Jangan Bingung, Ada 10+ Tempat Mencari Referensi Skripsi di Sini

Daftar Isi [Tampil]
Tempat Mencari Referensi Skripsi


Menulis dan menulis, itu yang perlu dibangun setiap hari. Setelah kabar surat keputusan pembimbing skripsi saya yang turun, kali ini sedikit membangkitkan gairah menulis dengan barbagi di blog Kuskus Pintar. Dengan judul artikel "Jangan Bingun, Di Sini Tempat Mencari Referensi Skripsi" saya mengajak sobat untuk tidak bingung dalam mencari sumber skripsi.

Referensi skripsi memang penting untuk mendukung suatu pernyataan yang kamu tulis di dalam skripsi. Skripsi tanpa referensi itu artinya bohong. Tulisan itu tidak mungkin bisa murni keluar dari hasil pemikiran. Paling tidak perlu referensi yang membantu alur dari isi skripsi sobat.

Dulu sewaktu kelas metode penelitian, saya bak sedang bertempur untuk mencari referensi sana-sini. Buka website ini enggak ada, saya coba website lain akhirnya ketemu. Begitulah berasa seperti jodoh, perlu dicari biar pas ehhh.

Sobat jangan bingung di sini saya akan berbagi mengenai tempat mencari referensi skripsi.

Tempat Mencari Referensi Skripsi


1. Google Scholar atau Google Cendekia

Google Cendikia merupakan layanan dari Google yang memudahkan kita dalam mencari referensi untuk skripsi. Cara mencari jurnal untuk skripsi di sini cukup mudah. Kamu tinggal ketikkan di google dengan tulisan Google Cendekia atau Google Scholar. Lalu klik website yang tampil tersebut. Ada banyak karya tulis ilmiah, skripsi, tesis, hingga disertasi yang ada. Kamu tinggal mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan topik pembahasanmu. Di Google Cendikia juga bisa diatur atau diurutkan hasilnya berdasarkan tahun terbit lho.

2. ResearchGate

Seperti namanya yang mengandung kata research, website yang satu ini juga menyediakan sumber atau referensi yang bisa kamu unduh secara gratis. Ada banyak pilihan artikel ilmiah yang bisa kita download. Tidak hanya mengunduh dokumen, kita juga bisa mempublikasikan karya ilmiah kita.

Ada beberapa karya ilmiah atau referensi yang kita inginkan itu perlu request kepada si penerbit. Kamu bisa mengirimkan request tersebut kepada si pembuat. Cara mendaftar di website ini juga cukup mudah, kamu perlu mendaftar dengan menggunakan email kampus atau email institusi tempat kamu kuliah.

3. Sciencedirect

Selain dua di atas, ada situs tempat mencari referensi lainnya seperti Sciencedirect. Sama dengan yang lainnya, di sini kamu juga bisa mengunduh berbagai jenis referensi yang ada mulai dari ebook, artikel ilmiah, publikasi ilmiah, laporan ilmiah, dan lain-lain.

Namun, sayangnya tidak semua dokumen gratis, ada beberapa yang perlu mengeluarkan uang. Istilah umumnya "Berbayar" hehe. Jangan galau, kita bisa memilih yang gratis dulu dan mencari di website lainnya.

4. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

Selanjutnya, web untuk mencari artikel ilmiah lainnya adalah DOAJ dengan kepanjangannya Directory of Open Access Journal. DOAJ adalah sebuah tempat khusus di mana kita bisa mendownload berbagai referensi yang ada. DOAJ bersifat open acces, seperti kepanjangannya yang direktori jurnal akses terbuka. Ada lebih dari 15.000 jurnal yang diterbitkan di laman ini. Sobat tinggal mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan topik skripsi.


Tempat Mencari Referensi Skripsi



5. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI

Perpusnas RI bisa menjadi pilihan kamu untuk mencari referensi terkait topik pembahasan skripsi kamu. Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah melalui aplikasi yang sudah tersedia di Google Play di gawai milik kamu. Kamu bisa meminjam buku yang ada untuk menjadi referensi di skripsi kamu. Cukup membantu dengan berbagai buku yang ada. Perpusnas memberikan layanan ini secara gratis. Ya kali berbayar wkwk.

6. Perpustakaan Kampus

Selain, perpustakaan nasional, cobalah mencari referensi skripsi di perpustakaan kampus kamu terlebih dahulu. Biasanya akan banyak macam skripsi kakak tingkat yang sudah dibuat ditaruh di rak-rak yang ada di perpustakaan kampus.

Kamu bisa tanyakan letak referensi tersebut kepada petugas perpustakaan. Tentu hal ini lebih mudah bukan? Kamu juga bisa dengan nyaman mengerjakan skripsi di perpustakaan. Lebih tenang ya.

7. Perpustakaan Daerah

Masih kurang puas tempat mencari referensi skripsi yang sudah saya sebutkan di atas? Kamu bisa mencoba mencari sumber pendukung skripsi di perpustakaan daerah.

Kalau di provinsi saya ada yang namanya perpustakaan daerah, bahkan di tingkat kabupaten juga ada. Koleksi yang disediakan juga cukup lengkap untuk mendukung skripsi kita.

8. IJER atau International Journal of Education and Research

IJER (International Journal of Education and Research) adalah situs untuk mencari referensi skripsi yang bisa sobat coba. Di IJER juga banyak menyediakan referensi berupa artikel ilmiah. Situs ini bisa diakses oleh mahasiswa, akademisi, peneliti, dosen, praktisi, dan lain-lain. Bersifat open access memudahkan kita untuk mengunduh berbagai file yang ada secara gratis.

9. LIPI.go.id

Jangan bingung bin galau lagi ketika ingin mencari referensi skripsi. LIPI atau Lembaga Imu Pengetahuan Indonesia juga menyediakan referensi secara gratis untuk kamu. Lembaga pemerintah yang bersifat non kementrian ini merupakan program turunan dari Kemenristekdikti yang memudahkan para siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan akademisi lainnya dalam mencari referensi untuk kepentingan ilmiah.

Ada banyak jurnal ilmiah berbahasa Indonesia yang diterbitkan di sini, kamu tinggal mencarinya saya yang sesuai dengan topik pembahasan kamu.


10. Freefullpdf.com

Selain yang telah disebutkan di atas, ada lagi website untuk mencari artikel ilmiah atau paper secara gratis lainnya yakni di Freefullpdf. Ada lebih dari 80 juta makalah sains, paper, tesis, dan lain-lain yang bisa kamu unduh secara gratis di sini.

11. Pinjam Punya Temen atau Dosen

Wah kita sudah masuk ke 10+ atau rekomendasi tempat mencari referensi yang kesebelas di artikel Kuskus Pintar!

Nomor bonus memberikan rekomendasi tempat yang sebenarnya sering kita lupakan. Padahal terbilang sederhana, namun kerap dilupakan. Kita bisa mencari referensi skripsi dengan meminjam buku punya temen kita. Bahkan kamu tak perlu sungkan juga, jika ingin meminjam buku ke dosen. Beberapa dosen saya juga sering menawarkan buku untuk dibaca saat pembelajaran di kelas. Yuk temui teman atau dosenmu segera dan pinjam buku mereka hehe.


Baiklah sudah sampai kita pada penghujung artikel mengenai 10+ Tempat Mencari Referensi Skripsi. Sedikit tips mencari referensi skripsi, cobalah untuk menuliskan list kata kunci yang sesuai dengan topik pembahasan skripsi kamu. Tak perlu langsung diunduh, sobat bisa membaca abstraknya saja terlebih dahulu. Apabila sesuai dengan topik skripsi, baru di-download. Hal ini dilakukan demi menghemat kuota sekaligus mem-filter dokumen yang masuk. Kamu pasti tidak maukan, sudah simpan banyak-banyak eh ternyata yang sesuai hanya sedikit.

Cukup sekian, semoga bermanfaat.

3 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Semangat ya Mbak nulis skripsinya.
    Semoga lancar.

    Wah... Banyak juga ya sumber yang bisa dipake.
    Kalo saya dulu karena ngambil judul biografi tokoh sejarah yang belum cukup terkenal, jadi pengumpulan datanya lebih banyak terjun langsung ke lapangan untuk wawancara ama tokoh-tokoh terkait.

    Sedangkan sumber-sumber tertulis menjadi data tambahan dan juga buat liat teknik dan metode penulisannya.

    ReplyDelete
  2. Banyak juga ya tempat untuk mencari referensi skripsi. Dari 10 tempat itu perpustakaan nasional, perpustakaan daerah, dan perpustakaan kampus sepertinya bisa jadi tempat referensi yang bagus.

    ReplyDelete
  3. Dari 10 referensi tempat, saya hanya tau Google Scholar, Perpustakaan Daerah, dan alternatif pinjam ke teman atau dosen. Meski belum ditahap menyusun skripsi, tapi informasi macam ini sangat berguna. Saya simpan

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post