Cara Cetak Kartu NISN Siswa dengan Mudah

Daftar Isi [Tampil]
Cetak Kartu NISN



Indonesia diwajibkan untuk sekolah 12 tahun, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Saya sendiri sudah melewati masa-masa tersebut. Bahkan saat SD saya pernah sekolah di tiga tempat. Tiap kali pindah, saya mesti menyesuaikan berkas sekolah termasuk cetak kartu NISN ini.

Baca juga:
$ads={1}

Pada kesempatan kali ini Kuskus Pintar akan membahas mengenai cara mudah cetak kartu NISN. NISN seperti kepanjangannya Nomor Induk Siswa Nasional. Jadi, kartu ini berguna sebagai tanda pengenal seorang siswa. Kartu NISN berisi kode unik yang berupa 10 digit angka.

Apa Aja Sih Arti dari Nomor di NISN Kita ?

Jika kamu penasaran 10 digit angka tersebut bisa kita analogikan seperti ini:
9993334444
999 = merupakan tiga digit tahun lahir yakni tahun 1999
3334444 = merupakan tujuh digit nomor urut yang dipecah jadi dua.
333 = pecahan pertama yang merupakan tiga digit pengelompokan dari kode unit
4444 = empat digit nomor urut yang merupakan pengelompokan dari 333 tadi.

Cara Cek Nomor NISN Siswa Via Online

Berikut adalah beberapa cara cek nomor NISN sebelum melakukan cetak kartu NISN. Pastikan sebelum dicetak nomor dan datanya sudah sesuai ya.
1. Buka link
https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama
(Copy Paste saja, beberapa waktu website suka maintenance harap bersabar).
2. Ketik Nama kamu, Tempat dan Tanggal Lahir, serta Nama Ibu Kandung kamu.
3. Selanjutnya, masukan Kode Captcha yang ada
4. Klik Cari Data, nanti akan muncul daftar NISN aktif siswa yang kamu cari.

Cara Cetak Kartu NISN dengan Mudah

Seingat saya dulu waktu sekolah cetak kartu NISN ini dilakukan oleh guru saya. Jadi, kami sebagai siswa duduk mantap dan tenang saja. Nah, apabila yang lagi baca artikel saya kali ini adalah ibu atau bapak guru, boleh banget untuk intip caranya di bawah ini.

Sebelumnya, kenapa sih kita perlu cetak kartu NISN ?

Iyup, kartu NISN berguna untuk memastikan kebenaran data kita. Apalagi saat ujian nasional (dulu maish ada, sekarang udah gak ada) suka dipinta fotokopi kartu NISN ini.

Manfaat lainnya juga bisa untuk melengkapi berkas-berkas persyaratan lomba, beasiswa, bantuan, dan lain-lain.

Sekarang mulai dari jenjang PAUD atau Taman Kanak-kanak sudah ada NISN. Dulu jaman 2005an, jaman saya TK belum ada NISN. Namun, saat ini bagi anak yang sudah belajar di PAUD sudah ada NISN nya.

Pastikan bahwa siswa sudah diberi katu NISN yang telah dicetak oleh sekolah. Cukup merepotkan jika setiap siswa disuruh mencetak sendiri hehe.

Ada berbagai cara untuk cetak kartu NISN seperti menggunakan aplikasi cetak khusus dan cetak online dari pemerintah.

Jika bapak atau ibu tengah mencari cara mudahnya, bisa ikut tutorial cetak kartu NISN lewat online di bawah ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan laptop atau komputer sudah tersambung dengan internet (ada koneksi WiFi tambah bagus).

2. Buka aplikasi browser untuk berselancar di internet. Bisa pakai Chrome, Firefox, Opera Mini, dan aplikasi lainnya.

3. Jika sudah membuka aplikasi browser, buka alamat berikut ini http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ (kadang kala suka maintenance, harap dicoba di beberapa waktu berikutnya).

4. Oiya, bapak atau ibu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu di PDSPK Kemendikbud karena dari situlah kita bisa cetak kartu NISN secara online dan mudah. Biasanya setiap sekolah sudah ada admin yang mengelola data informasi siswa.

5. Jika suda login ke PDSPK klik Menu Kartu. Jika ada perubahan data pada siswa, bisa gunakan menu Edit Data yang berfungsi untuk memperbaiki kesalahan data seperti Nama Siswa, Nama Orang Tua Siswa hingga nomor NISN.

6. Nah, kalau semua data sudah tidak ada perbaikan lagi, maka bisa langsung klik cetak kartu berdasarkan nama siswa yang ingin dicetak. Tak perlu menunggu waktu lama, cetak kartu NISN akan segera selesai.

7. Nanti akan muncul jendela pop up, tinggal klik saja tombol seperti ini >> lalu klik Download. File akan terdownload dan siap untuk diprint.

8. Selesai, kamu bisa logout untuk keluar dari platform Verval PD dari Kemendikbud tersebut.

Baiklah itu tadi cara mudah cetak kartu NISN lewat online dengan mudah ya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post