terakhir untuk bisa mengakses halaman resmi jurnal tersebut adalah dengan mencari di bagian Information lalu Klik Homepage.
  9. Kamu akan diarahkan ke halaman website dimana jurnal tersebut bisa diakses, nanti dibuka dan cari tombol download atau full pdf dan sejenisnya.
  10. Selesai deh begitu. Bagaimana mudah bukan cara mencari jurnal internasional di scopus ini? Hehe.

Cara Mencari Jurnal Internasional untuk Skripsi

Sebenarnya ada banyak lo cara mudah mencari jurnal internasional untuk skripsi. Saya sudah membahas tempat mencari referensi skripsi.

Cara yang paling mudah bin super simpel adalah:

4. Tanya Dosen tentang Jurnal yang sesuai Jurusan/Studi Kamu

Nah, dulu sewaktu semester 6 gitu saya pernah memperoleh jurnal dari dosen yang sesuai jurusan saya. Ternyata cara mencari jurnal untuk referensi skripsi sesimpel itu lo haha.

Berusahalah untuk tidak takut menanyakan hal ini kepada dosen kita, mereka dengan senang hati akan memberikan koleksi jurnal yang beliau punya.

5. Tanya Teman yang Satu Konsentrasi

Biasanya kita akan dibagi lagi menyesuaikan konsentrasi di jurusan kita. Gak ada salahnya dong kamu menanyakan hal ini kepada temanmu untuk memperoleh jurnal internasional sebagai referensi skripsi.

6. Cara Mencari Jurnal Internasional di Sciencedirect

saya sciensdirect.com pada halaman home page dari sains direct ini kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan yaitu keyword, author name, journal or book title, volume, issue, page.

nah Saran saya kamu bisa memilih salah satu di antara 6 pilihan tersebut. Saya suka menggunakan keywords saja karena dengan menggunakan keyword kita bisa lebih leluasa untuk mencari berbagai jurnal tetapi jika kamu ingin mencari yang lebih spesifik dan kamu sudah tahu apa yang ingin kamu cari seperti nama jurnal bisa gunakan kolom khusus journal.

Ketika kamu menggunakan sciens direct sebagai sumber referensi jurnal internasional, kamu bisa menggunakan beberapa fitur di website tersebut antara lain adalah filter dengan menggunakan tahun atau years. Nah pada fitur ini kamu bisa memilih tahun yang kamu inginkan seperti 5 tahun terakhir mulai tahun dari 2022, 2021 dan tahun 5 tahun kebelakang sesuai kebutuhan.

Ada beberapa tipe artikel yang ada di sciens direct seperti review artikel, research artikel, ensiklopedia dan bagian dari buku serta masih banyak lagi. Khusus untuk mencari jurnal internasional kamu bisa memilih research article sebagai filter dari banyaknya hasil yang akan ditampilkan. 


7. Cara Mencari Jurnal Internasional di Elsevier

Elsevier direktori publikasi ilmiah yang menyediakan berbagai produk atau solusi bagi akademisi. Ada beberapa fitur yang diberikan dari elsevier ini antara lain adalah find article, Submit your paper, track your influence.

Untuk find article kamu bisa dengan mudah untuk menemukan berbagai artikel ilmiah yang terbit di sains direct khususnya ELsevier. Ketika kamu ingin menerbitkan karya ilmiah kamu atau jurnal ilmiah juga bisa dilakukan di elsevier ini. Kemudian kamu juga bisa melacak penelitian yang kamu terbitkan sudah sampai sejauh mana publikasi tersebut dibaca oleh orang dan melihat rengking Dari jurnal ilmiah kamu. 

Elsevier ini membantu para peneliti untuk menemukan penemuan baru melalui berbagai referensi penelitian terdahulu. Kemudian elsevier juga berkolaborasi dengan berbagai kolega mereka untuk memperoleh pengetahuan baru serta untuk mencari pendanaan.

Cara mencari jurnal internasional di Elsavier cukup mudah, berikut penjelasannya:
  • Buka website https://www.elsevier.com
  • Scroll ke bagian bawah hingga bagian Researchers ada Submit your paper, Find books & journals dan lain-lain. Klik aja Find books & journals.
  •  Ada pilihan Browse books dan Browse journals. Pilih yang jurnal.
  • Udah deh tinggal lakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci yang sesuai.

8. Cara Mencari Jurnal Internasional di Emerald


Cara mencari jurnal internasional
Cara mencari jurnal internasional

Selanjutnya, kita akan membahas tentang cara cari jurnal melalui website Emerald. Berasa ingat artis yang namanya Emeralda (?) emang ada apa wkwk.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal ketikkan saja kata kunci di kolom pencarian di website Emerald.com mudah bangetlah pokoknya.

Tinggal klik judul jurnal yang muncul, nah nanti ada gambar pdf gitu klik aja ntar bisa diunduh jurnal ilmiahnya.

9. Cara Mencari Jurnal Internasional di Sinta

Cukup panjang penjelasan mengenai cara cari jurnal internasional di Sinta, mungkin di lain waktu akan saya bahas lengkap di artikel terpisah InsyaAllah atau kamu bisa explore sendiri? hehe.

Sedikit menjelaskan, bahwa kamu bisa juga cari jurnal di Sinta dengan mengakses halaman ini http://sinta.ristekbrin.go.id.

Lalu, klik Sources dan klik Journals. Tinggal isi deh di kolom pencarian dengan topik penelitian kamu.

Nanti tinggal klik deh nama jurnal pilihan kamu. Nah pas udah diklik, coba cari di sebelah pojok kiri tulisan website nantinya kamu akan diarahkan ke website jurnal itu diterbitkan dan bisa diakses. Sederhananya begitu sih cara mudah mencari jurnal internasional di Sinta.

10. Cara Mencari Jurnal Internasional di Research Gate

Research Gate juga menjadi tempat yang saya rekomendasikan untuk kamu yang sedang mencari jurnal. Caranya juga cukup mudah, tetapi untuk mendownload jurnal disini kamu perlu register atau daftar akun dulu menggunakan email kampus.

Ketika sudah mendaftarkan dengan email kampus, kamu juga bisa mempublikasi jurnal atau karya ilmiah kamu disini.

Jika sedang mencari jurnal internasional, gak perlu bingung. Ini caranya:
  1. Silakan masuk ke website https://www.researchgate.net/
  2. Daftar terlebih dahulu jika baru pertama kali masuk ke website ini.
  3. Gunakan email kampus. Email kampus itu yang ujungnya ada nama kampus, contohnya reskia@unsri.ac.id
  4. Aktivasi di email, lalu kamu sudah bisa mendownload jurnal atau publikasi ilmiah.
  5. Pergi ke home dari Research Gate. Ketikkan kata kunci di kolom search. Lalu, enter.
  6. Nah nanti akan muncul daftar jurnal yang sesuai, tinggal download deh. Oiya, ada beberapa jurnal yang tidak open access, nah itu kamu perlu request kepada orang yang mempublikasikannya.

Lagi bingung cari judulu skripsi? Coba deh baca Contoh Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif ini.

10. Cari di Jurnal Cambridge

Cambridge sudah dikenal seantero dunia sebagai tempat pendidikan yang bagus. Jurnal terbitan disini juga bagus-bagus. Jurnal Cambridge punya banyak fitur yang diberikan sehingga mempermudah bagi kamu mencari yang sesuai dengan keinginan.

Jurnal Cambridge juga ada menyediakan banyak buku yang bisa dibaca secara gratis. Jurnal internasional yang diterbitkan disini juga termasuk jenis open access alias bisa diakses secara gratis.

Cara mencari jurnal internasional juga cukup mudah. Sobat Kuskus Pintar coba buka https://www.cambridge.org/core lalu isi kata kunci yang ingin dicari di kolom pencarian. Udah deh tinggal cari yang sesuai.

11. Cara Mencari Jurnal di Kampus Oxford

Woah, siapa sih yang gak kenal sama kampus Oxford? Kampus terbaik dunia lo. Tentu kampus Oxford memberikan kemudahan bagi akademisi untuk mencari jurnal ilmiah.

Di situs jurnal Oxford kamu bisa download artikel jurnal ilmiah secara gratis. Caranya cukup mudah, kamu bisa akses di http://www.oxfordjournals.org. Lalu, ketikkan kata kunci yang diinginkan. Cari deh jurnal yang sesuai sama topik kamu. Tinggal download dengan mengklik ikon PDF.

12. Perpusnas RI

Gak afdol rasanya kalo Perpusnas milik kita ini gak saya masukin disini. Nah, sebagai perpustakaan nasional tentu kita juga punya koleksi jurnal internasional.

Caranya kamu perlu mendaftar sebagai member resmi di Perpusnas RI. Nanti ada dikasi nomor yang sah sebagai cara kamu untuk bisa mengakses beberapa layanan eksklusif dari Perpusnas seperti berlangganan jurnal internasional.

13. Cara Mencari Jurnal Internasional Kesehatan

Kamu bisa mencari pencarian di Google dengan mengetikkan kata Journal health. Nanti akan ada banyak hasil mengenai jurnal internasional yang khusus membahas tentang kesehatan.

14. Cara Mencari Jurnal Internasional Ekonomi

Tidak jauh dengan cara sebelumnya. Cara mencari jurnal untuk bidang Ekonomi juga begitu. Pastikan sinyal lancar dan ngebut wush wushh hehe. Ketikkan di mesin pencarian dengan kata Journal Economic. Sama seperti mencari untuk bidang kesehatan, disini kamu juga akan diberikan beberapa hasil yang relevan mengarah ke beberapa website jurnal yang membahas tentang ekonomi.


15. Cara Mencari Jurnal Internasional Akuntansi

Kamu mau cari jurnal Akuntansi? Cara mudah memang bisa meminta kepada dosen atau kakak tingkat, pun kamu bisa mencari jurnal ke perpus kampus. Tetapi, alangkah baiknya kamu juga mencari di internet sebagai tempat yang lebih luas. Sama seperti Kesehatan dan Ekonomi, sobat ketikkan saja Journal Accounting. Cari deh yang sesuai dan selesai.

15+ Cara Mencari Jurnal Asing melalui JSTOR

JSTOR merupakan bagian dari ITHAKA yang menyediakan akses ke lebih dari 12 juta artikel ilmiah, buka dan sumber lainnya bagi 75 disiplin ilmu yang ada.

Kebanyakan memang merupakan jurnal berbayar yang terbit di website ini. Tetapi, kamu tak perlu khawatir karena ada juga jurnal yang gratis. Cara mencarinya cukup mudah dengan mengakses https://www.jstor.org/ sebagai website resminya.

$ads={1}

Lalu ketikkan kata kunci yang sesuai di kolom pencarian, tekan enter. Nah, nanti semua hasil akan muncul. Pada menu bar sebelah kiri kamu bisa mencentang Journals untuk lebih spesifik mencari jurnal internasional yang diinginkan. Cari jurnal yang tombol downloadnya bisa diklik, karena itu pertanda jurnal bisa diakses secara gratis.

Demikian artikel mengenai cara mencari jurnal internasional dari berbagai sumber. Semoga bisa bermanfaat.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. info yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa ni, kalo saya biasa akses di emerald atau sciendirect, rekomended untuk bidang ekonomi

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama