Cara Belajar SBMPTN 1 Bulan (Tips Belajar UTBK)

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
belajar sbmptn 1 bulan


Sekarang tak perlu pusing lagi untuk belajar SBMPTN 1 bulan karena kali ini Kuskus Pintar akan berbagi mengenai beberapa tips yang bisa diikuti. Sebenarnya saat ini untuk tes masuk perguruan tinggi melalui SBMPTN sudah berubah sistem. Hasil yang kamu peroleh saat seleksi UTBK (seleksi untuk memperoleh nilai atau skor) inilah yang nantinya diikutsertakan dalam seleksi SBMPTN.

Baca juga:
$ads={1}

Tetap saja, penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti tes UTBK atau SBMPTN ini. Berikut Cara belajar SBMPTN 1 bulan yang bisa kamu ikuti.

Cara Belajar SBMPTN 1 bulan


1. Tentukan Target

Kamu bisa tanya-tanya terlebih dahulu kepada kakak tingkat mengenai skor yang ia ajukan di universitas yang sedang ia tempuh. Memang tidak bisa menjadi acuan bagi kamu dalam memasang target skor berapa yang kamu inginkan, tetapi hal ini bisa memacu semangat kamu untuk belajar lebih giat.

2. Kenali Siklus Belajar

Saat belajar, apalagi target kamu belajar SBMPTN 1 bulan harus mengenali siklus yang tepat. Misalnya, jam-jam belajar yang paling fokus buat kamu itu kapan saja. Apakah jam-jam pagi, siang, sore, atau malam. Beberapa orang bisa fokus belajar saat menjelang subuh, ia akan bangun jam 3 pagi untuk belajar SBMPTN hingga subuh.

Jadi, saya punya teman ia selalu tidur di awal waktu dan bangun dini hari untuk belajar karena baginya jam seperti itulah yang paling fokus untuk belajar.

Selain itu, ada pula teman saya yang belajar setelah lewat jam 10 malam. Katanya, sebelum jam 10 itu masih belum fokus belajar. Dengan mengetahui siklus belajar yang tepat maka kamu sudah memahami bagaimana cara belajar SBMPTN yang efektif karena kalau tidak efektif maka apa yang kamu pelajari hanya lewat begitu saja.

Baca juga: Sekolah Cambridge di Jakarta

3. Perbanyak Latihan dan Latihan

Mempelajari teori memang penting, tetapi latihan dan terus latihan tidak kalah penting. Setiap selesai belajar teori usahakan kamu juga mengisi latihan. Saat pengerjaan soal, lakukanlah semaksimal mungkin jangan intip-mengintip teori. Ketika sudah menyerah, barulah kamu intip cara yang benarnya seperti apa.

4. Perbanyak Ikut Try Out

Dulu saat pengumuman SNMPTN belum diumumkan, saya bahkan sudah memulai untuk mengikuti TRY Out untuk SBMPTN, Tes Politeknik, dan UN. Apalagi bagi kamu yang hanya punya waktu belajar SBMPTN 1 bulan. Jadwalkan waktu-waktu tertentu untuk ikut Try Out. Minimal dalam seminggu ada 2 kali kamu ikut Try Out, sehingga dalam 1 bulan ada 8 kali kamu tes Try Out. Kalau bisa sebanyak mungkin, tapi jangan sampai stres ya.

5. Belajar Berkelompok

Belajar sendirian itu gak enak sob, nah sebaiknya kamu membuat lingkaran belajar yang punya satu misi yakni goal SBMPTN. Kamu bisa saling membantu ketika ada pertanyaan yang sulit. Saling memecahkan soal, saling review materi hafalan dan lain sebagainya. Sesekali juga diselingi dengan istirahat dan kalau bisa belajar sambil menikmati pemandangan, misalnya belajar di ruang terbuka di wisata pinus (misalnya loo).

6. Tambah Asupan Belajar dengan Ikut Bimbel SBMPTN

Selain itu, jika dirasa belajar sendiri dan belajar bersama teman kurang cukup maka kamu perlu menambah asupan belajar dengan ikut bimbel SBMPTN. Belajar di bimbel biasanya akan ada prediksi soal yang masuk, ya walaupun tidak sama persis tetapi kamu akan punya bayangan soalnya.

7. Manage Waktu untuk Kesehatan

Penting banget, jangan lupa untuk memanage waktu untuk kesehatan kamu. Makan makanan yang teratur dan bergizi seimbang, tidur yang teratur, istirahat yang cukup, dan seimbangkan dengan waktu bersama keluarga serta bermain. H-1 ujian jangan belajar terlalu keras, takutnya nanti otak kamu overload dan malah mengganggu konsentrasi untuk menjawab soal di keesokan harinya.

8. Berdoa

Nah, cara yang terakhir ini jangan sampai dilupakan ya. Entah itu untuk UTBK, SNMPTN, SBMPTN, UN, UAS dan lain sebagainya perlu diiringi dengan doa.

Baiklah itu dia cara belajar SBMPTN 1 Bulan atau Tips Belajar UTBK yang bisa kamu ikuti ya sobat.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama
Konten Unggulan