Cara Cek Backlink Kompetitor di Ubersuggest dan Ahrefs

Daftar isi [Tampil]
Cara Cek Backlink Kompetitor
Cara Cek Backlink Kompetitor

Pengecekan backlink milik kompetitor memiliki banyak manfaat. Tapi, kalau kamu belum tahu cara cek backlink kompetitor, tentu sia-sia saja. Kamu tidak akan bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut. Agar tak bingung lagi, baiknya kamu simak artikel ini sampai selesai. 

Mungkin saja, kamu bisa dapat cara yang cespleng dan manjur untuk cek backlink. Dengan begitu, manfaat pengecekan backlink kompetitor seperti bisa mengamati, meniru, lalu memodifikasinya bisa kamu lakukan. Apalagi kalau yang kamu amati merupakan website yang sudah terkenal. 

Kalau sudah tahu backlink yang dibangun, kamu bisa menjadikannya sebagai ide untuk membangun backlink milikmu sendiri. Jika meniru atau memodifikasi terdengar kasar, mungkin kata yang paling tepat dan halus yakni menjadikannya referensi untuk backlink websitemu sendiri. 

Penasaran dengan cara cek backlink kompetitor? Monggo cek ulasan tentang beberapa cara dan langkah yang bisa kamu lakukan. 

Cara Cek Backlink Kompetitor di Ubersuggest

Selain bisa mendapatkan referensi kompetitormu mendapatkan backlink dari mana saja, kamu juga bisa mengetahui bagaimana strategi kompetitor ketika menanamkan backlink-nya. Tak hanya itu saja. Kamu juga dapat melihat anchor text yang mereka gunakan. 

Nah cara cek backlink kompetitor, sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja, kamu harus menggunakan beberapa tools khusus. Salah satunya adalah Ubersuggest. Selain bisa lebih mudah, penggunaannya juga gratis. Jika kamu penasaran bagaimana mengecek backlink dengan Ubersuggest, begini langkahnya: 
  1. Silakan buka website Ubersuggest. 
  2. Kemudian, ketikkan domain milik kompetitor pada kolom pencarian. Setelah itu klik Search. 
  3. Pilihlah opsi Backlink. 
  4. Lalu, lihatlah beberapa hasil pencarian. Di sana ada page score, domain score, anchor text, link type, last seen, dan juga first seen. 
Dengan beberapa informasi yang ditampilkan, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat. Kamu bisa meniru atau memodifikasinya untuk membangun strategi dari website milikmu sendiri. Setidaknya, terdapat beberapa informasi yang bisa didapatkan. Beberapa di antaranya yakni:
  • Forum yang membuat kompetitor mendapatkan backlink. 
  • Arah page backlink. 
  • Link type yang paling dominan dipakai. 
  • Anchor text paling banyak digunakan. 
  • Website dengan DA/PA berapa yang merupakan sumber backlink website kompetitor. 
Dengan data yang kamu dapatkan dari kegiatan cek backlink blog tersebut, tentu saja kamu sudah bisa membuat strategimu sendiri. Entah dengan menggunakan anchor text tertentu, atau masuk ke mencoba untuk menggunakan link tape yang paling banyak digunakan oleh kompetitor. Dengan begitu, website kamu bisa jadi lebih baik. 

Tapi, ini baru satu cara cek backlink kompetitor yang pertama saja. Masih ada yang kedua. Jadi, backlink tak melulu bisa dicek melalui Ubersuggest saja. Jika ingin uraian yang lebih lengkap, kamu bisa mendapatkannya pada bagian setelah ini. 

Cara Cek Backlink Kompetitor di Ahrefs Gratis

Selain menggunakan Ubersuggest, kamu juga bisa menggunakan Ahrefs. Tenang saja, Ahrefs juga merupakan tool backlink gratis yang bisa kamu gunakan. Namun, mungkin caranya sedikit berbeda dengan pengecekan pada Ubersuggest. Kalau kamu penasaran, silakan simak beberapa langkah berikut ini: 
  1. Pertama, silakan masuk dulu ke website Ahrefs-nya. Copy paste link ini: https://ahrefs.com/backlink-checker
  2. Eh kalo gak bisa di-copas, silakan search kata kunci "Ahrefs Backlink Checker" di Google. Lalu, klik yang website punya ahrefs ya.
  3. Setelah itu, kamu harus memasukkan link website milik kompetitor pada kolom pencarian yang disediakan. 
  4. Kemudian, kamu bisa mengklik opsi Check Backlink. Jangan lupa memberikan ceklis pada captcha yang ditampilkan. 
  5. Setelah kamu memberikan ceklis, maka laporan atau informasi backlink yang tertuju pada website kompetitor akan muncul secara lengkap. 
  6. Sama seperti di Ubersuggest, kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai link type, anchor text, arah page backlink, dan lain sebagainya.
Kalau kamu menggunakan cara cek backlink kompetitor dengan cara di atas, maka informasi lengkap mengenai backlink kompetitor bisa kamu dapatkan. Silakan olah beberapa data yang kamu dapatkan dengan menjadikannya strategi yang unik bagi website milikmu. 

Itupun jika bisa. Kalau tidak bisa, langsung tiru saja tanpa modifikasi. Eh kita sebut sebagai referensi backlink ya hehe. Mungkin itu akan cukup membantu dalam mengembangkan website ataupun blog pribadimu. Ada satu fitur yang menarik untuk digunakan jika kamu memilih Ahrefs untuk mengecek backlink milik kompetitor. 

Fitur tersebut yakni dofollow dan nofollow. Kalau kamu memilih dofollow, maka kamu bisa langsung menerapkannya pada website pribadimu karena backlink jenis ini yang diakui oleh Google.
Lantas apakah nofollow ditinggalkan saja? Tidak juga, backlink jenis ini bisa digunakan sebagai penyeimbang biar Google gak marah karena pilih kasih pas nanem backlink *Canda Google hihi. 

Selain dengan meniru dan menanam sendiri backlink dari hasil contekan website kompetitor, kamu bisa sedikit lebih bergaya dengan menggunakan jasa backlink dari Data Seo.

Siapa sih Data Seo ini? Dia adalah sebuah website penyedia layanan jasa backlink gratis dan berbayar. Iya, ada versi gratisnya juga lho. Gak percaya? Silakan merapat ke website https://www.dataseo.co.id ini ya. Backlink yang mereka tawarkan adalah jenis backlink PBN yang punya otoritas dan riwayat backlink yang bagus. Cocok banget untuk kamu yang ingin mendongkrak website ke halaman pertama Google. Yuk jangan tunggu nanti-nanti.

Semoga sedikit informasi tentang cara cek backlink kompetitor ini bisa membantumu.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama