Sebutkan Hakikat Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan

Daftar isi [Tampil]
Sebutkan Hakikat Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan


Sosiologi masuk sebagai mata pelajaran favorit saya semasa sekolah dulu. Sebenarnya ada banyak yang bisa dipelajari dari pelajaran yang satu ini. Pada kesempatan kali ini, Kuskus Pintar akan membahas dan menjawab pertanyaan mengenai "Sebutkan Hakikat Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan ?".

$ads={1}

Apakah kamu yang bertanya itu? Pasti iya tuh hehe.

Sewaktu SMA dulu, selayaknya anak remaja yang masih labil, saya juga labil memilih jurusan. Setengah rekomendasi menyuruh saya masuk IPA dan setengah lainnya ingin saya masuk IPS. So, ya aku kudu piye tho mas mbak mbah.

Cukup lama sekitar dua minggu setelah diputuskannya saya sebagai anak IPS, masa-masa galau berada di hati dan pikiran saya. Alhasil, buah dari galau dua minggu tersebut memantapkan hati saya untuk tetap berada di jalur anak sosial.

Pada akhirnya saya bertemu dengan mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sejarah Peminatan, dan Sosiologi.

Bayangkan saja, dalam seminggu saya memakan dua pelajaran sejarah. Sejarah Wajib dan Sejarah Minat. Sama halnya anak sains/IPA, mereka dimabuk dua mata pelajaran kembar yakni Matematika Wajib dan Matematikan Minat.


Saya kadang juga bersyukur karena tidak terlalu dimabuk angka, padahal saya suka sekali dengan Matematika. Ada sisi bersyukurnya juga sih, karena di IPS saya hanya bertemu hitung-hitungan di Ekonomi dan Matematika Wajib. Geografi ada juga sih tentang hitungannya tapi tidak banyak.

Balik lagi ke topik hari ini, saya ingin menjawab pertanyaan sobat tentang sebutkan hakikat Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan.

Sebutkan Hakikat Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan

Saya sudah melewati masa-masa Sekolah Dasar hingga SMA, sudah mempelajari banyak hal seperti Sosiologi, Ekonomi, Geografi dan lain-lain. Yup, terkhusus Sosiologi.

Sosiologi punya bab-bab materi yang bervariasi, mulai dari interaksi sosial, penyimpangan sosial, perubahan sosial, strata atau status sosial, penelitian sosial dan lain-lain.

Sebenarnya apa sih hakikat Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan ?  

Sebagai Ilmu Pengetahuan, Sosiologi punya beberapa sifat yang menjadi hakikatnya yaitu:

1. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan murni, bukan ilmu terapan.

2. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan abstrak. Kenapa dikatakan abstrak? Yup, karena Sosiologi mempelajari objek manusia seperti pola perilaku, fenomena di masyarakat, penyimpangan dan lain-lain.

3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan sosial, ilmu sosial, social studies. Sosiologi murni sebagai ilmu sosial bukan humaniora atau ilmu alam.


4.  Sosiologi mempelajari hubungan umum, interaksi antar manusia, dan gejala sosial. Namanya juga Sosiologi artinya memang yang dipelajari adalah ilmu umum bukan ilmu khusus.

5. Sosiologi sebagai ilmu punya sifat kategori yang punya maksud bahwa Sosiologi membatasi diri hanya pada yang terjadi di masyarakat.

6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang rasional. Artinya Sosiologi mempelajari hal yang benar-benar terjadi di masyarakat, sesuai fakta di lapangan, dan tidak menduga-duga ataupun berspekulasi.

7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum. Pada poin-poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Sosiologi mempelajari manusia. Artinya, apa yang dipelajari Sosiologi adalah hal umum terjadi di masyarakat.

Oiya, bagi kamu yang suka mempelajari banyak hal, saya punya rekomendasi situs belajar yang update informasi sesuai yang kamu inginkan. Bisa cek di sini >> Situs Pusat Ilmu <<

Demikian jawaban dari pertanyaan kamu tentang Sebutkan Hakikat Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama
Baca juga:
Konten Unggulan