20+ Kesan dan Pesan untuk Guru PPL, Wali Kelas, Matematika

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Kesan dan Pesan untuk Guru
Kesan dan Pesan untuk Guru

Sekolah merupakan tempat kita belajar banyak hal. Eiitt, bukan hanya di sekolah, di manapun kita berada bisa mengambil banyak hal. Setiap kali selesai satu semester, banyak guru saya meminta untuk dibuatkan kesan dan pesan untuk guru yang mengajar.

Dulu sewaktu SD juga suka ada guru yang meminta hal demikian, apalagi guru wali kelas kita sendiri. Setelah 12 tahun lamanya duduk di bangku sekolah, nyatanya di bangku kuliah juga sering dipinta hal demikian

Kesan merupakan perasaan yang terasa atau terpikir setelah melihat, mendengar, merasakan sesuatu. Duh ribet ngejelasinnya.

Gini lo gaes maksud dari kesan itu, apa yang kita rasa akan sesuaut. Nah, dalam hal ini adalah kesan dari seorang guru. Apa yang kamu rasakan ketika diajarkan oleh Guru A atau Guru B.

Apalagi sewaktu SMA, 1 mata pelajaran bisa diisi oleh banyak guru. Begitu pula saat kuliah 1 mata kuliah ada banyak guru.

Tentu masing-masing guru punya karakter dan cara mengajarnya yang berbeda-beda.

Lalu, apa itu pesan? Setelah kita mengetahui apa itu kesan. Sederhananya, pesan ini ada setelah kita memperoleh kesan.

Misalnya, teman kamu sedang belajar membuat bakso. Kamu adalah kelinci percobaannya.

Kesan pertama yang kamu makan bakso adalah kurang asin. Lantas, kamu akan berpesan kepada temanmu, "Tambahin garem ini baksonya."

Yup, sesederhana itu membedakan antara kesan dan pesan. Kebetulan yang akan kita bahas kali ini adalah kesan dan pesan untuk guru.

Berikut beberapa contoh yang bisa kamu pelajari jika bingung membuatnya.


Kesan dan Pesan untuk Guru

Saat ingin menuliskan kesan untuk guru, saya sarankan kepada teman untuk menggunakan kata yang baik, tidak kasar, ataupun menggunakan kata-kata yang kurang berkenan di hati guru.

Boleh objektif dengan bercerita ada apanya, tetapi gunakanlah kata-kata yang baik agar guru kita tidak merasa sakit hati ataupun tersinggung.

Dulu, sewaktu saya SMA, ada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada mata pelajaran tersebut ada pelajaran membuat surat untuk guru. Surat tersebut berisi kesan dan pesan untuk guru Bahasa Indonesia saya. Bayangkan saja, saya bisa menuliskan 2000 kata lebih untuk guru saya tersebut tanpa menggunakan kata-kata yang kasar.

Saya bercerita mulai dari beliau mengajar, caranya mengajar, cara beliau memberikan tugas dan tantangan. Yup, banyak sekali yang bisa kita tuliskan. Saya rasa sobat ketika benar-benar mengikuti pelajarannya dengan baik pasti merasakan hal tersebut juga. Trust me.

1. Kesan dan Pesan untuk Guru SD

Bagi kamu yang masih duduk di bangku SD, mungkin agak sulit membuat kesan dan pesan untuk guru.

Padahal kamu bisa lo menuliskannya dengan mudah. Coba deh diingat-ingat lagi bagaimana cara gurumu mengajar, cara ia menjelaskan mata pelajaran, dan lain-lain.

Begini contoh kesan dan pesan yang bisa diikuti:

Contoh Kesan untuk Guru SD

Saya senang diajarkan sama Bapak. Bapak setiap memulai pelajaran suka sekali memberikan kami semangat. Bapak juga suka sekali membuat kami tertawa sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan.


Contoh Pesan untuk Guru SD

Sebenarnya saya sepenuhnya suka sama gaya bapak mengajar, namun ada beberapa materi yang kurang saya mengerti. Mungkin pak menurut saya sebelum ada ulangan, dijelaskan kembali materi-materinya. Terima kasih bapak.



2. Kesan dan Pesan untuk Guru PPL

Guru PPL adalah seorang guru dari sebuah institusi, biasanya seorang mahasiswa dari studi keguruan.

PPL adalah Praktik Pengalaman Lapangan. Artinya mahasiswa yang perlu terjun ke lapangan untuk mengajar di desa-desa.

Tentu yang mengajar ini adalah orang yang belum pernah mengajar secara resmi di sebuah sekolah. Nah, bagi adik-adik atau sobat yang bingung bagaimana kesan dan pesan untuk guru PPL, yuk baca contohnya di bawah ini.

Kesan untuk guru PPL

Saya senang sekali bisa berkenalan dengan kakak-kakak semua. Cara mengajarnya asyik sekali hehe. Saya suka sama permainan untuk anak sekolah yang diberikan, apalagi permainan yang tebak-tebakan asyik banget. Sama saya suka juga sama nyanyi-nyanyi saat ada yang mengantuk. Kami lebih diajak untuk belajar sambil bermain.

Pesan untuk guru PPL

Sedih kak, karena kakak mau pulang ke tempatnya masing-masing. Pesan saya kakak jangan lupa sama saya ya kak yang kemaren kasih kado kotak pink. Makasih kakak :)

Bagaimana sederhana sekali bukan kesan dan pesan untuk guru PPL di atas? Saya yakin kamu juga bisa lebih kreatif untuk menuliskannya.

3. Kesan dan Pesan untuk Guru PPL Matematika

Sewaktu SMA, saya ingat betul bahwa rata-rata guru PPL pasti mengajar Matematika. Aneh sekali, tapi ya itu yang saya ingat.

Lalu, mungkin kamu sedang kebingungan menulis kesan dan pesan untuk guru PPL Matematika ya? Tulis aja apa yang kamu rasakan saat si kakak sedang mengajar. Tentu dengan bahasa yang sopan. Berikut contoh kesan dan pesan yang bisa menjadi referensi untuk kamu.

Kesan untuk guru PPL Matematika

Saya senang saat diajar Kak Anton. Matematika itu sulit untuk dipelajari, tetapi kak Anton berusaha mengajarkan kami dengan pelan-pelan. Kakak juga ramah, ketika kami banyak tanya kakak gak marah. Terima kasih ya kak.

 

Pesan untuk guru PPL Matematika

Kakak kalau sudah pulan ke Jawa, jangan lupa kami ya kak. Senang sekali berkenalan dengan kakak. Saya suka kakak karena ramah sekali. Pesan yang ingin saya sampaikan kak, kakak kurang keras kalau mengajarnya. Mungkin karena orang Jawa itu halus ya kak hehe.

4. Kesan Pesan untuk Guru Tercinta

Dari banyaknya guru yang ada, tentu kamu punya satu atau dua guru yang menjadi favorit kamu. Guru tercinta, begitulah sebutan manisnya.

Bukan membeda-bedakan guru, bukan pula guru-guru lain yang tidak masuk dalam guru tercinta itu guru yang jelek. Gak loh ya, di sini kita semua cinta sama guru. Love love banget dahhh.

Guru yang mengajar kita dari SD bahkan mungkin PAUD. Ia dengan semangat memberikan yang terbaik.

Jika kamu bingung bagaimana menuliskan Kesan Pesan untuk Guru Tercinta, maka berikut ini adalah referensi untukmu. Simak yuk.

Kesan untuk Guru Tercinta

Ibu mengajar dengan penuh kelembutan. Bisa saya bilang ibu hampir menyerupai ibu kandung saya. Ibu mengajar bak terasa mengajar kepada anak sendiri. 


Pesan untuk Guru Tercinta

Pesan saya untuk ibu guruku tercinta, semoga sehat selalu ya bu. Semoga pahala menyertai ibu. Semoga segala ilmu pengetahuan yang diberikan menjadi ladang pahala buat ibu. Terima kasih untuk semuanya bu.


5. Kesan dan Pesan untuk Guru Bahasa Inggris

Saya sendiri punya kesan asyik sama guru Bahasa Inggris. Dulu saat SMP saya punya guru pelajaran IPA, lupa deh waktu itu kenapa beliau bisa ngajar bahasa Inggris.

Jadi, kamu disuruh beliau untuk menghafalkan Surah Al-Fatihah bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Yup, tiga bahasa cuy dihafalkan.

Kata beliau, dengan surah Al-Fatihah dalam bahasa Inggris sudah bisa menjadi pengantar atau pembuka sebuah pidato Bahasa Inggris.

Coba ingat-ingat deh, bagaimana guru bahasa Inggrismu mengajar. Adakah hal unik dan menarik? Disitulah kesan yang bisa kamu tuliskan.

Contoh Kesan untuk Guru Bahasa Inggris

Paket lengkap belajar Bahasa Inggris sama Bapak. Betapa tidak, saya belajar banyak kosa kata bahasa Inggris sekaligus belajar bahasa Arab juga. Cara penyampaian bapak juga menarik dan asyik. Siswa jadi gak ngantuk karena bapak tau kalau sudah ngantuk akan ada quiz kecil-kecilan hehe. Terima kasih pak.

 

Contoh Pesan untuk Guru Bahasa Inggris

Satu pesan yang mungkin bisa sampaikan pak. Tolong pak jangan ada ulangan mendadak, bikin senam jantung rasanya hihi.

6. Kesan dan Pesan untuk Guru Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional kita. Ouh tentu, bahasa Indonesia tidak sesimpel yang kita pikirkan. Buktinya saja bahasa Indonesia masuk dalam mata pelajaran wajib untuk dipelajari.

Belajar bahasa Indonesia itu penting, bayangkan saja jika tidak ada pelajaran bahasa Indonesia maka semua orang akan bingung untuk berbicara dengan orang lainnya yang beda daerah.

Apakah kamu ingin tahu kesan dan pesan untuk guru bahasa Indonesia? Berikut contohnya.

Kesan untuk Guru Bahasa Indonesia

Bapak itu orangnya itu peduli dengan siswa. Agamanya kuat, selalu mengingatkan kami sholat. Terus bapak itu suka melarang untuk murid pacaran di kelas. Di kelas bapak mengajarkannya dengan sederhana, padahal materi tersebut sulit. -Ira

Kesan untuk Guru Bahasa Indonesia

Semoga ilmu yang bapak berikan bermanfaat untuk kami dan semoga menjadi ladang pahala buat bapak. Terima kasih bapak.

7. Kesan dan Pesan untuk Guru Bahasa Indonesia #2

Saya mau menambahkan lagi nih untuk contoh kesan dan pesannya. Itu tadi contoh kesan dan pesan dari teman saya. Berikut ini contoh kesan dan pesan menurut saya.

Kesan untuk Guru Bahasa Indonesia

Saya sangat suka sekali dengan tantangan. Di kelas bapak, saya selalu menemukan tantangan. Mulai dari membuat antologi cerpen dan puisi, membuat pameran karya sastra, lomba menulis karya ilmiah, hingga membuat film. Jujur saja ini adalah tugas yang asyik sekali pak. Terima kasih.

Kesan untuk Guru Bahasa Indonesia

Walaupun banyak orang yang tidak menyukai tugas, saya tetap suka dan dengan senang mengerjakannya. Pesan yang bisa saya sampaikan kepada bapak, semoga tidak henti-hentinya melatih siswa dengan tugasnya asyik. Oiya pak, mungkin porsi deadline bikin filmnya dipanjangin, dua minggu mepet juga sih hehe. Selebihnya saya suka sama model pembelajaran bapak.


8. Kesan dan Pesan untuk Guru Wali Kelas

Waktu sekolah dulu dari SD hingga SMA, pasti ada yang namanya guru yang menjadi wali kelas. Apa sih gunanya wali kelas? Ouh tentu yang akan memberi perhatian lebih terhadap perkembangan siswa dan kelasnya.

Adakah kesan dan pesan untuk guru wali kelas yang ingin kamu sampaikan? Yuk baca contoh kesan dan pesan dari Kuskus Pintar.

Kesan untuk Guru Wali Kelas

Sudah satu tahun ibu menjadi wali kelas kami. Kesan yang begitu indah yang saya rasakan, walaupun pernah kena marah karena terlambat datang ke sekolah. Ibu adalah sosok ibu terbaik bagi saya. Ibu juga tak lelah untuk mengingatkan kami akan pentingnya etika terhadap guru, pentingnya untuk belajar kembali setelah materi. Ibu juga suka mengajak kami kumpul-kumpul bareng, kayak makan rujak kemarin asyik deh bu hehe.

Pesan untuk Guru Wali Kelas

Pesan yang ingin saya sampaikan, semoga ilmunya berkah ya bu dan menjadi pahala buat ibu. Rindu rasanya sama ibu kalau kami sudah lulus nanti. Terima kasih ibu.

9. Contoh Kesan dan Pesan Perpisahan Sekolah

Kesan dan Pesan untuk Guru
Kesan dan Pesan untuk Guru dan Sekolah


Ecieee jadi kangen sekolah deh nulis bagian ini hiks hiks.

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Sesuatu yang mutlak terjadi. Ya percaya atau tidak, begitulah hukum alamnya. Kamu datang ke sekolah untuk menimba ilmu, lalu bertemu dengan teman-teman. Kemudian, di penghujung waktu kamu akan menyelesaikan masa-masa sekolah itu lalu berpisah dengan mereka baik sekolah, guru dan teman-temanmu.

Beirkut ini contoh kesan dan pesan perpisahan sekolah yang bisa menjadi rujukan buat kamu.

Contoh Kesan untuk Perpisahan Sekolah

Sulit rasanya menuliskan kalimat perpisahan untuk sekolah ini. Tentu banyak kesan indah yang saya lalui selama bersekolah di sini. Saya sangat suka sama budaya "Satu orang, satu sampah" saat ingin masuk ke pintu gerbang sekolah. Dan senyum, sapa, salam selalu hadir dari keluarga besar sekolah ini. Saya juga sangat senang sekali punya kesempatan menjadi siswa di sekolah adiwiyata tingkat nasional ini. Teman-teman juga, senang bertemu dengan orang-orang beda daerah tetapi tetap satu dan tidak membanding-bandingkan antar daerahnya. I love you gaes ea. Terima kasih bapak dan ibu guru, serta kepala sekolahku yang cantik. Semoga ilmunya berkah dan bernilai pahala.

Contoh Pesan untuk Perpisahan Sekolah

Tiada pesan yang lebih indah, selain mendoakan. Semoga ibu dan bapak guru sehat selalu. Semoga teman-teman segera lanjut kuliah atau kerja di tempat terbaik masing-masing, dan semoga sekolah kita semakin melesat lebih baik lagi. Sukses selalu untuk semuanya.

Bagaimana, simpel sekali bukan untuk membuat kesan dan pesan perpisahan sekolah? Selama tiga tahun di SMA atau SMP pasti kamu punya pengalaman yang indah untuk dituliskan. Yuk coba diingat lagi.

10. Contoh Kesan Pesan Guru Sejarah yang Pensiun

Pensiun atau pindah tugas sering sekali terjadi di sekolah saya dulu. Apalagi pindah tempat mengajar, itu sering terjadi.

Bagaimana contoh kesan pesan guru sejarah yang pensiun ? Begini contohnya:

Contoh Kesan Guru Sejarah yang Mau Pensiun

Sejarah itu rasanya cukup membosankan ya bu, kadang kata orang belajar sejarah itu bikin mengantuk. Tapi, tidak saat ibu mengajar. Banyak orang mengidolakan ibu karena cara mengajarnya asyik. Saya suka dengan penjelasan ibu tentang sejarah kerajaaan. Saya juga ingat saat cerita Ken Dedes dan Ken Arok, ibu menceritakannya antuas sekali. Kami juga senang sekali mendengarkannya.

Berat rasanya mendengar kabar bahwa ibu ingin segera pensiun di tahun ini. Saya sedih sekali, rindu juga masa-masa di mana ibu mengajak kami menonton film sejarah di kelas. Rindu juga tentang tugas kelompok dari ibu yang sukanya debat antar teman itu bu. Ibu adalah sosok guru terbaik menurut saya.

Contoh Pesan Guru Sejarah yang Pensiun

Terima kasih ibu atas semua ilmu yang diberikan. Pengabdian ibu di sekolah ini sungguh luar biasa. Ibu juga yang menginisiatif untuk diadakannya komunitas pecinta alam, saya tau sewaktu muda ibu senang sekali menjelajah. Jasa ibu sangat besar untuk sekolah terbaik ini, semoga ilmu yang ibu berikan bisa berkah dan menjadi ladang pahala buat ibu.

11. Contoh Kesan dan Pesan Guru Agama

Guru Agama itu adalah guru yang menjadi salah satu guru tempat saya bercerita dan berkonsultasi. Guru yang asyik juga deh. Kalau gurumu bagaimana? Hayo, jangan bingung deh kalau disuruh buat kesan dan pesan. Sampaikan apa saja yang kamu rasakan.

Contoh Kesan untuk Guru Agama

Ibu mengajar dengan penuh kasih sayang. Saat kami salah ibu tidak akan tinggal diam, ibu akan mengingatkan kami di kelas. Bahkan jika ada masalah pribadi dari salah satu siswa, ibu juga mengingatkannya dengan tidak mengumbar masalahnya di ruang kelas tetapi dengan mengajak siswa tersebut secara 4 mata.

Ibu juga guru yang asyik saat mengajar. Ada banyak game yang ibu punya, sehingga setiap mata pelajaran ibu kami tidak bosan. Saya suka game lempar bola yang kalau baca surah dan ibu bilang berhenti, lalu si dia yang kena bola terakhir harus menjawab pertanyaan dari ibu. Tentangan yang luar biasa sekali.

Contoh Pesan untuk Guru Agama

Saya kagum dengan cara ibu mengajar. Saya yang terlalu lambat sebenarnya untuk menghapal ayat Al-Quran. Ibu tidak marah walaupun saya lambat. Semoga ilmunya berkah ya bu dan semoga kedepannya makin sukses bu. Saya akan ingat selalu pesan ibu untuk tidak melepaskan hijab setelah lulus dari SMA ini. Terima kasih ibu.

12+ Kata Kata Kesan dan Pesan Singkat

Berikut ada beberapa kata kata kesan dan pesan singkat yang bisa menjadi referensi buat kamu ya sobat.

#12 Kesan dan Pesan Singkat
Kesan: Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa sekolah di SMPN 3 Karya Jati.
Pesan: Raihlah cita-citamu setinggi langit ya sobat.

#13 Kesan dan Pesan Singkat
Kesan: Hari-hari saya menyenangkan karena ada banyak teman dan guru yang asyik.
Pesan: Semoga bisa ketemu lagi deh. Makasih semuanya.

#14 Kesan dan Pesan Singkat
Kesan: Keluarga yang receh. Saya setiap hari dapat asupan motivasi sama bapak Wali Kelas. Lov u pack.
Pesan: Janganlah MEMBERITAHU kepada orang yang bertanya kepadamu karena mungkin dia lebih suka TEMPE hehe.

#15 Kesan dan Pesan Singkat
Kesan: Guru-guru SMP 3 terbaik deh. Sangat sabar dan selalu membantu siswa-siswanya.
Pesan: Terimakasih bapak dan ibu guru untuk ilmunya. Maafkan jika saya suka telat ke sekolah dan bandelnya luar biasa. Saya akan memperbaiki diri untuk kedepannya. Terima kasih.

#16 Kesan dan Pesan Singkat
Kesan: Sekolah yang paling disiplin menurutku. Apalagi Pak Boy yang suka bawa cukur rambut kemana-mana.
Pesan: Dari sekolah ini saya belajar agar lebih menjaga penampilan. Ingat teman rambut harus rapi!

#17 Kesan Pesan Singkat
Kesan: Sekolah yang asyik karena ada banyak teman dan guru yang kece.
Pesan: Semoga saya masih bisa satu SMA sama Tata, Kiki, dan Mei.

#18 Kesan dan Pesan Singkat
Kesan: Sekolah yang the best sekali, walaupun banyak tugas dan PR. Ya itu memang capek, tapi semua terbayarkan karena dengan ilmu kita menjadi lebih tahu.
Pesan: Selalu ingat apa kata guru-gurumu sob.

#19 Kesan dan Pesan yang Singkat
Kesan: Saya suka menulis, di sekolah ini saya bertemu dengan komunitas KIR. Keren sekali dibimbing dari nol hingga saya berhasil ikut lomba nasional naik pesawat geratiiis.
Pesan: Terima kasih bapak dan ibu guruku yang kece, apalagi pembimbing KIR yang tak lelah mengajarkan kami.

#20 Kesan Pesan Singkat untuk Sekolah
Kesan: Puji syukur tak henti-hentinya saya latunkan ketika pertama kali masuk ke sekolah ini. Keren banget pokoknya.
Pesan: Terima kasih untuk keluarga besar SMAN 2 Sekayu, tempat saya bertumbuh menjadi lebih baik lagi.

20+ Kesan dan Pesan untuk Guru selama Belajar di Rumah

Selama hampir dua semester kita belajar di rumah melalui sistem online, tentu banyak suka dan dukanya. Nah begini kesan dan pesan untuk guru selama belajar online di rumah.

Kesan untuk Guru Saat Belajar di Rumah

Adanya pandemi bukan menjada halangan untuk ibu memberikan ilmunya kepada kami. Walaupun ada banyak hambatan saat melaksanakan kelas online seperti hilang sinyal, lampu mati, loading lemot dan lain-lain. Ibu dengan tulus dan sabar mengajar kepada kami.

Pesan untuk Guru Wali Kelas

Terima kasih ibu untuk ilmunya. Saya juga bingung mau kasih pesan apa karena ibu sudah baik banget hihi. Mungkin ke depannya ibu kurangi tugas merangkum untuk siswa dan lebih banyak ke prakteknya bu.


Demikian sobat Kuskus Pintar yang bisa saya sampaikan mengenai kesan dan pesan untuk guru. Semoga bisa bermanfaat ya. 

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Jadi ingat dulu saat diajar guru PPL hehe menyenangkan belajarnya banyak ketawanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama