Contoh Resume Jurnal Pendidikan Lengkap dengan Formatnya

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Contoh Resume Jurnal Pendidikan
Contoh Resume Jurnal Pendidikan

Contoh resume jurnal pendidikan masih banyak dicari oleh sebagian besar mahasiswa di Fakultas Keguruan. Betapa tidak, bagi mereka yang memasuki mata kuliah metodologi penelitian ataupun mata kuliah yang sudah membahas Proposal Penelitian pasti oleh dosen pengampu disuruh membuat resume jurnal.

Apakah kamu bingung cara meresume jurnal pendidikan? Ingin tahu bagaiaman contoh resume jurnal pendidikan? Iya apa iya nih hehe.

Sobat Kuskus Pintar tak perlu khawatir karena Reskia kece hadir memberikan solusi untuk permasalahan yang tengah kamu hadapi.

Perlu diingat format resume jurnal masing-masing dosen itu berbeda, apalagi jika dosen kamu sudah memberikan format yang ia minta. Ikuti aja apa maunya dosen.

Pada artikel sebelumnya, sudah banyak dibahas mengenai cara review jurnal hingga contoh review jurnalnya. Nah, pada kesempatan kali ini akan khusus membahas mengenai resume jurnal pendidikan.

Eh, Kak Emang Resume dan Review itu sama ya?

Menurut hemat penulis, kedua kata ini sama yakni sama-sama merangkum jurnal yang kita baca. Bedaya dengan review, biasanya review jurnal akan dibandingkan dengan proposal penelitian yang ingin kita kerjakan. Selebihnya sama, mengikuti format dari dosen pembimbing kamu deh.

Baca yuk: mengenai cara mencari jurnal internasional sebelum kamu meresume jurnal.

Cara Resume Jurnal Pendidikan

Dalam melakukan resume jurnal pendidikan, saya selalu berpatokan dengan beberapa list berikut ini yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Begini lho cara resume jurnal pendidikan, pastikan kamu membuat rangkuman berdasarkan list yang saya berikan ini.

Saya sudah merangkum Format dan Contoh Review Jurnal Internasional & Nasional Lengkap di artikel saya yang ini:


1. No

2. Identitas Artikel
Judul            :
Penulis         : 
Tahun     : 
Nama Jurnal :
Volume     :
Halaman     :
Instansi Penulis :

4. Latar Belakang

5. Tujuan Penelitian

6. Metode Penelitian

7. Temuan/Hasil

8. Limitasi

Kira-kira seperti itu poin-poin untuk resume jurnal dengan catatan disesuaikan dengan kebutuhan dari dosen kamu ataupun jenis penelitian yang akan diresume.

Biasanya jenis penelitian kualitatif (non-angka) tidak butuh dijelaskan terkait variabel/pengukur dan hipotesis. Kalau penelitian kuantitatif (angka), wah itu full abis semuanya bisa dibahas.

Contoh Resume Jurnal Pendidikan #1

Contoh Resume Jurnal Pendidikan
Contoh Resume Jurnal Pendidikan 1 dan 2

Berikut contoh resume jurnal pendidikan dari Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 2020.

Resume 1

Identitas Artikel
Judul            Analisis sikap toleransi belajar IPA siswa sekolah menengah pertama
Penulis         : Rizki Intan Sari
Tahun     : 2020
Nama Jurnal : Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
Volume        : Vol. 13, No. 2
Halaman     : 120-128
Instansi Penulis : Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi 

Latar Belakang
Penelitian ini diawalin karena mata pelajaran IPA sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan kurang diminati oleh siswa. Karena selain berhubungan dengan banyak rumus, konsep materi pelajarannya pun sulit untuk dipahami dan dianggap sangat membosankan bagi siswa. Penelitian ini juga mengupayakan agar  pendidikan karakter dalam mengembangkan nilai toleransi dan peduli sosial harus dilakukan dalam berbagai aktivitas dan lingkungan.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap toleransi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa SMP.

Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII F Tahun Ajaran 2019/2020 SMP N 8 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala Likert. Hasil dari data angket diolah menggunakan aplikasi SPSS Statistics 23.

Temuan/Hasil
Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap toleransi yang baik selama proses pembelajaran IPA di kelas. Siswa dapat menghargai perbedaan yang terjadi di antara setiap individu peserta didik, yang meliputi perbedaan agama, suku, ras, serta perbedaan pendapat dan muncul rasa saling menghormati satu sama lain. Pendidikan berbasis karakter sikap toleransi sangat perlu diterapkan dalam proses pembelajaran.

Limitasi
Batasan penelitian ini yakni hanya dilakukan pada siswa kelas VII B dan VII F Tahun Ajaran 2019/2020 SMP N 8 Kota Jambi. Bisa saja ada perbedaan hasil ketika dilakukan dengan sampel yang berbeda.

Bagaima dengan contoh resume jurnal pendidikan pertama ini? Tentunya hasil resume itu lebih ringkas ya sobat dan enak untuk dibaca. Apalagi bagi kamu yang mau mengerjakan skripsi, ada acuan ini tuh mantap banget deh.

Contoh Resume Jurnal Pendidikan #2

Baiklah kita akan melihat contoh resume jurnal pendidikan yang kedua. Semoga kamu makin paham ya sob. Link download jurnal ini: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi

Resume 2

Identitas Artikel
Judul            Kemampuan Literasi Informasi dan Teknologi Mahasiswa Calon Guru Menghadapi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0
Penulis         : Erni Fatmawati dan Endah Safitri
Tahun     : 2020
Nama Jurnal : Edukasi: Jurnal Pendidikan
Volume        : Vol. 18, No. 2
Halaman     : 214-224
Instansi Penulis : Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak 

Latar Belakang
Teknologi menjadi salah satu media penunjang kegiatan pembelajaran di era RI 4.0. Perkembangan teknologi dan infrastruktur lain, meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran digital (digital learning). Pendidik harus dapat menyesuaikan diri pada pembelajaran tersebut dalam menggunakan informasi di dunia digital.

Dengan adanya perbedaan geografis dan kultural mengakibatkan adanya perbedaan kemampuan literasi informasi dan teknologi. Mahasiswa calon guru harus memiliki kemampuan literasi informasi dan teknologi yang baik sebelum menjadi seorang guru.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi dan literasi teknologi mahasiswa calon guru menghadapi pembelajaran di era revolusi industri 4.0.

Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester IV, VI, dan VIII Program Studi PTIK IKIP PGRI Pontianak (375 mahasiswa). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dengan bantuan kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis kuantitatif.

Temuan/Hasil
Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa berada pada kategori baik dan kemampuan literasi teknologi yang dimiliki mahasiswa juga berada pada kategori baik. Artinya kemampuan literasi informasi dan teknologi mahasiswa calon guru menghadapi pembelajaran di era RI 4.0 terbilang baik karena sudah melek teknologi.

Limitasi
Batasan penelitian ini yakni hanya dilakukan pada mahasiswa semester IV, VI, dan VIII Program Studi PTIK IKIP PGRI Pontianak. Bisa saja ada perbedaan temuan atau hasil ketika dilakukan dengan sampel/tempat yang berbeda.

Demikian contoh resume jurnal pendidikan yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu untuk menyelesaikan tugas dari dosen kamu ya sobat. Memang tugas itu membosankan tetapi percayalah ketika pelan-pelan kita menyelesaikannya, maka ada rasa lega dan bahagia. Asik hehe.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Wah luar bisa artikelnya, suka juga sama karya tulis ilmiah, tapi terkadang sering bingung karena penulisan masih berantakan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama