30+ Kumpulan Pertanyaan untuk Seminar Karya Tulis Ilmiah

Daftar Isi [Tampil]
Pertanyaan untuk Seminar Karya Tulis Ilmiah


Karya Tulis Ilmiah merupakan sebuah karya atau hasil cipta yang ditulis dengan mangandung unsur-unsur ilmiah. Terdiri dari tiga kata penyusun yakni karya, tulis, dan ilmiah. Semuanya punya maknanya tersendiri. Kali ini Kuskus Pintar ingin berbagi beberapa kumpulan pertanyaan untuk Seminar Karya Tulis Ilmiah.

Bagi sebagian orang, maju kehadapan orang lain itu rasanya menakutkan. Takut berbicara di depan umum memang wajar bagi sebagian orang yang jarang melakukannya. Namun, kamu perlu mempelajari beberapa trik agar tak takut saat tampil seminar karya tulis ilmiah nantinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti mempersiapkan poin-poin penting untuk disampaikan, latihan terus dan terus, memahami audiens, mempersipkan fasilitas pendukung, tampil rapi dan lain-lain. Yakin deh dengan mempelajari trik agar tak takut saat seminar karya tulis ilmiah bisa membuatmu jadi lebih lega dan berani.

Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa list pertanyaan untuk seminar karya tulis ilmiah yang kemungkinan akan ditanyakan oleh dosen atau audiensmu. Berikut ada beberapa kumpulan pertanyaan tersebut yang sudah saya rangkum sedemikian rupa. Selamat membaca.

20+ Kumpulan Pertanyaan untuk Seminar Karya Tulis Ilmiah


Sudah tak sabar menunggu pertanyaan sidang karya tulis ilmiah yang sekaligus untuk seminar, presentasi lomba, dan banyak lagi. Pertanyaan berikut ini memang umum sering ditanyakan oleh dosen, juri, atau audiens pada saat membahas karya tulis ilmiah.

Pertanyaan tentang Persiapan Penulisan Karya Ilmiah

Terkadang dosen penguji atau juri juga suka iseng bertanya perihal persiapan penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu, sobat perlu mempersipkan jawaban kala ditanya hal demikian.

Beberapa pertanyaan persiapan karya tulis ilmiah yang bisa saya rangkum di sini.
1. Sejak kapan penelitian ini dilakukan ?
2. Bagaimana Anda memetakan waktu penelitian ?

Biasanya sobat juga akan ditanya kenapa terlalu lama waktu yang dibutuhkan untuk penelitian.
3. Kenapa Anda membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan penelitian tersebut? Padahal bisa dipersingkat dengan mengambil data sekunder.
Pertanyaan ini bisa menjebak sobat, perlu penjelasan yang detail seperti menjelaskan keterbatasan penelitian atau ingin memperoleh data dari sumber utama.

4. Apakah Karya Tulis Ilmiah ini benar-benar asli buatan Anda/Saudara ?
Biasanya dosen penguji atau juri suka mempertanyakan orisinalitas karya. Pastikan bahwa anda menjawab dengan yakin dan mantap ya sobat.

5. Berapa persentase karya tulis ilmiah ini asli buatan Anda/Saudara ?
Nah tingkat tergemaskan yakni jika ditanyakan lebih detail lagi dengan menganalogikan perihal persentase tentang keaslian karya sobat. Saya pernah juga ditanya mengenai hal ini. Ayo siapkan jawabannya serta alasannya.

Baca juga: 20+ Pertanyaan tentang Karya Ilmiah dan Jawabannya

Pertanyaan tentang Etika Karya Ilmiah

Kumpulan pertanyaan untuk seminar karya tulis ilmiah berikutnya berkaitan dengan etika. Etika ini bisa menjadi saat menulis karya ilmiah atau etika saat presentasi seminar.
6. Apakah karya ini baru pertama kali dibuat ?
7. Apakah karya tulis ilmiah ini merupakan karya lanjutan ?

Biasanya juga kamu dicecar dengan pertanyaan tentang latar belakang, jika kamu menjawab bahwa karya tulis ilmiah yang kamu buat sudah ada yang buat.
8. Jika karya tulis ilmiah ini sudah dibuat, kenapa Anda tidak mencantumkannya di latar belakang ?
9. Adakah Anda menuliskannya di daftar pustakan sebagai referensi ?
10. Lalu, apa perbedaan penelitian Anda dengan penelitian terdahulu ?

Nah pertanyaan tentang etika karya ilmiah biasanya berkaitan dengan penelitian orang lain. Jangan sampai kita lupa menaruhnya sebagai referensi agar karya kita tidak dikatakan mencomot. Jikapun hampir serupa, usahakan harus ada perbedaannya ya seperti menambahkan beberapa variabel, waktu dan tempat, populasi dan lain-lain.

Pertanyaan tentang Konsep Karya Ilmiah

Pertanyaan untuk Seminar Karya Tulis Ilmiah


Selain, sepuluh pertanyaan yang berkaitan dengan pertanyaan untuk seminar karya tulis ilmiah di atas, ada masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Salah satunya adalah pertanyaan tentang konsep karya ilmiah.

11. Apakah Anda memahami apa yang dimaksud dengan ilmiah ?
12. Apakah karya Anda ini termasuk ilmiah padahal membahas hal yang berbau fiksi ?

Pertanyaan nomor 12 ketika bahasan karya tulis ilmiah sobat berkaitan dengan karya fiksi. Contohnya, "Bedah Makna dalam Film Tilik dengan Analisis Kesusastraan". Contoh doang itu. Apalagi kalau sobat anak sastra atau dari jurusan sastra, umumnya pasti akan membahas tentang sastra seperti karya fiksi dan non-fiksi.

13. Apakah karya Anda sudah memenuhi kaidah penulisan ilmiah ?
14. Metode penelitian apa yang digunakan dalam karya ilmiah ini ?
15. Apakah bisa menggunakan 2 atau 3 metode dalam satu karya ?
16. Apa yang membedakan karya ilmiah dengan karya fiksi ?
17. Apa saja sumber rujukan yang bisa digunakan dalam karya tulis ilmiah ?
18. Sumber apa yang Anda pakai ?
19. Bolehkah mengambil rujukan dari kitab suci - agama ?

Nomor 19 memang terkesan menguji mental, ada beberapa ahli yang memisahkan karya tulis ilmiah dengan agama. Ada pula yang menguatkan agama dengan hal ilmiah. Apalagi bagi kamu yang kuliah di jurusan agama, pasti perlu kitab suci untuk menguatkan hasil karya tulis ilmiah.

20. Apa saja yang bisa digunakan dalam mengumpulkan data penelitian dalam karya ilmiah ?

Baca juga: Bedah Contoh Esai Ilmiah: Pemenang Artikel Terbaik

Bonus Pertanyaan untuk Seminar Karya Tulis Ilmiah

Berikuti ini ada beberapa pertanyaan bonus terkait pertanyaan untuk seminar karya tulis ilmiah.

21. Kenapa saudara mengambil latar belakang seperti demikian ?
22. Apa alasan dalam mengambil objek penelitian di (objek penelitian kamu) ?
23. Bagaimana hasil kesimpulan yang bisa saudara tarik secara ringkas berkaitan dengan masalah penelitian yang sudah disebutkan tadi ?
24. Bagaimana Anda membuktikan bahwa penelitian ini benar dibuat oleh diri sendiri bukan orang lain?
25. Kenapa hasil pembahasan berbeda dengan hipotesis yang dijabarkan sebelumnya ?

Sebenarnya dosen penguji ataupun juri, biasanya banyak bertanya mengenai substansi atau pembahasan dari karya ilmiah kamu. Saran saya cobalah untuk benar-benar paham akan apa yang ditulis. Kalau bisa sudah di luar kepala.

26. Apa manfaat penelitian saudara bagi sekitar ?
27. Adakah saran untuk penelitian selanjutnya ?


28. Apa langkah selanjutnya setelah diadakan penelitian ini?
Pertanyaan ini biasanya ditanyakan ketika kamu meneliti tentang suatu produk inovasi. Jawaban yang baik tentu akan memaparkan langkah-langkah strategis untuk ke depannya.

29. Apakah produk penelitian ini akan didaftarkan di HAKI ?
30. Apakah karya ini pernah dilombakan sebelumnya ?
30+ Kenapa saudara melakukan penelitian ini ?


Melakukan penelitian memang asyik, tetapi setelah melakukan penelitian karya ilmiah kita perlu menyusun tulisannya agar bisa dipresentasikan bahkan dipublikasikan ke publik. Sekian 30+ Kumpulan Pertanyaan untuk Seminar Karya Tulis Ilmiah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post