50+ Contoh Judul PKM Kewirausahaan dan Pembahasan

Daftar isi [Tampil]
Contoh Judul PKM Kewirausahaan
Contoh Judul PKM Kewirausahaan

Ada banyak ajang perlombaan yang bisa diikuti oleh mahasiswa, mulai dari esai, lomba karya tulis ilmiah, desain poster, debat, hingga PKM. Jika kamu sedang mencari contoh judul PKM Kewirausahaan, di sini Kuskus Pintar akan membahasanya secara perlahan ya.

Apa itu PKM Kewirausahaan?

Sebelum melangkah lebih jauh mengulas contoh judul PKM Kewirausahaan, mari kita ketahui dulu apa itu PKM Kewirausahaan.

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Nah, kalau kewirausahaan sendiri menurut KBBI adalah segala hal yang menyangkut dengan wirausaha atau usaha.

Artinya, bagi mereka yang lolos PKM Kewirausahaan perlu merealisasikan proposal PKM mereka dengan cara melakukan penjualan atau membuka usaha. Kewirausahaan ada di banyak bidang, mulai dari usaha peternakan, pertanian, kerajinan, jasa, dan lain sebagainya.

Contoh Judul PKM Kewirausahaan yang Lolos

Jika sobat sudah sedikit mengerti mengenai apa itu PKM Kewirausahaan, nah penting bagi kamu untuk membaca referensi judul PKM yang lolos pendanaan. Kali ini Kuskus Pintar telah mengumpulkan 20+ contoh judul yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin ikut PKM K.

Contoh judul ini sudah saya rangkum mulai dari tim UNY, UGM, UM dan banyak lagi. Selamat membaca ya sobat.

Contoh Judul PKM Kewirausahaan dari Universitas Diponegoro 2019

Berikut adalah contoh judul PKM Kewirausahaan dari Universitas Diponegoro tahun 2019 yang bisa sobat pelajari:

1. OICORA (Waste Cooking Oil Crayon) Inovasi Krayon dari Minyak Jelantah

Pembahasan singkat mengenai contoh judul proposal PKM kewirausahaan yang pertama:
Dari judul PKM Kewirausahaan ini dapat diketahui bahwa inovasi yang ditawarkan adalah pemanfaatan minyak jelantah yang biasanya hanya terbuang saja. Minyak jelantah ini dibuat menjadi Krayon.


Penulis memberikan judul PKM Kewirausahaan dengan menarik yakni membuat sebuah singkatan.

2. "MORIFA" Inovasi Ekstrak Moringa Oleifera sebagai Hand Sanitizer yang Praktis dan Ekonomis

Pembahasan singkat dari contoh judul PKM Kewirausahaan di atas:
Moringa Oleifera merupakan nama ilmiah dari tumbuhan kelor. Nah, kelor ini sendiri punya banyak manfaat yang bisa digunakan. Penulis membuat inovasi Hand Sanitizer dari ekstrak daun kelor.

3. Hide My Poo (Cairan Pelapis Permukaan Air Pada Kloset sebagai Penahan Bau Feses)

Dari judul PKM Kewirausahaan yang nomor 3 ini, tentu kita tahu pokok permasalahannya ada pada bau Feses yang tidak enak. Nah tim dari Universitas Diponegoro ini membuat inovasi berupa cairan pelapis permukaan air. Pemilihan judulnya juga unik, "Hide My Poo".

Contoh Judul PKM Kewirausahaan dari Universitas Gadjah Mada 2019

Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Mahasiswa-mahasiswanya sudah banyak meraih prestasi yang gemilang termasuk di ajang PKM ini. Berikut ada satu contoh judul PKM Kewirausahaan dari tim UGM.

4. PONGO, RHINO, PARA: Boneka Maskot Wonderful Indonesia sebagai Media Promosi Keragaman Pariwisata

Sedikit pembahasan dari judul PKM yang keempat ini, bahwa tim dari UGM mengusulkan sebuah inovasi berupa boneka maskot sebagai media promosi pariwisata. Inovasi yang unik, mungkin bisa menjadi referensi judul PKM K untuk kamu ya sobat. Biasanyakan boneka hanya untuk main-main bagi anak kecil dan itupun kebanyakan bonekanya adalah boneka kartun dari luar negeri. Inovasi ini mengangkat kearifan lokal Indonesia.


Contoh Judul PKM Kewirausahaan dari Universitas Muhammadiyah Purworejo 2019

Salah satu Universitas di Purworejo ternyata mahasiswanya berhasil lolos PKM Kewirausahaan dengan judul sebagai berikut.

5. TALI KARSA (Tas Limbah Kain Perca dan Serabut Kelapa)

Limbah kain memang tak ada habisnya, mulai dari limbah saat penjahitan hingga limbah kain yang sudah tak terpakai lagi. Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purworejo punya inisiatif untuk membuat inovasi tas limbah kain perca dan juga ditambah serabut kelapa. 

Contoh Judul PKM Kewirausahaan 2019 dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Nah, sekarang kita beralih ke universitas yang ada di tanah Horas, Medan. Ada 4 tim yang berhasil lolos PKM Kewirausahaan. Berikut daftar judul PKM kewirausahaan 2019 yang bisa menjadi referensi bagi kamu ya sobat.


6. Costrip 99.99 Sebagai Usaha Kreatif Mahasiswa dalam Mengenalkan Budaya dan Bahasa Daerah Sumatera Utara Menuju Pasar Internasional

7. Monik B-Tea (Moluskisida Organik Biji Teh) inovasi penghantam Kemas (keong mas)pada tanaman padi (Oryza sativa)

8. PoLeMon " Portable Leafhopper Trap Technology with Feromon" Inovasi Baru Produk Perangkap Hama Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens) Yang Efektif Dan Efesien Dalam Mengoptimalkan Hasil Panen Tanaman Padi (Oryza sativa L.)

9. Judul PKM kewirausahaan 2019 selanjutnya adalah SENDUK (SEPATU SPANDUK) SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN LIMBAH SPANDUK BEKAS


Contoh Judul PKM Kewirausahaan dari Universitas Muhammadiyah Surabaya 2019


10. KLIK2 (Kebaya Limbah Kerang Kekinian) : Eco-Product Limbah Kerang Sebagai Aksesoris Kebaya

11. VIEFRESH (SANSEVIERIA FRESH) INOVASI LIDAH MERTUA (Sansevieria trifasciata P.) UNTUK MENYERAP BAU TIDAK SEDAP PADA KULKAS

Contoh Judul PKM Kewirausahaan Produk dari Universitas Negeri Yogyakarta 2020

12. NEVAIR TONIC (Banana Weevil Hair Tonic): Atasi Masalah Rambut Rontok dan Ketombe

13. RATOPANJI (RANSEL TOPENG PANJI) sebagai Kerajinan Ikonik Kabupaten Gunung Kidul

14. SMART-SHOES: Sepatu Kesehatan Motif Kebudayaan yang Multiguna dan Futuristik


Baca juga: Contoh Masalah Penelitian Kualitatif

Contoh Judul PKM tentang Kewirausahaan Lainnya 2019

15. DUBANGDENT (Idu Abang ) sebagai Pasta Gigi Herbal Warisan Nenek Moyang - Universitas Muhammadiyah Surakarta

16. “TROSO WOVES" INOVASI PENGOLAHAN SEPATU DARI HASIL SAMPLING KAIN TENUN TROSO - Universitas Muria Kudus

17. Peluang Usaha "CAROL" (Cable Roller) sebagai Usaha Prospektif dan Inovatif Mahasiswa - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Berikut tiga judul PKMK dari Universitas Negeri Malang
18. CHET(AR): CREATIVE HERBARIUM BOOK EDUCATION BASED ON AUGMENTED REALITY

19. LALA AND LILO : Buku Cerita Berbunyi sebagai Inovasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Prasekolah 

20. Visualisasi "SIGUMUL" Simpang Lima Gumul sebagai Karakter Kartun dalam Inovasi Merchendise untuk Meningkatkan Potensi Budaya dan Pariwisatadi Kediri

Contoh Judul PKM K yang Lolos dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

21. "HECANTARU MARSMALLOW" (HEALTHY CANNA VEGETABLE FRUIT MARSMALLOW) SEBAGAI INOVASI DALAM MENINGKATKAN KONSUMSI UMBI, BUAH DAN SAYUR PADA ANAK USIA DINI

22. LEAQUIT (Leaf Quilling Craft) Kerajinan Dari Daun Kering Bernilai Seni Tinggi

23. BLOOMING STEVARA TEA KOMBINASI STEVIA DAN DAUN ARA SEBAGAI PRODUK ANTIDIABETES - Universitas Perjuangan Tasikmalaya

24. “TUKUL” Teh Kulit Sentul (Sandoricum koetjape) (Plasma Nutfah Antioksidan Tinggi yang Terabaikan) - Universitas Riau

Nah itu dia beberapa contoh judul PKM Kewirausahaan yang bisa menjadi referensi bagi sobat yang juga ingin ikut ajang PKM ini ya. Beberapa ada yang belum dikasih pembahasan, jika ada kesempatan akan saya bahas semuanya ya. Atau sobat sudah bisa membahasnya sendiri? Wah cakep tuh hehe.


Contoh Judul PKM Kewirausahaan dari Universitas Gadjah Mada 2017

Bagi kamu yang masih kurang mengenai judul PKM Kewirausahaan, sini Reskia kasih tau ya sobat Kuskus Pintar. Nah, sedikit melihat file lawas dari Subdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Reskia akan kasih kamu informasi untuk referensi judul PKM.

Penasaran cekidott...

25. MIKOPIL(Miniatur Kontrasepsi Pil): sebagai alat peraga konseling keluarga berencana - Ditulis oleh nama Ketua Tim Ineke Wijayanti yang merupakan mahasiswi D4 Bidan Pendidik SV. Nah nomor dua puluh lima ini membahas tentang kewirausahaan di bidang kesehatan. Bisa tuh jadi referensi judul.

26. ARCHETALES BEYOND A STORYBOOK Inovasi Dongeng Anak sebagai Sarana Membangun Interaksi dan Budaya Literasi di Indonesia - Atas nama ketua tim Sukmo Bayu Suryo dari S1 Psikologi.
Bagaimana ini judulnya bagus juga ya sob? Masih tentang kewirausahaan lho, kreatif abis.

27. Paman Tiko Puzzle Mainan Matematika Solusi Cerdas Belajar Rumus yang Kreatif untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak - Ketua timnya adalah Hanif Hatta Mustofa seorang yang menempuh pendidikan di S1 Teknik Geodesi.

Nomor 27 juga tak kalah kece, bisa berwirausaha secara kreatif dengan permainan Puzzle untuk anak.

28. PUBBA (Pop up Book Berbasis Audio): Media Pengembangan Character Building Anak Bangsa - Oleh DESTRI KARLINA dari D3 Sekolah Vokasi Rekam Medis. Cocok banget bagi kamu yang punya jiwa sosial yang tinggi dan peduli dengan tumbuh kembang anak bangsa. Bisa dijadikan referensi contoh judul pkm kewirausahaan buat kamu sobat.

29. Contoh judul PKM yang selanjutnya ini cukup membuat saya merasa "W.O.W" keren gitu lo gak kepikiran. Begini judulnya:

"KEIMON - Kalender Edukasi Motor, Solusi Tepat untuk Membangun Pengendara Cerdas dalam Masyarakat" ditulis Bella Syaifillah dari S1 Teknik Industri.

Taukan kalau di Indonesia itu buanyak banget yang suka tidak taat aturan dan berujung maut di jalanan? Menurut saya ide sederhana ini cukup mengajak orang lain mengerti tentang edukasi penggunaan motor.

30. Apakah kamu dari jurusan Matematika dan sejenisnya? Nyari judul kewirausahaan yang berkaitan dengan studi kamu? Coba deh liat referensi berikut ini.

"PELANGI (Permainan Edukatif Jenga dan Lego sebagai Media Belajar dan Bermain Anak guna Mendorong Peningkatan Kemampuan Berpikir secara Matematis)" - Ketua tim Meilinda Chrisdian P. dari S1 Matematika.

Referensi Judul PKM Kewirausahaan dari UGM Tahun 2017

31. Tomas: Towel Keramas Ergonomis Dan Stylish - Afriana Crusita Sari - S1 Ilmu Keperawatan


32. "The Doctor Drone" Pusat Produsen Dan Jasa Pelatihan Aeronautika Dalam Upaya Menjaga Dan Mengembangkan Kedaulatan Dirgantara Indonesia
Pkmk Ikhsan Tanoto Mulyo 15/377989/Pa/16464 S1 Elektronika Dan Instrumentasi


33. Jansel: Jas Hujan Pelindung Tubuh Dan Ransel
Pkmk - Ikhwan Arbi Kurniawa - S1 Geografi Dan Ilmu Lingkungan


34. T-Tizer Toothbrush Sanitizer Formula Efektif Untuk Hygiene Sikat Gigi - Angelia Rosalina Anw - S1 Ilmu Keperawatan Gigi


35. Bink; Baju Inovatif Sebagai Solusi Tepat Untuk
Pasien Terpasang Infus Pkmk Indah Jana Permana Devrin15/383000/Ku/18200 S1 Ilmu Keperawatan


36. Inofid (Interactive Book With Finger Dolls)-Sebagai
Sarana Peningkat Kemampuan Kognitif Pada Anak Pkmk Yogi Hasna Meisyarah 15/383025/Ku/18225 S1 Ilmu Keperawatan

Judul PKM Kewirausahaan Makanan yang Unik

- Rogum Inovasi Roti Sorghum Khas Bantul Yogyakarta Berbasis Socio Preuneur - Contoh Judul Pkm K Dari Ugm Tahun 2017
Nadiya Isnaeni - S1 Teknik Pertanian

Candiet : Permen Diet Sebagai Pencegah Obesitas Dan Diabetes Mellitus
Pkmk - Asa Salsabela Arianti Wijayanti - S1 Farmasi

Minion (Mie Sehat Inovasi Tepung Beton) Mie Kering Diperkaya Kalsium Tepung Beton Untuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi Anak
- Miftha Fachruri Rachmawati - S1 Teknologi Pangan Dan Hasil Pertani

Ornivia : Usaha Dessert Sehat Perpaduan Beras
Hitam Dan Gula Stevia Sebagai Upaya Menekan
Resiko Obesitas Dini
Pkmk Ashif Hujjatul Islami - S1 Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisni


Baca juga: Cara Membuat Abstrak

Terima kasih telah membaca kumpulan contoh judul PKM Kewirausahaan dan Pembahasan judulnya. Tunggu update artikel hingga 50+ ya sobat.

Lebih baru Lebih lama