Waspadai Bahaya Karang Gigi, Ikuti Tips Berikut ini

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Bahaya Karang Gigi


Beruntungnya, sedari kecil hingga berusia kepala dua saya belum pernah kena yang namanya karang gigi. Bahaya karang gigi sendiri memang kerap menghantui. Karang gigi membuat orang tidak percaya diri untuk tersenyum lebih lebar.

Padahal, ketika kita tersenyum lebih lebar rasanya begitu membahagiakan bagi diri sendiri dan orang lain yang melihat. Akan tetapi, apa jadinya ketika kita senyum dua jari yang terlihat karang gigi? Duh, rasanya minder sekali ya.

Bahaya karang gigi ini bisa diatasi dengan beberapa tips dari Kuskus Pintar berikut ini yang bisa sobat ikuti.

Penyebab Karang Gigi

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita ketahui dulu apa penyebab karang gigi yang terjadi.

Penyebab karang gigi biasanya terjadi ketika ada sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Sisa makanan ini tidak semuanya yang bisa menimbulkan karang gigi. Makanan yang mengandung karbohidrat, gula, dan asam cenderung meninggalkan plak pada gigi. Kandungan tersebutlah yang suka menempel dan menyebabkan karang gigi.

Jika plak gigi dibiarkan hingga 24 sampai 72 jam, maka ada yang namanya bakteri jahat yang merusak gigi. Plak tersebut akan mengeras dan menempel sehingga menyebabkan karang gigi yang menguning. Dalam jangka panjang, jika dibiarkan secara terus-menerus bisa menimbulkan kerusakan pada gigi dan gusi.

Oleh karena itu, tindakan cepat yang bisa kamu lakukan adalah menggosok gigi agar plak yang menempel segera hilang. Namun, menyikat gigi juga perlu dilakukan dengan benar. Jika salah dalam menyikat gigi, bukannya malah hilang tetapi akan semakin tumbuh si karang gigi ini.

Jika sobat menyikat gigi secara cepat, nah khawatirnya masih ada sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Sisa-sisa tersebut juga bisa menimbulkan plak hingga menjadi karang gigi.

Baca juga: Apa itu ICCU ?

Tips Mencegah Karang Gigi

Jika teman-teman sudah mengetahui penyebab karang gigi, nah ada baiknya kamu juga mengetahui dan menerapkan tips mencegah karang gigi.

Kan katanya mau mewaspadai dari bahaya karang gigi, nah yuk dibaca tips di bawah ini:

1. Gosok Gigi secara Teratur

Tidak ada cara lain yang cukup ampuh untuk mencegah beragam masalah pada gigi, selain dengan menggosok gigi secara rutin. Terlihat sepele, "Ah gitu doang kok" Iya sepele sih tapi pengaruhnya itu lo yang besar untuk menjaga kesehatan gigi. Nah, jangan sampai gigi kamu tidak digosok ya dalam sehari. Gosok gigilah setidaknya 2-3 kali sehari.

2. Gunakan Sikat Gigi yang Pas

Kita sering kali tidak memperhatikan model sikat gigi yang pas untuk kita. Nah, usahakan pakai sikat gigi yang lembut ya. Dan juga seringlah mengganti sikat gigi pertiga bulan sekali. Dan jika ingin lebih steril lagi, setiap bulan rendamlah sikat gigi ke dalam air hangat sekitar 30 menitan saja untuk membunuh kuman yang mungkin masih menempel.

3. Gunakan Pasta Gigi yang Pas

Salah satu pasta gigi yang bisa kamu gunakan adalah Pasta gigi Sensitive Expert dari Pepsodent yang bisa mengatasi gigi sensitif. Risih banget gak sih kalau kita gosok gigi terus ngilu-ngilu gitu? Nah, biar tidak mengalami hal demikian dicobain deh pakai pasta gigi tersebut. Selain bisa mengurangi rasa ngilu, pasta gigi yang pas bagi gigi kamu juga bisa menjaga kebersihan sehingga terhindar dari bahaya karang gigi.

Baca juga: Jenis Frame Kacamata

4. Pakai juga Cairan Obat Kumur untuk Mulut

Biasanya cairan obat kumur ini tidak hanya menjaga gigi agar terhindar dari bakteri jahat, tetapi juga memberikan sensasi bersih di mulut kamu. Mulut juga akan terhindar dari bau yang tidak sedap dan mengganggu. Yuk lengkapi ritual gosok gigimu dengan menggunakan cairan obat kumur. Tetapi, perlu sobat ingin ketika menggunakan obat kumur, maka perlu kasih jeda terlebih dahulu setelah menggosok gigi.

Gigi merupakan aset berharga bagi kita semua. Peran gigi tentulah penting bagi kita dalam mengunyah makanan. Gigi sehat dambaan semua orang. Nah, sobat bisa ikuti tips mencegah karang gigi di atas agar terhindar dari bahaya karang gigi yang bisa merusak kepercayaan diri dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat ya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama