7 Cara Belajar Online Saat Pandemi yang Asyik

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Belajar Online Saat Pandemi


Cara belajar online saat Pandemi penting untuk divariasikan agar anak tidak bosan. Ada apa saja? Baca artikel ini sampai tuntas ya sobat Kuskus Pintar.

Saat ini pemerintah sedang berusaha untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19. Wilayah dengan status zona merah semakin bertambah banyak seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang dan lainnya.

Wilayah-wilayah yang berada di zona merah masih tutup aktivitas di sejumlah bidang, satu diantaranya sekolah dan instansi pengajaran. Akibat adanya penutupan ini, membuat aktivitas belajar mengajarkan harus dilaksanakan dengan mekanisme Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Bukannya berasa suka karena umumnya rumah jadi tempat untuk istirahat, sepanjang wabah Covid-19 ini rumah justru jadi tempat belajar dan sekolah lewat virtual. Jadi, tidak bingung bila beberapa atau bahkan juga banyak pelajar yang mulai rasakan kebosanan. Tetapi, kamu tidak perlu cemas, berikut ada banyak panduan yang dapat kamu aplikasikan supaya aktivitas belajar dalam rumah tidak menjemukan.
cara belajar online saat pandemi

Cara Belajar Online Saat Pandemi

Akibat dari seringnya belajar dari rumah, kita menjadi bosan. Oleh karena itu, yuk baca cara belajar online saat pandemi agar kamu tetap semangat.

1. Pilih Tempat Belajar yang Nyaman

Karena imbas dari wabah Covid-19 ini, sementara tempat belajar kamu saat ini bukan di sekolah kembali. Hampir delapan bulan, kamu wajib melakukan aktivitas Evaluasi Jarak Jauh (PJJ) atau belajar dalam rumah untuk kurangi penebaran virus itu.

Nah, supaya kamu tidak jemu saat belajar dalam rumah, kamu dapat cari tempat nyaman dalam rumahmu untuk diganti jadi tempat belajar. Di samping itu, kamu bisa juga manfaatkan tempat teras dan podium rumahmu untuk belajar. Tetapi, bila kamu semakin nyaman belajar dalam dalam kamar, karena itu beri sedikit peralihan dengan mendekor meja belajarmu supaya kamu lebih semangat belajar.

2. Beri Video yang Memikat

Alternatif yang lain bisa orangtua kerjakan dengan memberinya sang kecil media edukasi yang memikat seperti memutarkan video. Cara yang satu ini terbukti ampuh untuk mengajak anak lebih fokus saat belajar.

3. Pakai Teknik Belajar yang Sesuai

Di periode wabah Covid-19 ini, salah satunya permasalahan yang terkait dengan Evaluasi Jarak Jauh ialah jumlahnya pekerjaan yang di beri oleh guru. Kadang untuk menuntaskan pekerjaan itu, kamu sampai harus bergadang. Untuk menanganinya, kamu perlu ketahui lebih dulu seperti apakah type belajar kamu. Apabila sudah tahu, pilih tehnik belajar yang dapat membuat kamu nyaman saat belajar. 

Ada beberapa tehnik belajar efisien yang dapat kamu kerjakan, misalkan tehnik pomodoro, olahraga, dan Feynman.

Sebetulnya satu perihal yang penting kamu lihat saat belajar ialah tidak boleh terdiam pada saat yang ada. Aplikasikan pola pikir jika belajar itu membahagiakan tak perlu dicari waktu. Dibanding pikirkan waktu sebaiknya kamu konsentrasi pada materi yang bakal kamu dalami.

4. Lakukan Refreshing Diri

Refreshing yang diartikan di sini bukan jalanan ke arah tempat rekreasi, lho, ya. Tetapi refreshing yang sudah dilakukan tak perlu keluar dari rumah, misalkan dengan meditasi atau coba beberapa hoby baru. Salah satunya faedah dari meditasi ini ialah bisa kembalikan keadaan badan dan pemikiran supaya jadi lebih fresh.

Mengajak anak kamu untuk patuhi agenda belajar yang sudah diputuskan untuk mempertingkat keterdisiplinan dan membuat rutinitas baik. Tetapi, jangan memaksakan bila dia kelihatan capek, karena ini akan membuat anak kehilangan ketertarikan untuk belajar. Karena itu, istirahat sesaat untuk kembalikan keceriaannya, selanjutnya mengajak kembali meneruskan kegiatan belajar yang terlambat.

Baca juga:

5. Belajar dalam Ruang Terbuka

Cara belajar online saat pandemi yang kelima yaitu belajar dalam ruang terbuka. Rutinitas belajar dalam ruang tidur atau meja belajar bisa mengakibatkan anak berasa jemu. Karena mereka berasa bertemu dengan hal sama berkali-kali. Halaman samping atau teras menjadi alternatif lokasi belajar. Panorama yang luas bisa memberinya situasi baru yang membahagiakan dan tumbuhkan semangat belajar baru.

6. Belajar Sekalian Bermain

Langkah belajar yang monoton dengan hadapi timbunan buku akan membuat anak jadi lebih gampang capek. Karena itu, orangtua bisa mengakali ini dengan ajak mereka bermain. Misalkan pada evaluasi penjumlahan dan pengurangan dalam matematika, orangtua bisa memakai beberapa barang yang ada disekitaran untuk jadi peraga.

7. Memperbanyak Praktek

Orangtua, teori yang kebanyakan akan membuat buah kesayangan berasa jemu belajar. Sebaiknya, mengajak mereka lakukan praktek simpel di dalam rumah. Misalkan, saat ibu/bapak mengajarkan mereka peralihan wujud dan bentuk benda, meminta mereka membuat sirup lalu peti-eskan di freezer. Atau dapat ajak mereka menjemur es balok atau cokelat untuk menyaksikannya mencair.

Nah, begitu teman-teman cara belajar online saat pandemi yang asyik.

Akhir Kata

Bagaimana, saat ini kamu sudah tahu, ‘kan, apa Tips Belajar Online Saat Pandemi. Pakai tips itu sebagus mungkin dan janganlah lupa untuk mengoptimalkan belajarmu. Melalui beberapa ribu video belajar beranimasi yang bisa menolongmu untuk pahami ide/teori secara detail dan ditolong oleh beberapa ribu latihan masalah!

Guest Post oleh: Ihsan

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama