Bagaimana Cara Menawar Mobil Bekas ? Begini Resep Suksesnya

Daftar Isi [Tampil]
Cara menawar mobil bekas


Senangnya dalam hati kalau masa liburan sudah datang. Akhir tahun menjadi momentum yang ditunggu-tunggu untuk berlibur bersama keluarga. Apalagi bisa berlibur dengan mobil pribadi kita sendiri. Tetapi, bagaimana jika belum punya mobil pribadi? Direncanakan dulu yuk sini, salah satunya dengan membaca cara menawar mobil bekas pada artikel kali ini.

Tidak ada salahnya ketika kita membeli mobil bekas. Bukan berarti kita tidak mampu, bukan lo ya sob. Membeli baru atau bekas itu pilihan. Ada beragam pilihan yang mendorong kita untuk memilih satu dari dua hal tersebut.

Namun, alangkah baiknya jika dana yang kita miliki minim dan ingin segera membeli secara lunas, bisa pilih membeli mobil bekas saja. Gak perlu pusing lagi tuh mikirin cicilan perbulan, sisa uang membeli mobil bisa kamu alihkan dengan hal lainnya.

Oiya, jika sobat bingung mencari tempat untuk membeli mobil, bisa banget untuk mengunjungi Seva.id ya. Seva tempat mobil online menjual dua produk utamanya yaitu mobil baru dan mobil bekas secara mudah dan terpercaya.

Memilih mobil bekas juga tidak boleh asal pilih, di Seva kamu akan memperoleh layanan inspeksi mobil secara gratis. Jadi, layanan ini akan membantu banget untuk menilai mobil sebelum berpindah ke tangan pembeli.

Bagaimana Cara Menawar Mobil Bekas ? Begini Resep Suksesnya

Baiklah, mungkin sahabat Kuskus Pintar sudah penasaran apa saja sih cara menawar mobil bekas biar penjual jadi luluh gitu. Berikut tipsnya.

1. Siapkan Dana Dulu!

Tidak klop namanya kalo nawar tapi dananya gak ada. Nah, sebelum kamu melakukan penawaran kepada pihak penjual mobil, pastikan dulu dana untuk membeli mobil bekas sudah ada.

Paling tidak, jika kamu membeli mobil bekas dari teman atau saudaramu, perlu tahu dulu target harga berapa yang ia jual. Pastikan dana kamu tidak jauh dari harga si penjual tawarkan.

Samalah kayak emak-emak ke pasar, sebelum ke pasar nyiapin duit dulukan bro? Iyup, jadi kita mesti siapkan dana sebelum melakukan deal dengan penjual.

2. Tentukan Jenis Mobil Idamanmu

Layaknya membeli sebuah barang yang kita inginkan, pastinya kita perlu tahu jenis apa yang ingin dibeli. Ibarat mau beli HP, spesifikasi yang seperti apa yang kamu inginkan nah itu perlu ditentukan jauh hari sebelum melakukan tawar-menawar harga dengan penjual.

Bagaimana dengan membeli mobil bekas? Sama, kita perlu menentukan jenis mobil seperti apa yang ingin kita beli. Apakah mobil dengan muatan penumpang yang banyak atau minim penumpang? Apakah mobil yang hendak kita beli ini adalah mobil dengan bak terbuka di belakangnya? Yuk tentukan jenis mobil kamu sobat.

Selain itu, ada yang perlu diperhatikan juga seperti fitur di dalam mobilnya. Apakah ada AC, fitur pengaman Air Bag dan lain-lain. Jika kamu sudah tau jenis mobil apa yang ingin dibeli, maka coba cari harga pasarannya untuk jenis mobil yang kamu idamkan.

Mencari tahu harga pasarannya ini penting sebagai pengetahuan kamu. Jika kamu sudah punya pegangan harga pasaran, selanjutnya bisa menawarkan harga jauh dari harga pasarannya.

Baca juga: Jasa Pengiriman Logistik

3. Pergi dan Periksa Langsung Mobil itu

Tidak baik menawar dari jarak jauh, sedangkan kamu belum amat yakin dengan ucapan si penjual mobil. Tetapi, kalau di Seva.id memang mobil yang dijual sudah melewati proses penilian. Namun, apa jadinya jika beli mobil di teman sendiri atau orang lain?

Tentu kamu perlu pergi dan periksa langsung mobil tersebut. Ini merupakan cara menawar mobil bekas yang kedua yang perlu kamu ingat.

Atur jadwal sama si penjual untuk melakukan temu cek mobil. Jangan sungkan untuk mencoba Test Drive untuk calon mobil idaman kamu. Ajak si penjual untuk melakukan inspeksi pada mobil tersebut. Nah, di sini coba kamu cek secara teliti kondisi fisik dan mesinnya.

Jika mobil tersebut ternyata ada sedikit atau beberapa kerusakan, ini bisa menjadi langkah manis untuk kamu menawar harga lebih jauh lagi untuk memotong penawaran pertama tadi. Tetapi, selalu ingat untuk menawarkan harga yang logis. Nawar boleh, sadis jangan! Apalagi jika si penjual menjual mobilnya karena keperluan mendesak, duh gak tega rasanya kan.

4. Jika Tak Cocok, Cari yang Lain

Cara menawar mobil bekas yang terakhir ini adalah cara yang paling mentok. Iya, mau bagaimana lagi kalau sudah tak cocok? Tak cocok dari segi rupa si mobil atau tak cocok dari segi mahar mobil ehehee.

Atau yang lebih nyeseknya kalau sudah dipinang sama orang lain *Huaaaa aku ikut sedih deh.

Ketika membeli suatu produk itu sebenarnya kita suka cocok dan mencocokkan. Kalau cocok ya ayok kita beli. Jika tidak cocok, ya sudah tinggalkan cari yang lain.

Begitu pula dengan mobil bekas. Ketika kita ingin melakukan pencarian mobil idaman dengan beberapa list jenis yang sudah disiapkan, maka tentunya kamu akan melakukan seleksi. Jika cocok lanjut beli, jika tidak skip dulu. 

Penutup
Beli durian di rumah mbak Asih, cukup sekian dan terima kasih. Terima kasih kamu sudah membaca artikel mengenai cara menawar mobil bekas dari Kuskus Pintar. Jangan bingung, hantamkan saja :D

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post