5+ Kesan dan Pesan untuk Dosen yang Baik dan Santun

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Kesan dan Pesan untuk Dosen


Kuskus Pintar - Saat di penghujung semester, banyak dosen saya meminta untuk dibuatkan Kesan dan Pesan untuk Dosen. Saya paham betul hal demikian, karena sejak SMA saya sudah biasa membuat kesan dan pesan untuk guru baik guru mata pelajaran hingga guru sebagai wali kelas saya.

Sejak tahun 2017 saya sudah mulai duduk di bangku kuliah. Transisi dari masa putih abu-abu kemudian masuk sebagai mahasiswa dengan gaya pakaian bebas pantas. Iya, kampus saya tidak mewajibkan mahasiswanya memakai almamater saat di kampus. Kami boleh memakai pakaian yang bebas, dalam tanda kutip sopan dan ada batasan.

$ads={1}

Di dalam kelas juga demikian, tidak hanya soal penampilan, ada juga dosen yang memberikan segudang aturan di kelas yang mereka ajarkan. Aturan-aturan tersebut tak lain adalah untuk menertibkan kelas agar disiplin dan teratur.

Hal paling umum yang saya dengar adalah aturan untuk tidak terlambat datang ke kelas. Beberapa dosen memberikan toleransi maksimal keterlambatan 15 menit, lebih dari itu silakan tutup pintu dari luar (alias gak usah masuk aja ke kelas).

Suasana kelas secara offline atau tatap muka memang lebih mengasyikkan, aura anak kuliahannya itu dapet banget deh. Ketimbang di tahun ini (mulai dari 2020 hingga artikel ini ditulis 2021) kita masih menjalani kelas online via aplikasi room meet.

Kali ini Kuskus Pintar akan berbagi mengenai cara dan contoh memberikan kesan dan pesan untuk dosen. Yuk disimak ya sobat!

Kesan dan Pesan untuk Dosen

Sudah pasti saya sangat paham dengan tugas yang satu ini. Lebih tepatnya dosen meminta bantuan kepada mahasiswa untuk mengevaluasi mengenai pembelajaran, cara beliau mengajar, model pemberian tugas dan ulangan dan lain sebagainya.

Iya, dosen bisa berkaca terhadap tulisan kesan dan pesan untuk dosen dari mahasiswa. Seperti kita ini, saat ingin mengevaluasi diri cobalah untuk meminta teman dekatmu menceritakan apa kelebihan dan kekurangan dari dirimu (semacam kesan dan pesan juga sih jatuhnya).

Tips saat ingin memberikan kesan dan pesan untuk dosen biar gak lama mikirnya:
  1. Cobalah untuk flashback ke belakang mengenai cara dosen mengajar. Gak usah jauh-jauh deh cukup tiga bulan terakhir saat beliau mengajar. Rangkum bagaimana metode yang ia berikan, apakah metode mengajarnya bervariasi atau hanya ceramah doang. Nah itu bisa dipertimbangkan sebagai masukan kepada dosen untuk bisa lebih variatif.
  2. Ingat-ingat lagi juga cara beliau memberikan tugas, ulangan harian, UTS hingga UAS. Udah sesuai belum sama yang diajarkan di kelas? Udah sesuai belum sama silabus pas diberikan di awal. Apakah jenis ulangan yang mendadak? Yup, ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk kamu menulis kesan dan pesan untuk dosen.
  3. Aturan. Nah, barangkali kelas kamu terlalu ribut atau tidak kondusif karena dosen tidak menetapkan aturan di kelas. Ini juga bisa menjadi pesan kepada dosen.
  4. Bagaimana respon dosen terhadap mahasiswa yang ingin ikut aksi demonstrasi? Kan katanya mahasiswa itu agent of change setidaknya beri ruang kepada mahasiswa. Bolehloh dikasih dari sudut pandang hal begini.
  5. Sikap dosen. Tidak hanya mahasiswa yang terlambat, dosen juga begitu. Hal ini bisa menjadi masukan untuk dosen mengenai caranya berkabar atau memberitahu kepada mahasiswa kenapa ia terlambat atau kenapa tidak masuk. Bukan yang ngilang doang gitu loo. Ya tulis saja apa adanya tetapi tetap gunakan bahasa yang sopan. Kalau kamu jengkel sama dosen, tetap tahan bahasa kasar. Beliau adalah dosen kamu yang sudah rela memberikan ilmunya. Hanya saja memang beliau butuh intropeksi diri juga :D

Contoh Kesan dan Pesan untuk Dosen

Kesan dan Pesan untuk Dosen


Jika di paragraf sebelumnya saya sudah memberikan poin-poin apa saja yang bisa menjadi bahan untuk dituliskannya kesan dan pesan, maka selanjutnya saya akan memberikan contoh kesan dan pesan untuk dosen.

Sobat Kuskus Pintar bisa mengikuti contoh dari saya ini ya:

Kesan dan Pesan untuk Dosen Mata Kuliah Pancasila

Baiklah contoh pertama kita ambil untuk dosen mata kuliah Pancasila terlebih dahulu ya. Begini contohnya.

Contoh Kesan untuk Dosen Mata Kuliah Pancasila

Terima kasih ibu atas ilmu yang telah diberikan. Saya suka dengan cara ibu memberikan aturan, bahwa toleransi keterlambatan untuk mahasiswa maksimal 15 menit setelah kelas dimulai. Ibu benar-benar tidak mengijinkan mahasiswa masuk lagi jika terlambat. Ulangan yang diberikan juga sesuai dengan silabus atau bab-bab yang sudah dipelajari.

Contoh Pesan untuk Dosen Mata Kuliah Pancasila
Secara keseluruhan saya suka dengan pembelajaran di Mata Kuliah Pancasila. Hanya saja saya ingin memberikan masukan bu, kalau metode pembelajarannya bisa divariasikan lagi. Tidak terbatas hanya ceramah dan membuat makalah lalu presentasi saja. 

Kesan dan Pesan untuk Dosen Mata Kuliah PKN

Baiklah contoh kedua, mari kita fokus untuk contoh kesan dan pesan untuk dosen pada mata kuliah PKN. Begini sob contohnya.

Contoh Kesan untuk Dosen Mata Kuliah PKN

Pada saat pertama kali bapak masuk ke kelas, saya terpukau dengan tampilan milenial bapak. Tak seperti dosen PKN yang ada dibenak saya, bapak lebih mudah menjelaskannya materi dengan dihubungkan kondisi milenial saat ini. Ulangan juga saya sangat suka, bapak melihat dari cara kami menganalisis.

Bukan jenis ulangan yang tidak boleh buka buku yang biasanya rentan sekali mencontek. Saya kagum dengan bentuk ulangan yang diganti dengan tugas analisis ini. Analisis juga terkait fenomena yang terjadi saat ini. Kami juga dibuat lebih aktif karena bapak lebih menyukai jenis tugas lapangan, bukan text book saja.

Contoh Pesan untuk Dosen Mata Kuliah PKN
Terima kasih pak pengalaman mengajarnya. Saya cukup terkejut karena bapak suka menunjuk mahasiswa tiba-tiba untuk menjelaskan materi. Lebih dari itu saya senang belajar di kelas PKN A ini.

Kesan dan Pesan untuk Dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Kesan dan Pesan untuk Dosen


Baiklah contoh ketiga, membahas mengenai contoh kesan dan pesan untuk dosen pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Ini dia sob contohnya.

Contoh Kesan untuk Dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Ibu sangat ramah sekali mengajarnya, lembut juga penyampainnya. Beberapa materi dapat dengan mudah kami pahami. Saya senang mengikuti kelas yang ibu ajarkan di mata kuliah Bahasa Indonesia. Silabus juga ibu sudah berikan di awal dan pembelajaran berlangsung sangat terstruktur sekali sesuai silabus.

Contoh Pesan untuk Dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Terima kasih bu telah banyak memberikan materinya. Mungkin karena pembawaan ibu yang halus terkadang saya suka mengantuk bu, maaf ya bu. Kalau boleh saran bu sesekali untuk memvariasikan metode belajar sehingga tidak terus-menerus dengan metode ceramah.

Kesan dan Pesan untuk Dosen Mata Kuliah Akuntansi

Wah, cukup excited saya bikin kesan dan pesan untuk dosen mata kuliah Akuntansi ini. Betapa tidak karena saya adalah seorang mahasiswa Akuntansi. Berasa banget gitu feelnya eaa.

Contoh Kesan untuk Dosen Mata Kuliah Akuntansi

Terima kasih atas pengalaman yang berharga ini. Melalui mata kuliah Akuntansi yang bapak ajarkan, saya mengerti arti sebuah perjuangan di jurusan ini. Tidak hanya perjuangan, tetapi tentang ketelitian. Bapak adalah sosok dosen yang tegas dan saya suka itu. Walaupun banyak orang berkata bapak adalah dosen killer. Pembelajaran juga sangat terstruktur, tidak lompat-lompat sehingga memudahkan saya untuk mengertinya secara pelan-pelan.

Contoh Pesan untuk Dosen Mata Kuliah Akuntansi
Tidak banyak pesan yang ingin saya sampaikan pak. Tetaplah tegas seperti bapak biasanya. Saya hanya meminta untuk kita pindah ruangan karena kelas yang biasa kita gunakan terlalu kecil untuk mahasiswa yang banyak (kecuali kalau memang mahasiswanya sedikit). Ruangan seperti bioskop yang sering ditempati kami itu bagus pak, sehingga yang di belakang masih bisa melihat materi di layar monitor. Atau kalau boleh saran, kelasnya dibagi lagi menjadi beberapa kelas.

Pesan dan Kesan untuk Dosen selama Kuliah Online

Ini contohnya:

Contoh Kesan untuk Dosen Mata Kuliah Online

Tak banyak yang bisa saya katakan pak. Terima kasih yang sebesar-besarnya sudah rela sabar dan berbagi ilmunya kepada kami. Banyak sekali tantangannya, tetapi bapak tetap semangat mengajarkannya kepada kami.

Contoh Pesan untuk Dosen Mata Kuliah Online
Saya mohon maaf pak, kalau kemarin saya suka hilang sinyal. Kadang masuk dan keluar zoom ya, itu karena internet di tempat saya kadang suka jelek. Pesan untuk bapak semoga tetap semangat mengajarnya.

Kesan dan Pesan Selesai Kuliah

Ini contohnya:

Contoh Kesan Selesai Kuliah

Saya terkesan untuk pengalaman belajarnya. Jarang sekali ada dosen yang lebih menekankan pada praktek. Biasanya lebih ke teks. Tetapi, di kelas bapak saya memperoleh keduanya. Teori yes, praktek oke. Walaupun ada kendala dari kami, bapak tak ambil pusing. Terima kasih pak.

Contoh Pesan Selesai Kuliah
Kalau belajar sama bapak saya sangat senang sekali. Tetapi, pesan yang bisa saya sampaikan ini hanya terkait fasilitas di fakultas. Semoga bapak bisa menyarankan kepada pak dekan untuk segera melengkapi tools untuk belajar kita pak, biar makin kaya ilmu terutama untuk adik tingkat nantinya karna kami udah lulus hehe. 

Demikian contoh kesan dan pesan untuk dosen yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu. Semoga bermanfaat ya sobat sekalian.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama