Jenis Pekerjaan di Hotel, Apa Aja sih?

Daftar Isi [Tampil]
jenis pekerjaan di hotel


Bagi sahabat yang dulu sewaktu kuliah mengambil jurusan perhotelan, pastinya akan ada prospek kerja di hotel. Nah, sudah tahu belum jenis pekerjaan di hotel itu apa saja? Atau bagi kamu yang bukan lulusan perhotelan juga bisa lo mendaftar kerja di hotel.


Baca juga:

$ads={1}

Saya dulu pernah nonton filmnya si Kak Arief (eh bener gak sih gini?). Kak Arief yang filmnya Mak Beti itu lo. Kak Arief ini ternyata dulunya merupakan karyawan atau pegawai hotel di luar negeri. Kalau tidak salah pernah kerja di Dubai atau Qatar gitu. Saya tahu hal ini pas nonton di videonya yang menceritakan pertemuan dirinya dengan sang istri.

Jangan salah lo ya, jenis pekerjaan di hotel itu ada banyak. Tidak sekadar sebagai resepsionis atau bagian beres-beres kamar. Jika sobat penasaran, berikut daftar jenis pekerjaan di hotel.

Jenis Pekerjaan di Hotel

Beberapa daftar di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin bekerja di hotel. Pegawai hotel disebut dengan bagian profesinya masing-masing. Memang secara umum, orang awam hanya tahu penyebutan "Pegawai Hotel atau Karyawan Hotel" padahal ada banyak bagian yang ada.

Ya samalah kayak kerja di kantoran, ada banyak jenis pekerjaan di dalamnya. Tetapi, orang akan lebih mudah mengingatnya dengan sebuatan kerja kantoran.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata dan Hotel Terbaik di Jakarta

Berikut ini daftar beberapa jenis pekerjaan di hotel yang bisa menjadi referensi.

1. Resepsionis atau Petugas Penerima Tamu

Bahasa keren dari resepsionis ini adalah Front Desk Clerks. Termasuk garda terdepan di sebuah hotel. Ketika kamu ingin masuk ke sebuah hotel, bagian pertama yang perlu kamu temui adalah resepsionis ini. Melakukan check in, meminta kunci, bertanya perihal kamar dan lain sebagainya itu kita lakukan di bagian resepsionis ini.

2. Porter atau Petugas Pengangkut Barang

Saya dulu pernah datang untuk menginap ke hotel, waktu itu hampir tengah malam kami datengnya. Di bagian parkir mobil, sudah ada seseorang yang membantu untuk menyambut dan membawakan barang-barang kami pakai alat khususnya. Wah ternyata nama keren dari pekerjaan ini adalah Porter. Mirip Harry Porter aja deh hihi.

3. Housekeeping atau Petugas Bersih-bersih dan Menata Ruangan

Nah, profesi yang satu ini sering masuk ke dalam iklan-iklan perhotelan. Biasanya mereka yang akan menjadi ciri khas pegawai hotel. Kerjaannya termasuk yang terpenting juga karena ia jantungnya hotel. Hotel indah, rapi, membuat penyewa akan betah menginap. Jangan sepelekan petugas bersih-bersih ini ya sobat.

4. Room Service

Tidak jauh berbeda dengan Housekeeping, jenis pekerjaan di hotel yang satu ini juga punya nilai lebih bagi sebuah hotel. Biasanya hotel yang skala kecil belum ada pelanan perkamar, mereka cukup petugas bersih-bersih kemudian kadang merangkap untuk Room Service. Jika hotel besar seperti bintang tiga, apalagi bintang lima itu pegawainya akan komplit termasuk Room Service.

Baca juga: Pilih Kereta Api atau Pesawat

5. Karyawan Dapur

Tempat penginapan seperti hotel tentulah membutuhkan karyawan di bagian dapur. Makanan yang mereka buat inilah yang akan disajikan kepada para penginap di hotel. Tak jauh dari pekerjaan seorang koki, mereka akan memasak makanan. Beberapa bagian dari mereka juga berbagi tugas ada yang mencuci piring, dan ada pula yang memesankan bahan-bahan untuk makanan.

6. Manajer Dapur

Jika ada karyawan di dapur, maka ada pulan manajernya. Manajer dapur bertugas untuk memantau gerak dari karyawan di dapur. Ia yang akan memastikan bahwa semua kebutuhan makanan di hotel tercukupi.

7. Marketing

Hotel merupakan sebuah bisnis penginapan. Segala hal yang namanya bisnis, perlu ada posisi marketing. Marketing inilah yang akan fokus untuk melakukan promosi hotel agar banyak yang ingin menginap. Tak jarang mereka juga melakukan strategi dengan memasang iklan dan lain sebagainya.

8. Akuntan

Hotel yang bagus itu ada Akuntannya. Akuntan adalah seseorang yang akan melakukan pencatatan keuangan mengenai hotel tersebut. Mereka akan membuat laporan mengenai keuntungan yang diperoleh hotel, mencatat pengeluaran dan lain sebagainya.

9. Dan masih banyak lagi.


Hotel yang sudah punya nama atau hotel berbintang lima tentulah skalanya sudah besar, tidak mungkin pegawai hanya beberapa posisi saja. Nah mungkin penjelasan di atas adalah jenis pekerjaan di hotel secara umumnya saja. Memang ada pula posisi tertinggi di hotel seperti Manajer, CEO/Direktur, dan lain sebagainya. Semoga informasi ini berguna bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan di hotel.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post