Asyiknya Ikutan Kursus Data Science di Hacktiv8 Bootcamp

Daftar isi [Tampil]
Kursus Data Science
Kursus Data Science di Hacktiv8 Bootcamp

Saat ini, kebutuhan pengelolaan data science sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tentu saja, hal ini bisa dijadikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin belajar data science dan kelak menjadikannya sebagai profesi utama. 

Kalau kamu berminat, ada baiknya langsung ikut kursus data science yang berkualitas. 
Pemilihan kursus data science yang berkualitas, nantinya bisa meningkatkan kemampuanmu dalam memecahkan berbagai masalah terkait dengan data science. Beruntungnya lagi, kamu tidak butuh background pendidikan khusus untuk mempelajarinya. 

Perkembangan Data Science untuk Kemajuan Industri Digital

Kini, zaman sudah memasuki era Industri 4.0, Artificial Intelligence, Machine Learning, dan sudah muncul istilah data science. Khusus pada poin data science, belakangan mulai banyak perusahan yang sadar akan pentingnya penerapan data science serta menggunakan big data untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Data science sendiri, merupakan studi multidisplin yang di dalamnya mencakup berbagai bidang seperti matematika, teknologi informatika, strategi bisnis, dan statistika. Semua disiplin tersebut, ujungnya digunakan sebagai alat untuk menganalisa data. Di sini, peran seseorang yang belajar pemrograman Python sangat penting adanya.

Data science, nantinya bisa digunakan sebagai alat dan teknik untuk menemukan pola yang belum terlihat, mendapatkan informasi penting, dan untuk membuat keputusan bisnis. Kamu yang ingin belajar programming untuk pemula, bisa memulainya saat ini juga untuk mengambil peran dalam data science ini. 

Hal ini juga memunculkan kebutuhan perusahaan terhadap orang yang bisa menganalisis data serta menginterpretasikan data menjadi informasi yang menguntungkan. Apalagi sekarang, perusahaan harus memanfaatkan big data analytics yang akan sangat membantu perusahaan. 

Big data analytics akan membantu perusahaan untuk mencari peluang baru agar bisnis lebih cerdas, efisien, bisa memberikan kepuasan pelanggan, dan tentunya, mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Nah, kalau kamu mungkin berminat jadi seseorang yang bisa mengelola data, ada baiknya tahu tentang Bootcamp Hacktiv8.

Hacktiv8 Coding Bootcamp Pertama di Asia

Bootcamp Hacktiv8
Bootcamp Hacktiv8 Pertama di Asia

Jadi, sekarang sudah ada Bootcamp Hacktiv8 yang merupakan coding bootcamp pertama di Asia. Nantinya, ada banyak pengetahuan dan keterampilan baru yang bisa kamu dapatkan. Dan tentu saja, kamu bisa memiliki expertise dalam bidang data science dan menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan perusahaan. 

Ketika sudah punya ekspertasi, kamu bisa memilih berbagai jenis pekerjaan seperti data scientist, data analyst, business intelligence, financial advisor, dan juga research analyst. Jika berencana untuk mendalami tentang beberapa profesi di atas, langkah awal yang perlu dilakukan yakni sekolah coding di Hacktiv8.

Sebagai salah satu sekolah coding, ada banyak hal yang bisa kamu pelajari. Mulai dari fundamental Python, EDA dan visualisasi, practical statistics, sampai pada machine learning yang mana sangat dibutuhkan oleh perusahaan saat ini.

Dengan belajar pemrograman Python, nantinya kamu bisa menguasai dan bisa melakukan operasi aljabar linear yang merupakan salah satu disiplin ilmu dalam data science. Walaupun kamu pemula sekalipun, kamu tetap bisa belajar Python dengan sangat baik. 

Pasalnya, Hacktiv8 tak hanya didesain khusus bagi seseorang yang sudah jago dalam pemrograman. Namun juga didesain sebagai salah satu tempat belajar programming untuk pemula hingga sangat expert dalam bidang ini. Apalagi di dalamnya, kamu akan langsung diajari oleh orang yang sudah sangat ahli dalam pemrograman. 

Sebagai salah satu Coding Bootcamp terbaik dan pertama yang ada di Asia, sejak bulan Januari 2018, Hacktiv8 sudah bergabung dengan Council on Integrity in Results Reporting (CIRR). 

CIRR sendiri, merupakan suatu organisasi non-profit yang mengembangkan suatu sistem yang bisa digunakan untuk melaporkan, mendata, serta memeriksa keakuratan dari suatu laporan kelulusan dari coding bootcamp. Semua lembaga yang sudah tergabung dalam CIRR, wajib melaporkan hasil kelulusan setiap enam bulan sekali.

Selain itu, data yang ada juga harus memiliki dokumen pendukung. Metode ini, dilakukan untuk mencegah kecurangan serta penutupan fakta pada laporan kelulusan dari suatu coding bootcamp. 

Selain itu, CIRR juga menyediakan suatu sistem yang sudah terstandarisasi guna mengukur serta melaporkan kelulusan dari siswa. Standar yang digunakan oleh CIRR sangat jelas dan mudah bagi sekolah yang sudah mendaftar untuk mengimplementasikannya. 

Kursus Data Science
Kursus Data Science

Laporan dari CIRR, juga gampang dimengerti oleh murid. Selain itu, CIRR juga sangat lengkap dalam mendata murid yang sudah terdaftar. Lantaran Coding Bootcamp terbaik Hacktiv8 ini sudah terdaftar dan tergabung dalam CIRR, maka laporan CIRR yang diterima, bisa dilihat secara lengkap serta transparan. 

Dengan begitu, kamu yang mendaftar sebagai siswa, bisa yakin dan percaya terhadap keputusan untuk memasuki suatu coding bootcamp. Mungkin, sedikit Review Hacktiv8 ini sudah bisa memicu niatmu untuk ikut mendaftar pada coding bootcamp pertama di Asia ini.

Keunggulan Belajar Data Science di Hacktiv8

Coding Bootcamp terbaik
Coding Bootcamp terbaik

Sepertinya, Review Hacktiv8 masih kurang lengkap jika tidak menyertakan keunggulan apa saja yang dimiliki. Beberapa keunggulan ini, hanya bisa kamu dapatkan di coding bootcamp Hacktiv8 saja. 

1. Materi Terupdate

Keunggulan pertama yang dimiliki, yakni kamu bisa mendapatkan berbagai materi terupdate yang sudah dirancang khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri. Kurikulum khusus tersebut, dibuat dengan menggabungkan pola pikir desain serta skill teknis yang sangat diperlukan.

Secara garis besar, kurikulum atau silabus yang akan diperoleh di Bootcamp Data Science dari Hacktiv8 meliputi sebagai berikut:

Introduction Data Science

Pada bagian ini kita akan mempelajari dasar-dasar dari data science dan toolbox yang akan digunakan.

Pandas Class

Seperti namanya, kelas ini akan mempelajari tentang Pandas sebagai salah satu toolbox dalam mengolah data.

Sit in (phase 0 -2)

Pada bagian ini kita akan berkesempatan langsung belajar di kelas untuk menambah pengetahuan kita. Di kelas ini saya pernah dapat materi aljabar, terasa review pelajaran SMA lagi hehe.

Live Code Experience

Nah, di kelas ini nih yang menarik menurut saya. Kelas ini memungkinkan kita untuk menguji kemampuan selama di kelas data science. Kita akan menyelesaikan soal dan menjawabnya sesuai data yang telah diberikan.

Data Visualization

Belajar data science tanpa data visualization, kurang lengkap rasanya. Di kelas ini kita akan belajar tentang mengolah data kemudian divisualkan ke dalam tabel, grafik atau diagaram supaya menarik.

Streamlit Class

Pada materi ini kita akan mempelajari Streamlit sebagai salah satu toolbox dalam mengolah data dan menyimpulkan data.

Labs Experience

Di sini akan belajar langsung bersama tutor dalam menyelesaikan sebuah data untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Engineering Empathy Class

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kelas ini? Bakal belajar tentang Engineering? Ouh ternyata kita akan belajar tentang mindset di sini. Kita akan tahu mindset apa yang kita butuhkan untuk bisa terus berkembang, termasuk dalam mempelajari data science.

Milestone Mentoring and Presentation

Hampir mirip dengan live code, hanya saja di sini kita dikasih tantang untuk mengolah data hingga membuat visualisasi data tersebut. Menarik sekali pokoknya di bagian ini.

Career Session

Tidak hanya diberikan materi-materi saja lalu selesai. Tidak sobat, di Hacktiv8 kita akan diberi panduan untuk melamar pekerjaan mulai dari apa saja yang perlu disiapkan hingga tes wawancara secara langsung oleh mentor.

Meet Our Buddy

Ini nih yang menarik di Bootcamp Hacktiv8, kita akan bertemu dengan seorang buddy atau mentor dalam sebuah kelompok kecil. Kita boleh bertanya apapun kepada buddy tentang materi yang tidak kita mengerti saat di kelas.

Bahkan di Hacktiv8, kamu bisa kursus Full Stack Developer dengan cukup mudah. Nantinya, kamu akan diberikan materi secara lengkap mengenai pemrograman back-end, front-end, desain UI/UX, mengolah database, dan berbagai kebutuhan lain yang akan langsung dibimbing oleh tutor berkualitas. 

2. 1 On-1 Mentoring

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Hacktiv8, yakni 1 On-1 Mentoring. Nantinya, kamu bisa mendapatkan dua kali kesempatan per bulan untuk melakukan mentoring private dengan tutor dari kelas yang diikuti. Hal ini tentu sangat bermanfaat jika kamu ingin menguasai sesuai dengan lebih cepat dan mudah. 

Misalnya saja, kalau kamu butuh berbagai kemampuan untuk menjadi seorang full stack developer, maka kursus Full Stack Developer di Hacktiv8 bisa membuatmu memiliki berbagai ekspertasi tersebut dengan cara yang cepat. 1 On-1 Mentoring ini, sangat berguna untuk lebih mendalami dan mengatasi kesulitan dalam pembelajaran. 

3. Di Luar Jam Kerja

Sekolah Coding
Sekolah Coding

Tidak hanya itu saja, salah satu keunggulan yang dimiliki Bootcamp Hacktiv8 adalah jam belajar yang berada di luar jam kerja. Hal ini tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kamu yang pekerja aktif atau kamu yang masih punya jadwal kuliah di siang hari. Jika ingin mengambil kelas di luar jam kerja, silakan pilih kelas professional development program intro to programming.

Nantinya, waktu belajar yang diberikan yakni 16 jam sesi. Dalam satu minggu, ada dua sesi dari pukul 19.00 – 22.00 WIB. Wah sungguh hari-hari yang produktif sekali ya. Sayang tentu untuk dilewatkan, saya sendiri merasa sangat bersyukur pernah mencoba ikut Bootcamp Data Science dari Hacktiv8. Kalau kamu kapan? Hehe ditunggu.

4. Career Coaching

Selain beberapa keunggulan di atas, masih ada career coaching yang mana, kamu akan diajari membuat CV yang baik dan benar, menghadapi interview, atau melakukan negosiasi. Dengan begitu, kamu sudah bisa siap untuk melamar pekerjaan dalam bidang data science.

Demikian artikel tentang pengalaman ikut kursus data science dan alasan kenapa kamu harus banget ikutan Bootcamp Hacktiv8. Semoga bermanfaat.

18 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Aq pernah ambil satu jurusan disana. Lumayan bagus kelasnya

    BalasHapus
  2. Seneng banget bisa ikutan Hacktiv8 Bootcamp. Banyak ilmu baru tentang data science. Dan gak mau aslinya kita harus belajar juga karena kecanggihan teknologi yang sudah memasuki era industei 4.0, data science menjadi sangat penting. Dari data yang ada bisa menganalisa dan mengambil keputusan yang tepat.

    BalasHapus
  3. Sepertinya seru ya belajar coding gini. Aku dengar namanya aja dah keder duluan. Harusnya anak-anakku nih, sayangnya malah ayahnya yang suka coding tapi anak-anak nggak.

    Bagus ya bisa kursus di H1acktiv8 ini

    BalasHapus
  4. Bener banget nih, di era digitalisasi seperti sekarang ini kebutuhan data science jadi sangat penting yaa. Nah pas banget nih ada tempat kursus untuk mempelajari ini semua karena ke depannya semua akan dipelajari by data secara online yaaa...

    BalasHapus
  5. pengin belajar, mbak. Tapi kok masih ragu, takut duluan gitu ya.

    BalasHapus
  6. Belajar di coding bootcamp terbaik dan pertama di Asia ini tentu saja hasilnya tidak perlu diragukan. Cocok dengan permintaan dan minat masyarakat saat ini ya

    BalasHapus
  7. Enak bet yak emangg suasana belajarnya juga. Kayak kuliah "beneran" meskipun cuma trial class aku kemarin jugaa. Asli pengen mah belajar di sini kalau anak dah gede hahaha

    BalasHapus
  8. Seru yah ikutan kursus data science. Aku belum pernah sih tapi penasaran juga.

    BalasHapus
  9. Dulu pas kuliah pernah belajar pemrograman, sekarang udah lupa..hehehe
    Btw, aku jadi pengen belajar pemrograman lagi, coding2 gitu... Kedepannya pasti bermanfaat banget

    BalasHapus
  10. Skill data science, coding, programming emang jadi incaran dan peluang banget ya di dunia kerja sekarang dan masa depan, klo bisa scale up skill ini bisa ningkatin branding deh

    BalasHapus
  11. Asyik banget tuh kalo ada sesi belajar di luar jam kerja ya kak. Jadi kita masih bisa belajar tanpa ganggu kerjaan utama. Nah, pelatihan di Hacktiv8 ini bisa menambah porto kita. Pengajarnya juga keren2, apalagi sdh tersertifikasi CIRR, alias udh diakui oleh lembaga global. Wajib coba tuh kalo ingin punya ilmu baru. Apalagi data science banyak dibutuhkan perusahaan saat ini loh.

    BalasHapus
  12. Kemarin aku baca tulisan teman soal ini. Ternyata asik juga ya diikuti. Enggak seberat yang dibayangkan apalagi ketakutan di awal.

    BalasHapus
  13. menarik nih mba, bisa bantu bloger lebih paham soal data science meski aku kudet nih dengan istilah python dan sebagainya. kalau mau ikutan daftarnya kemana ya mba?

    BalasHapus
  14. wuah 16 jam sesi. mateng nih pasti. jadi penasaran pengin ikut juga. lumayan bisa mentoring private juga ya kak..

    BalasHapus
  15. Wow keren banget sih bootcamp ini. Gak sabar pengen ikutan!

    BalasHapus
  16. Mbak boleh spill biaya kursus disini tidak mbak?

    BalasHapus
  17. Aku naksir banget ini ingin suatu saat bisa ikutan bginian juga... semoga diberikan rejeki untuk itu :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama