5 Tips Memulai Bisnis Travel Rumahan

Konten [Tampil]
Bisnis Travel Rumahan
Bisnis Travel Rumahan


Bisnis Travel Rumahan - Sebagai seorang anak desa, kerap kali jika ingin bepergian menuju pusat kota saya harus menggunakan jasa travel antar kota atau daerah. Satu kabupaten saja menuju pusat kota, rasanya sulit sekali jika tidak dengan menggunakan jasa travel mobil. Bisa sih pakai mobil pribadi atau motor sendiri, tapi ya masih susah. Apalagi kalau tak punya mobil pribadi, ya jalan satu-satunya adalah naik travel.

Baca juga:
$ads={1}

Menurut saya, bisnis travel rumahan itu adalah bisnis yang simpel dan menghasilkan. Contohnya begini, jarak antara desa saya ke pusat kota di kabupaten itu adalah 40 km. Jika 10 km menghabiskan 1 liter bensin, maka untuk 40 km PP (Pergi-Pulang) menghabiskan 8 liter.

Anggap saja 1 liter dihargai Rp10.000, maka paling mentok sopir akan menghabiskan uang 80.000 untuk sekali jalan. Itupun kalau bensinnya yang pertamax, kalau beli pertalite mungkin antara 60 sampai 70 ribu.

Pengeluaran Rp70.000
Dalam sehari untuk pulang pergi, rata-rata anggap saja penumpang ada 5 orang. Di daerah saya 1 orang untuk pulang dan pergi itu 50 ribu. Maka untuk 5 orang bisa memperoleh pendapatan sekitar Rp250.000.

Pendapatan-Pengeluaran=Keuntungan
Rp250.000-Rp70.000=Rp180.000.

Saat ini mobil travel rumahan di daerah saya menerima antar-jemput barang, sehingga pendapatannya juga akan meningkat lagi.

Memang sih terlihat mahal sekali harganya, ketimbang travel di daerah pusat kota yang sudah punya jalan tol. Harga yang ditawarkan berkisar Rp15.000-Rp20.000.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis travel rumahan, bisa ikuti tips di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis Travel Rumahan


Apa saja yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis travel rumahan? Berikut Kuskus Pintar sudah merangkumnya.

1. Membuat Nama Brand Travel yang Mudah Diingat

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat nama brand yang mudah diingat. Misalnya Berkah Travel yang harapannya bisa memberi manfaat. Atau kamu juga bisa memberikan nama brand dengan nama sapaan kamu saja, contohnya kayak punya oom saya "Dedi Travel"

2. Siapkan Modal yang Pas

Modal merupakan amunisi atau peluru untuk memulai suatu bisnis. Modal tenaga kerja, peralatan utama, bahan penunjang dan lain-lain. Modal pertama yang sungguh sangat penting adalah tenaga kerja. Siapa yang akan menjadi sopirnya, apakah kamu sendiri atau rekrut tenaga kerja.

Modal kedua, tentu uang atau dana. Dana ini merupakan modal untuk membeli segala peralatan dan kebutuhan. Peralatan atau investasi utama di awal adalah mobil. Tentu untuk memenuhi kebutuhan ini kita perlu dana.

3. Beli Mobil Baru atau Bekas

Kamu bingung mau memulai bisnis travel rumahan? Bingung mau beli baru atau beli bekas saja? Ya itu wajar sekali jika mendapati kebingungan.

Kamu tak perlu bingung, bisa beli mobil di Seva Tempat Mobil Online. Di Seva ada dua produk utamanya yakni mobil baru dan mobil bekas. Jika budget kamu memungkinkan untuk membeli mobil baru, bisa pilih-pilih sesuai kebutuhan.

Namun, jika memang budget pas-pasan, boleh banget beli mobil bekas. Nah, di Seva Tempat Mobil Online tak perlu takut dengan kondisi mobil bekasnya karena sebelum berpindah ke tangan pembeli, Seva sudah melakukan inspeksi pada mobil tersebut.

Apabila kamu ingin membeli mobil bekas, yuk pelajari cara menawar mobil bekas di bawah ini:

4. Buat Paket Travel yang Menarik

Ada beberapa momen tertentu jasa travel rumahan kamu akan ditawar untuk dirental atau disewa. Biasanya seperti dipakai untuk mengunjungi anaknya yang wisuda, pindahan kos-kosan, liburan akhir tahun, hari lebaran, mobil pengiring pengantin dan banyak lagi.

Beberapa momen tersebut cobalah untuk membuat paket travel yang menarik tapi tetap pas dan menguntungkan.

5. Promosikan Bisnis Travel Rumahan Kamu

Saat ini bisnis sudah merambah ke era digital. Apa-apa kita promosikan melalui internet dan media sosial. Salah satu cara ampuh untuk menargetkan banyak pelanggan adalah dengan gencar melakukan promosi.

Cetak poster tentang bisnis kamu beserta paket menariknya untuk ditempel di tempat-tempat strategis. Selain itu, kamu juga bisa menawarkannya dari orang-orang terdekat kamu. Kemudian, bisa juga melakukan promosi di media sosial. Apalagi jika bisnis kamu punya website resmi yang menambah mudah bagi si customer untuk melihat-lihat berbagai paket menarik dari bisnis travel rumahan kamu.

Kelebihan membuat website sendiri dengan domain TLD tentu bisa meningkatkan branding kamu dan menjangkau lebih luas calon pelanggan.

Salah satu platform pembuatan website yang populer adalah wordpress. Ketika menggunakan wordpress ada baiknya kamu belajar seo wordpress agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung sehingga memungkinkan lebih banyak memperoleh pemesan yang ingin menyewakan paket travel rumahan kamu.

Baiklah cukup sekian 5 tips memulai bisnis travel rumahan yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat ya.

2 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Ide yang boleh dicoba juga nih, terutama buat yang tinggal di sekitar pedesaan yang masih sulit transportasi umumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya kak, saya tau betul rasanya tinggal di desa yang masih sulit mencari transportasi umum :D

      Hapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama