15+ Contoh Review Jurnal Internasional & Nasional LENGKAP

Daftar isi [Tampil]
contoh review jurnal internasional
Contoh Review Jurnal

Dalam rangka berbagi, kali ini Kuskus Pintar sedikit membuka folder tugas kuliah yang lama. Sayang banget sih terkurung di dalam folder laptop saja. Nah, beruntungnya kamu yang kebingungan mencari contoh review jurnal internasional atau artikel ilmiah internasional, bertemu dengan blog ini.

Contoh tugas review jurnal internasional ini saya ambil dari tugas kuliah saya pada Kelas Resiko dan Pengendalian Sistem Informasi Berbasis Komputer Jurusan Akuntansi Konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi dengan dosen pengampu XXX (Eiiit gak boleh disebut dong hehe).

Yuklah, sobat boleh simak contoh reviewnya di bawah ini. Selamat membaca, semoga gak pusing deh. Kalo pusing, ya tanggung sendiri wkwkwk.

Cara Review Jurnal Internasional dan Nasional Mudah

Menjadi seorang mahasiswa pasti membuatmu cukup pusing dengan tugas review jurnal ilmiah baik itu dalam rangka nasional maupun internasional.

Iya, saya tau persis karena pernah menjadi seorang (masih di tahun 2021) mahasiswa. Saya pernah disuruh membuat review 20 jurnal internasional dan nasional. Semuanya perlu dibaca dan dirangkum jadi satu.

Apakah saat ini kamu juga tengah mencari tahu cara review jurnal internasional dan nasional? Jika iya, tepat sekali karena Kuskus Pintar akan membantumu.

Berikut ini cara review jurnal yang bisa kamu lakukan:

1. Pahami Tugas yang Dosen Berikan

Kebanyakan mahasiswa itu menyepelekan omongan dari dosen. Jadi, ketika dosen atau guru kamu memberikan tugas itu mesti banget untuk didengarkan dan diperhatikan. Apa saja yang dosen kamu berikan harus dipatuhi. Misalnya, 10 jurnal internasional dan 10 jurnal nasional. Ya dikerjain jangan ngeyel, kalo enggak ya bakalan disuruh bikin ulang atau malah kamu bisa disuruh nambah review jurnal.

2. Cari Tahu Tempat Jurnal untuk Download

Setelah memastikan tugas yang diberikan, maka kamu harus bergerak dari sekarang. Cicil satu-satu jangan sampai deadline mepet baru dikerjain. Nah, kamu perlu banget cari tahu tempat jurnal untuk download. Saya sudah buat artikelnya disini: Tempat Cari Referensi.

3. Ikuti Format Review Jurnal yang Ditentukan

Di langkah pertama cara review jurnal saya sudah jelaskan tentang memahami tugas yang diberikan. Nah langkah ketiga ini berkaitan dengan hal itu. Pastikan apa yang dosen inginkan dan ikuti format tersebut.

Kalau dulu sewaktu kuliah, saya buat format review jurnal untuk mendukung proposal penelitian di dalam sebuah tabel. Jadi, saya masukin deh format yang diinginkan. Contoh review jurnal nanti saya akan paparkan dulu ya formatnya. Baca terus artikel ini.

4. Baca Jurnal Satu Persatu

Setelah kamu mempersiapkan format review jurnal, maka kamu perlu membaca jurnal yang sudah kamu peroleh tadi satu per satu. Setiap jurnal yang sudah kamu baca, perlu diambil intinya untuk bisa dimasukkan sesuai format yang diberikan.

5. Ambil Inti Dari yang Dibaca

Betul sekali. Saya tegaskan, ambil intinya aja biar kamu tau kesimpulan tentang jurnal referensi yang kamu baca tersebut.

6. Rangkum Semua Jurnal

Waktu dulu saya membuat review jurnal hanya review aja gitu. Ehh ternyata revisi dong, disuruh nambahin kesimpulan. Nah, biasanya kesimpulan ini berupa rangkuman dari hasil review jurnal internasional atau nasional secara keseluruhannya yang ditulis dengan mapping jurnal dan dibuat dengan paragraf kesimpulan.

Begitu sobatku cara review jurnal internasional dan nasional.

Bagi kamu yang ingin mencari jurnal internasional yang berkualitas, bisa baca artikel saya yang ini:

Format Review Jurnal Internasional yang Tepat

Apakah kamu masih bingung dengan format review jurnal yang tepat itu seperti apa? Yo jelas tepat sesuai kehendak dosenmu jumintenn hehe.

Baiklah di sini saya akan memberikan contoh review jurnal dengan format review jurnal yang sudah dosen saya tetapkan. Cekidot...

contoh review jurnal
Contoh Review Jurnal

Pada gambar sebenarnya udah jelas apa-apa saja poin pentingnya. Mumpung saya berbaik hati, maka akan saya jelasin deh satu-satu di sini. Berikut format review jurnal yang tepat dari ketentuan dosen saya dulu.

1. No
Resume jurnal yang kamu buat akan terlihat rapi dengan adanya nomor ini. Biasanya dosen itu tidak tanggung-tanggung ngasih tugasnya, nah dengan adanya nomor mempermudah kamu menghitung jurnal yang sudah diresume.

2. Identitas Artikel

Judul            :
Perlu saya garibawahi, bahwa jurnal itu merupakan rangkuman dari beberapa artikel ilmiah. Banyak orang sering salah sebenarnya, bahwa kebanyakan menganggap bahwa resume jurnal itu resume perjudul karya ilmiah.

Padahal jika dilihat dari artinya bahwa resume itu merangkum, sedangkan jurnal itu artinya kumpulan artikel.

Memang terlihat lebih singkat nyebutinnya, resume jurnal. Dan kebanyakan orang menganggap satu jurnal itu satu judul. Ouh tidak, satu jurnal punya banyak artikel ilmiah di dalamnya. Jadi, masukin judul artikel ilmiah yang ingin kamu bahas ya.

Penulis         : 
Masukkin tuh nama si penulis jurnal dan masukin juga nama jurnal  yang kamu rangkum.

Tahun     : 
Jurnal yang bagus akan melengkapinya dengan tahun publikasi jurnal.

Nama Jurnal :
Jelas sekali pasti ada nama jurnalnya.

Volume     :
Volume tentang identitas jurnal.

Halaman     :
Halaman artikel ilmiah yang kamu rangkum di jurnal tersebut.

Instansi Penulis :
Tempat penulis menempuh pendidikan.

4. Latar Belakang
Ringkasan latar belakang, biasanya berupa alasan kenapa penelitian itu dilakukan.

5. Tujuan Penelitian
Ini sudah jelas ya yaitu tujuan kenapa penelitian itu dilakukan.

6. Teori
Teori ini ada di Bab 2 ketika kamu ingin melakukan resume jurnal pendidikan atau artikel ilmiah.

7. Variabel/Pengukur
Biasanya ada di bab 3 di metode penelitian.

8. Hipotesis
Hipotesis ini bagai penelitian kualitatif itu gak ada, hipotesis ada untuk penelitian kuantitatif.

9. Populasi & Sampel
Ini ada dibahas di bagian metode penelitian. Cek tuh jurnal pendidikan yang kamu bahas tentang populasi dan sampelnya.

10. Temuan/Hasil
Tentu saja bagian ini bisa dengan mudah kamu temukan di abstrak sekilas dan di kesimpulan secara ringkasnya.

11. Limitasi
Biasanya ada beberapa penulis yang membatasi penelitiannya, jika ada maka cantumkan juga ini ya.

Note: Baiklah teman-temanku sekalian, poin di atas itu merupakan keseluruhan dari cara mereview jurnal yang baik. Namun, terkadang jurnal ilmiah atau artikel ilmiah yang kita cari tidak memberikan informasi yang lengkap seperti format tersebut.

Biasanya, format tersebut akan menyesuaikan dari jenis penelitian kamu.

Kalau penelitian kuantitatif (angka) itu biasanya perlu alat analisis maka di jurnal ilmiah, skripsi, tesis, dan lain-lain akan bertemu dengan yang namanya variabel, alat pengukur dan hipotesis.

Sedang menulis referensi di artikel ilmiah? Coba baca: cara menulis footnote dari jurnal.

Sedangkan, penelitian kualitatif (non-angka) kamu tidak akan menemukan hal tersebut. Jadi, ya balik lagi penelitian kamu jenisnya apa. Nah, nanti format review jurnalnya bisa disesuaikan. Yuk baca di bawah ini tentang beberapa contoh review jurnal internasional dan nasional supaya kamu makin paham.

Contoh Review Jurnal Internasional dan Nasional

Berikut contoh hasil review jurnal internasional yang pernah saya buat saat duduk di bangku kuliah di Jurusan Akuntansi Konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi. Sebenarnya ada banyak lagi contoh review jurnal Akuntansi yang bisa sobat ikuti.

Nah kali ini contoh review jurnal internasional yang sudah berbeda dosen dan berbeda pula format review jurnal yang diberikan. Lebih tepatnya ini format review jurnal yang sudah diatur sendiri sesuai kebutuhan penulis dan data pada jurnal yang direview.

Contoh Review Jurnal Akuntansi

Berikut adalah detail review jurnal yang bisa kamu jadikan referensi. Sedikit informasi, biasanya review jurnal dengan model narasi ini lebih tepatnya disebut sebagai resume jurnal. Resume jurnal biasanya dilakukan ketika tugas yang disuruh hanya satu jurnal ilmiah saja.

Lain hal ketika review banyak jurnal, biasanya agar lebih ringkas kamu akan disuruh untuk dibuatkan tabel. Baca terus sampai habil, nanti ada contoh yang pakai tabel ya sobat.

A. Identitas Artikel

Judul            : Management Accounting Research in The Lab – Method and Applications
Penulis         : Robert Obermaier • Felix Muller
Tahun     : 2008
Nama Jurnal : Zeitschrift fur Planung & Unternehmenssteuerung
Volume     : 19
Halaman     : 325–351
Instansi Penulis : University of Regensburg, Universitatsstraße 31, 93053 Regensburg, Germany

B. Latar Belakang

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Heinen dalam mengamati metode penelitian empiris. Sekitar 30 tahun yang lalu, metode penelitian tersebut dianggap sebagai bentuk penyelidikan “tradisional” dalam komunitas riset bisnis berbahasa jerman. Dalam penelitian lapangan, perlunya landasan empiris sedangkan secara tradisional mereka belum menetapkan proses ilmiahnya.

Mengenai terminologi yang digunakan dalam makalah ini dan keterbatasan karena masalah terminologis, harus dikatakan bahwa meskipun berasal dari Amerika Serikat, istilah "mengendalikan" belum ditetapkan secara internasional sebagai nama umum untuk bidang belajar dalam pertanyaan. Meskipun konsep “mengendalikan” disebut juga dengan istilah "akuntansi manajemen", yang telah menemukan adopsi yang lebih luas secara internasional, tidak sepenuhnya sesuai dengan konsep "mengendalikan". Penelitian ini memperlakukan kedua istilah secara sinonim (lihat juga Wagenhofer 2006, hal. 2; Weber dan Schaffer 2006, hal. 25), hanya untuk memungkinkan analisis dari badan sastra yang lebih besar, berorientasi internasional.


C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Meringkas keadaan saat ini seni penelitian akuntansi manajemen empiris, menggunakan "tema" dan "metode" sebagai dimensi untuk meta-analisis ulasan yang ada, berfokus pada penggunaan eksperimen dalam penelitian akuntansi manajemen.
  2. Menggambarkan metode eksperimen, prasyarat dan prinsip desainnya; perlu dilakukan langkah ini, karena kurangnya penelitian eksperimental dalam komunitas akuntansi manajemen berbahasa Jerman mungkin karena kurangnya pengetahuan atas nama para peneliti.
  3. Menganalisis badan literatur yang ada dari penelitian akuntansi manajemen eksperimental internasional dan pengembangan implikasi untuk masa depan penelitian eksperimental.


D. Pembahasan

1. Metode Penelitian Akuntansi Manajemen
Dalam penelitian ini ada dua pengelompokan yaitu penelitian dengan metode analisis (a) dan metode empiris (b, c, d, e, f). Berikut ini pengelompokan metode penelitiannya:
a. Analitis (Kerangka konseptual dan formal)
b. Eksperimen (Percobaan)
c. Penelitian lapangan (Studi kasus/studi lapangan)
d. Survei
e. Arsip
f. Penelitian Tindakan

Adapun analisis dari ke-enam metode tersebut dilakukan pada enam penelitian berikut ini:
  • Klemstine and Maher (1984) sebagian besar menggunakan metode penelitian analitis sebesar 51 persen.
  • Shields (1997) sebagian menggunakan metode penelitian analitis sebesar 32 persen, 14 persen eksperimen, dan 18 survei.
  • Scapens and Bromwich (2001) menggunakan penelitian lapangan sebanyak 37 persen dan 25 analitis.
  • Binder and Schaffer (2005) sebanyak 78 persen penelitian analitis.
  • Wagenhofer (2006) sebanyak 85 persen penelitian analitis.
  • Hesford et al. (2007)  sebagian menggunakan metode penelitian analitis sebesar 38 persen, 19 persen penelitian lapangan, 16 survei, dan 13 eksperimen.

2. Gambaran Metode Eksperimen Akuntansi Manajemen
Dalam penelitian ini dijabarkan ada beberapa faktor yang menjadi variabel dependen dan variabel independen. 

3. Analisa penelitian eksperimen Akuntansi Manajemen berdasarkan literatur
Subjek penelitian eksperimen, sebagian besar menggunakan “Mahasiswa” yakni sebanyak 80% mahasiswa pascasarjana dengan lebih dari satu tahun pengalaman profesional yang diklasifikasikan sebagai “praktisi”.

Desain eksperimen yang paling sering digunakan adalah faktorial, dengan menggunakan variabel independen dari kelompok yang berbeda seperti penyediaan informasi dan gaya kognitif atau skema insentif dan petunjuk. Hampir 50% dari percobaan memberikan insentif bagi para peserta percobaan agar dapat memperoleh hasil yang realistis atas perilaku subjek selama percobaan. Insentif diberikan biasanya proporsional dengan hasil prestasi subjek selama eksperimen.

E. Kesimpulan

Penelitian ini menyajikan keadaan secara empiris mengenai manajemen akuntansi khususnya eksperimen berdasarkan meta-analisis dari kedua kelompok yaitu Penelitian di Jerman dan kontribusi penelitian internasional. Sehubungan dengan metode yang digunakan, ada perbedaan yang kontras antara kelompok-kelompok yang ada. Penelitian eksperimen tampaknya sangat populer di sampel internasional, sedangkan penelitian Jerman hampir tidak ada bukti penelitian akuntansi manajemen yang melakukan eksperimen untuk mendapatkan publikasi. 

Nah, begitulah contoh review jurnal internasional yang saya buat. Sebenarnya sederhana saja, kamu perlu mencantumkan pembuka - isi - penutup. Format yang umum sekali tetapi memang begitulah intinya. Pada Pembuka bisa diisi dengan identitas jurnal atau artikel, kemudian diikuti latar belakang sebagai awal dari pembahasan.

Lalu, kamu bisa bahas isi yakni pembahasan dari penelitian di dalam jurnal internasional tersebut. Terakhir, tentu saja penutup yakni kesimpulan yang perlu ditarik. Baiklah sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga saja bermanfaat.

Contoh Review Jurnal Akuntansi Manajemen Pakai Tabel

Berikut saya sajikan tabel contoh review jurnal Akuntansi Manajemen untuk kamu sesuai format dari dosen saya di Mata Kuliah Metodologi Penelitian.



Judul

Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Berbasis Komputer Pada Perusahaan Kecil (Studi Kasus Pada PT. Trust Technology)

Penulis

Rochmawati Daud dan Valeria Mimosa Windana

Tahun

2014

Nama Jurnal

Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

Volume

Vol.12, No.1

Latar Belakang

Keamanan data perusahaan tidak terjamin, hal ini dikarenakan dokumen transaksi masih berupa kertas yang mudah sekali hilang,rusak atau di curi. Informasi yang dihasilkan tidak dapat di sajikan tepat waktu karena membutuhkan waktu yang lama untuk memproses data menjadi informasi.

Piutang tak tertagih yang cukup besar tersebut bukan disebabkan oleh pelanggan yang tidak membayar tagihan, melainkan ditemukan indikasi penyalahgunaan kas oleh karyawan perusahaan itu sendiri. Perusahaan memerlukan biaya yang besar setiap tahunnya untuk membeli kertas dan kebutuhan alat tulis kantor lain.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas pada PT. Trust Technology dari sistem manual menjadi sistem berbasis komputer.

Metode Penelitian

-

Temuan/Hasil

1. Jumlah karyawan pada PT. Trust Technology tidak memadai sehingga menyebabkan terjadi perangkapan tugas pada masing – masing bagian.

2. Karyawan yang masih masih memliki hubungan keluarga dengan pemilik tidak bekerja dengan baik, mereka hanya memanfaatkan status mereka untuk mencari keuntungan pribadi.

3. Tidak adanya pemisahan tugas yang jelas antara karyawan antar bagian, karyawan bagian gudang dapat mengisi bagian penjualan, atau karyawan bagian penjualan dapat mengerjakan tugas bagian administrasi.

4. Prosedur penjualan pada sistem yang saat ini sedang berjalan di PT. Trust Technology terkesan rumit dan justru membuat peluang untuk melakukan kecurangan semakin terbuka lebar.

5. Untuk perusahaan yang memiliki omset cukup besar setiap bulan, sistem yang masih manual tidak dapat lagi mendukung kegiatan penjualan dan penerimaan kas pada PT.Trust Technology.

Limitasi

-


Note:
Kak, kenapa ada yang kosong sih? Itu bukan disengajakan kosong ya, tetapi memang dari jurnalnya yang tidak lengkap menyertakan informasi tersebut.

Contoh Review Jurnal Ekonomi Tanpa Tabel

Jika di contoh review jurnal Akuntansi Manajemen tadi pakai tabel, maka kali ini saya akan kasih contoh dari yang tidak pakai tabel ya sobat.

Berikut adalah contoh review jurnal ekonomi akuntansi dengan narasi. Biasa juga dikenal dengan resume jurnal ilmiah. Oiya, jurnal ini saya download dari Website Jurnal Akuntabilitas di kampus saya. Cek yuk!

Resume 3

Identitas Artikel
Judul        Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Kota Bengkulu: Pendekatan Derajat Desentralisasi Fiskal
Penulis     : Esti Pasaribu, Septriani, Benardin, dan Ratu Eva Febriani
Tahun       : 2021
Nama Jurnal : Akuntabilitas
Volume        : Vol. 15, No. 1
Halaman     : 137-154
Instansi Penulis : Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Bengkulu, Provinsi Bengkulu

Latar Belakang
Kondisi keuangan Kota Bengkulu cenderung membaik, sejak diterapkan kebijakan desentralisasi. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bengkulu sejak tahun 2000 hingga 2017. Akan tetapi yang menjadi permasalahannya adalah belum diketahuinya sumbersumber PAD yang potensial, sehingga belum bisa menentukan skala prioritas dalam pembuatan kebijakan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis secara empiris kinerja keuangan Bengkulu pemerintah dengan derajat fiskal pendekatan desentralisasi.

Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan alat uji statistik regresi linier berganda. berganda

Temuan/Hasil
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kemampuan keuangan Kota Bengkulu masih berada pada tingkat kemampuan yang lemah.

Limitasi
Batasan penelitian ini yakni terbatas pada kinerja keuangan Pemerintah Kota Bengkulu dengan jangka waktu relatif pendek. Penelitian ini juga hanya memasukkan variabel pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan PDRB Per Kapita.

Bagaimana? Mudah sekali bukan untuk review jurnal internasional dan nasional dalam bentuk narasi. Selanjutnya, kita akan bahas contoh review jurnal pendidikan. Simak yuk di bawah ini:

Contoh Review Jurnal Pendidikan

Teman-teman bisa cari jurnal di Google Scholar ya. Kali ini kita ambil review jurnal pendidikan terbaru ya. Review ini diambil dari ejurnal budiutomomalang.

contoh review jurnal
Contoh Review Jurnal Pendidikan

Jika kamu mau lebih detail mengenai cara review jurnal pendidikan juga bisa baca artikel saya disini:
Begini contoh resume atau review jurnal pendidikan yang bisa kamu ikuti:

Resume 4

Identitas Artikel
Judul            Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya
Penulis         : Raras Kartika Sari
Tahun     : 2019
Nama Jurnal : Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika
Volume        : Vol. 2, No. 1
Halaman     : 23-31
Instansi Penulis : Pendidikan Matematika, IKIP Budi Utomo Malang

Latar Belakang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di kelas. Bisa jadi dua faktor yang mempengaruhi pembelajaran yaitu siswa atau guru. Pada penelitian ini membahas mengenai problematika dalam pembelajaran matematika bisa saja terjadi dari fakotr guru yang mengejar kurang tepat.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran matematika dan solusi alternatifnya di SMP Muhammadiyah 8 Batu.

Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ada dua siswa dari kelas IX-1 dan kelas IX-6 dan dua guru matematika di SMP Muhammadiyah 8 Batu yang mengajar di kelas IX-1 dan IX-6

Temuan/Hasil
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini mengalami problem berupa penguasaan konsep matematika yang tidak baik dan motivasi belajar juga tidak baik. Perlu solusi seperti pendekatan secara personal, penerapan media pembelajaran yang baik, dan penerapan metode yang sesuai dengan siswanya

Limitasi
-

Bagian limitasi saya kosongkan karena penulis tidak mencantumkan hal tersebut di jurnalnya.

Contoh Review Jurnal Psikologi

Baiklah apakah kamu sedang mencari contoh review jurnal psikologi ? Nah, kebetulan Kuskus Pintar ada nih contohnya untuk kamu. Yuk disimak di bawah ini. Sumber contoh kali ini diperoleh dari Jurnal Psikologi punya Universitas Gunadarma.

Resume 5

Identitas Artikel
Judul            Keseimbangan Pekerjaan-Keluarga dan Kebahagiaan: Studi Meta-Analisis 
Penulis         : Nita Sri Handayani
Tahun     : 2020
Nama Jurnal : Prismatika: Jurnal Psikologi
Volume        : Vol. 13, No. 2
Halaman     : 173-186
Instansi Penulis : Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma

Latar Belakang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebahagian yang merupakan suatu kondisi yang ingin diwujudkan oleh semua orang. Di samping sisi ada yang menjadi faktor menarik yaitu keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasi antara keseimbangan pekerjaan keluarga dan kebahagiaan.

Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan teknik meta analisis.

Temuan/Hasil
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya korelasi positif antara keseimbangan pekerjaan keluarga dengan kebahagiaan.

Nah, begitu contoh sederhana untuk review jurnal psikologi. Kamu bisa kembangkan lagi sesuai dengan format yang sudah diberikan di atas ya sobat.

Tunggu artikel lengkap dari kami ya. Segera akan dibahas secara lengkap deh.
Yuk baca juga artikel ini, mungkin kamu tertarih:
Lebih baru Lebih lama