Bingung, Mau Pilih Kereta Api atau Pesawat ?

Daftar isi [Tampil]
Pilih Kereta Api atau Pesawat
Bingung, Mau Pilih Kereta Api atau Pesawat ?

Ketika kita bepergian tentu yang akan menjadi pertanyaan adalah moda transportasi apa yang digunakan. Saat ini sudah banyak moda transportasi yang bisa kita coba, mulai dari motor, mobil, kereta api, hingga pesawat. Namun, dari beberapa yang ada saya tertarik dengan kereta api dan pesewat. Kalau kamu jika dikasih pilihan, mau pilih kereta api atau pesawat ?

Kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing individu untuk memenuhi kebutuhan bepergiannya. Ada yang memilih motor karena jarak tempuh yang lumayan dekat seperti satu atau dua jam perjalanan. Ada pula yang memilih mobil karena tidak ingin panas-panasan seperti naik motor. Dan transportasi lainnya.

Menariknya, kereta api tidak semua tempat ada termasuk di pelosok desa. Kerata api terbilang langka dan unik bagi sebagian daerah. Lain hal ketika kita melihat ibu kota, Jakarta. Sebagai kota metropolitan, Jakarta menjadi tempat dengan jumlah kereta api yang tidak sedikit. Alias sueperrr buanyak dah.

Di Jakarta, kamu akan melihat padatnya penumpang. Aksi saling rebutan juga kerap terjadi di daerah ini. Tidak bisa dipungkiri, kereta menjadi primadona sebagian orang.


Lalu, bagaimana dengan kamu? Atau bagaimana dengan saya?

Oiya, sebelum saya menjawab pertanyaan ini, ada info menarik nih. Traveloka sedang ada promo EPIC sale dengan diskon sampai dengan 80% untuk berbagai macam produk yang ada. Bagi kamu yang ingin bepergian, boleh banget untuk diambil kesempatan ini.

Pilih Kereta Api atau Pesawat ?


Waktu itu, pertama kali naik kereta api pada tahun 2017 kalau tidak salah. Kalau tidak salah ya bener hehe. Jadi, untuk pertama kalinya saya naik kereta api dari Palembang menuju Lampung saat saya masih menjadi mahasiswa baru dalam ajan perlombaan tingkat regional Sumbagsel. Ada perasaan yang tak bisa saya ungkapkan. Tepatnya perasaan bahagia seperti anak kecil yang dibelikan es krim.

Bagaiamana dengan pesawat ? Pertama kali naik pesawat itu pada tahun 2015, tepatnya pada perjalanan dari Palembang menuju Surabaya. Itu saya masih menginjakkan kaki di bangku kelas 2 SMA. Dibayar gratis sama Kemendikbud karena berhasil lolos sebagai finalis dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia.

Dua-duanya pernah saya coba. Tentu kedua moda transportasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika ditanya soal kenyamanan, saya lebih memilih kereta api ketimbang pesawat. Kenapa demikian? Karena dengan naik kereta api saya lebih leluasa melakukan banyak aktivitas.

Naik kereta api saya bisa dengan mudah makan ketika jam makan, sholat, mondar-mandir ke WC jika ada panggilan alam, hingga menonton film kesukaan di laptop. Lalu, bagaimana dengan pesawat? Saya hampir menjadi seperti patung, hanya bisa duduk tenang saja. Bahkan saya lebih banyak tidurnya ehehe.

Secara ringkasnya, saya akan memberikan poin-poin perbedaan dari kedua moda transportasi ini.

Jika Kamu Memilih Kereta Api

  1. Kenyamanan lebih terasa, bisa bergerak lebih bebas
  2. Harga tiket lebih murah
  3. Bisa bersosialisasi dan bertegur sapa, tentu dengan tidak mengganggu orang lain
  4. Tidak akan terkena tekanan pada gendang telinga
  5. Waktu perjalanan lebih lama
  6. Ramah lingkungan karena tidak banyak emisi yang dikeluarkan

Jika Kamu Memilih Pesawat

  1. Ada keterbatasan soal kenyamanan, kamu tidak bisa bergerak bebas
  2. Harga tiket jauh lebih mahal
  3. Minim interaksi, orang cenderung kebanyakan untuk diam lalu tidur
  4. Rentan terjadi tekanan pada gendang telinga, hingga terasa "budek"
  5. Waktu perjalanan lebih cepat
  6. Tidak ramah lingkungan karena emisi yang dikeluarkan lebih banyak
  7. Resiko kematian tinggi jika pesawat mengalami gangguan, walaupun masuk kategori minim terjadinya kecelakaan.

Itu dia beberapa poin perbedaan dari kereta api atau pesawat. Jadi, sekarang kamu mau pilih kereta api atau pesawat ? Kalau saya tergantung jarak perjalanannya sih ehehe. Jika jarak perjalanan masih dalam satu regional, maka kereta api menjadi pilihan. Selain hemat, tentu karena kenyamanannya. Namun, jika sudah beda pulau ya pasti naik pesawat.

Nah, jika kamu ingin bepergian, ada baiknya untuk datang ke travel fair terlebih dahulu sebagai pertimbangan. Ada banyak inspirasi yang akan diperoleh. Baik sekian artikel pada kali ini mengenai "Bingung, Mau Pilih Kereta Api atau Pesawat ?" Semoga bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama