5+ Akibat Membuang Sampah Sembarangan di Sekolah

Daftar Isi [Tampil]
Akibat Membuang Sampah Sembarangan di Sekolah


Pernah gak sih kita merasa gak nyaman saat ada orang membuang sampah sembarangan di sekolah? Ouh tentu jelas, selain itu ada banyak lagi akibat membuang sampah sembarangan di sekolah.

Kali ini Kuskus Pintar akan mengupas beberapa akibat saat kamu membuang sampah sembarangan di sekolah. Simak sampai artikel ini habis ya sobat pintar!

Dampak Membuang Sampah Sembarangan Bagi Orang Lain

Hidup di tempat bersih adalah dambaan bagi kita semua. Ada pepatah yang bilang kalau kamu mau dihargai oleh orang lain, maka kamu juga perlu menghargai orang lain terlebih dahulu.

Begitu juga perihal kebersihan. Kalau mau lingkungan bersih, maka mulai dulu dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Kita tidak tahu, bagaimana satu sampah bisa berdampak bagi orang lain.

Satu orang satu sampah membuang secara sembarangan. Bayangkan jika ada 1000 orang yang membuang sampah, maka ada 1000 sampah yang tercecer sembarangan. Sampah-sampah ini bisa berdampak besar ketika terjadi penumpukan. Apa akibatnya? Salah satunya adalah banjir.

Kalau buang sampah di sekolah bagaimana? Apakah ada akibat membuang sampah sembarangan di sekolah? Tentu ada, berikut kita akan membahasnya.

Akibat Membuang Sampah Sembarangan di Sekolah

Dulu saat sekolah di jenjang SMA, sekolah saya punya iklim "Satu orang, satu sampah."

Jadi, ketika ada siswa yang masuk gerbang mereka perlu memungut sampah lalu memasukkannya ke dalam tong atau kotak sampah yang sesuai.

Apalagi bagi mereka yang telat datang ke sekolah, maka salah satu hukumannya adalah dengan memungut sampah.

Lalu, bagaimana akibat membuang sampah sembarangan di sekolah? Berikut beberapa akibat yang akan ia peroleh menurut pengalaman dan pengamatan saya.

1. Lingkungan Menjadi Kotor

Akibat pertama yang bisa terjadi ketika kamu membuang sampah di sekolah adalah lingkungan menjadi kotor. Lingkungan yang kotor membuat kita tidak nyaman untuk menempatinya. Bayangkan saja ketika ada sampah yang menumpuk di sudut kelas, pasti sungguh meresahkan. Apalagi jika sampah yang bertumpuk adalah sampah basah, bekas makanan, maka baunya akan menjadi tidak sedap.

2. Lingkungan Jadi Tidak Sehat

Lingkungan kotor maka akan berefek pada lingkungan menjadi tidak sehat. Akibat penumpukan sampah lingkungan menjadi kotor. Nah, sampah-sampah yang membuat kotor ini akan mengundang banyak bakteri jahat. Lalu, dari sampah yang kotor itu akan menimbulkan banyak penyakit seperti bisa memunculkan nyamuk DBD (Deman Berdarah). Dan penyakit lainnya.

3. Kena Marah Bapak/Ibu Guru

Ketika kamu ketahuan membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah, lalu guru kamu melihatnya ya pasti bakal kena marah. Ketika kamu kena marah, paling kecil dapat teguran. Tetapi, ada juga guru yang malah memanggil kamu untuk dikasih sanksi.

4. Kena Denda

Ada beberapa sekolah yang menerapkan denda ketika melihat dan melaporkan teman yang membuang sampah sembarangan. Nah, ini akibat membuang sampah sembarangan di sekolah yang cukup menguras kantong. Misalnya satu sampah dikenai denda Rp5.000. Lumayan gitu lho, ketika kita bisa melaporkan ada 2 orang siswa yang membuang sampah sembarangan. Kamu akan dapat uang 10 ribu hehe. Tetapi, ada juga yang malah langsung memungut sampahnya kembali ketika ketahuan.

5. Membahayakan Orang lain

Wow, ini cukup jauh sekali pemikirannya. Lho, kok bisa gitu dengan membuang sampah bisa membahayakan orang lain? Bisa banget sob. Begini ceritanya. Ketika lu buang sampah berupa daun pisang, lalu dibuang sembarang di atas lantai keramik.

Nah, ada yang lewat dan tidak sengaja menginjaknya, teman lu itu bisa jadi terpeleset lalu jatuh. Paling ringan cuman sakit saja, tetapi tidak ada yang tidak mungkin ketika teman kamu malah jatuh giginya lepas dan berdarah. Bisa juga melukai bagian tubuh yang lainnya.

6. Bisa Jadi Banjir

Akibat yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, tetapi bisa menyumbang bahaya besar adalah terjadinya banjir. Banjir hari ini bisa saja terjadi karena seorang siswa membuang sampah sembarangan 10 tahun yang lalu.

Seperti logika yang saya jelaskan, satu orang membuang sampah sembarangan. Ketika ada 1 juta orang maka ada 1 juta sampah yang dibuang. Dan ya sampah-sampah ini yang menyumbang penyebab terjadinya banjir. Yuk, mulailah membuang sampah pada tempatnya.

Demikian 6 akibat membuang sampah sembarangan di sekolah yang bisa saya sampaikan, jaga selalu lingkungan kamu ya sobat. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Halo, kak. Salam kenal ya. Jadi ingat dulu pas jaman masih sekolah kalau harus selalu menjaga kebersihan ruang kelas dan sekitarnya. Kebersihan itu memang penting dan bukan hanya saat di sekolah aja sih. Ada baiknya memang memang selalu berusaha membuang sampah pada tempatnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama