25+ Contoh Pantun Pendidikan Buatan Sendiri

Daftar Isi [Tampil]
Contoh Pantun Pendidikan Buatan Sendiri
Contoh Pantun Pendidikan Buatan Sendiri

Baiklah pada kesempatan kali ini masih menyambung tentang kumpulan pantung yang akan Kuskus Pintar bagikan. Jika sebelumnya sudah ada Pantun Bahasa Palembang, Pantun Bahasa Kerinci Jambi, dan lainnya, maka kali ini kita akan bahas contoh pantun pendidikan buatan sendiri alias pantun pendidikan buatan GUE eaa.

$ads={1}

Kenapa sih ada aja yang searching di Google dengan kata kunci "Contoh pantun pendidikan buatan sendiri" ? Heran sih saya😂

Gini lo sob, masku dan mbakku yang pintar. Jadi, jika kamu ada tugas tentang membuat pantun pendidikan buatan sendiri, buat aja sebisamu. Percayalah bikin pantun itu asyik banget, apalagi berbalas pantun dengan si dia *eh.

Saya yakin sobat intelektual sekalian sudah tau pantun dan mungkin sedang bingung saja isi pantun yang akan dibuat ya?

Iya atau iya? Saya anggap kamu sedang menganggukkan kepala untuk mengatakan sepakat.

Pantun bukanlah sebuah barisan tulisan ilmiah yang perlu data akurat, tidak sob. Pantun juga bukan narasi manis wartawan di koran-koran, bukan juga itu. Pantun hanyalah bait-bait kalimat yang sederhana, berisikan pesan yang ingin kita sampaikan. Sebuah karya sastra lama, dikatakan fiksi juga bisa jadi dan dikatakan non fiksi juga bisa jadi.

Pantun bergantung pada niat si pembuatnya. Mau dibawa kemana pantun itu, ya balik lagi ke si pembuat.

Contoh Pantun Pendidikan Buatan Sendiri

Pengen tau contoh pantun pendidikan buatan gue ya? Sini saya kasih contoh biar kamu gak pusing lagi. Contoh lo ya, nanti dikembangin sendiri hehe.

Sebenarnya saya juga nyontek ke sebelah, tapi bedanya saya dengan para penyontek lainnya adalah saya menggunakan teknik amati, tiru, lalu inovasikan (Ciee pasti nebak ATM ya).

Beberapa contoh pantun pendidikan buatan sendiri lahir melalui pengalaman. Kita bisa mempelajari tentang berbagai pengalaman yang kita punya. Percayalah kata pendidikan tidak selalu dicirikan dengan pendidikan di sekolah.

Kita bisa membahas mengenai pendidikan di luar sekolah seperti pendidikan yang diterapkan di rumah kita oleh orang tua kita, pendidikan yang kita peroleh dari guru tempat kita belajar mengaji, pendidikan bermasyarakat, bahkan pendidikan sesama teman bisa kita ambil hikmahnya dan dirangkai menjadi pantun.

Baiklah tanpa memperpanjang basa dan basi, mari simak contoh pantun pendidikan buatan sendiri dari mimin Kuskus Pintar.


5 Pantun Pendidikan Sekolah Buatan Sendiri

Pergi ke sekolah ketemu enyak
Lagi duduk manis sambil makan
Percuma saja punya ilmu banyak
Kalau tidak pernah kamu amalkan

Ikan sarden sambel ikan teri
Dimasak buat kita makan
Carilah ilmu bukan sekadar mencari
Cari ilmu lalu amalkan

Pergi ke pasar membeli baju baru
Baju baru dibungkus untuk kamu
Hormatilah bapak dan ibu guru
Telah susah payah memberi ilmu

Setiap orang pasti pernah salah
Jangnlah menangis sambil berderu
Kalau sekolah bukan sekadar sekolah
Duduk manis dengarkan guru

Lampu kuning sedang berpijar
Berpijar menerangi ruangan
Selagi sekolah fokuslah belajar
Jangan berpacaran tidak karuan

Demikian 5 contoh pantun pendidikan buatan sendiri sesi pertama. Masih ada pantun-pantun berikutnya. Cek terus hingga artikel ini habis ya sobat.

5 Contoh Pantun Pendidikan Karakter Buatan Gue Sendiri

Contoh Pantun Pendidikan Buatan Sendiri
Contoh Pantun Pendidikan Buatan Sendiri

Bagaimana? Dari 5 contoh pantun pendidikan sebelumnya, saya rasa kamu sudah punya ide menulis pantun. Pantun buatan sendiri tentu lebih bernilai ketimbang kita copy paste punya orang lain.

Jika 5 pantun pendidikan yang sudah say buat sebelumnya masih kurang, ini masih ada 5 contoh pantun pendidikan karakter. Cekidot...

Pak abdul anaknya pak somat
Pergi kondangan tak pernah bawa undangan
Kepada orangtua kita hormat
Kepada guru di sekolah juga demikian

Berkunjung sebentar ke kantor camat
Lalu pulang nonton film cavlin
Kepada guru kita hormat
Tak pernah nakal selalu disiplin

Pagi-pagi Reskia pakai lulur
Lulur dibuat dari ekstrak bengkoang
Jadilah anak yang berbudi luhur
Kepada orangtua tak pernah membangkang

Punya rumah tapi tak ada garasi
Garasi dibuat nanti saja sama dia
Karakter religius dan bertoleransi,
Sesama saudara mari berbahagia

Nenek saya sekarang sudah tua
Tetap suka makan sambal terasi
Berbeda-beda tetap satu jua
Berbeda agama mari bertoleransi


5 Pantun Pendidikan Budi Pekerti Buatan Saya Sendiri

Pergi berlayar bersama Sania
Jangan lupa membawa jamu
Wanita memang perhiasan dunia
Jagalah selalu martabat dirimu

Kakak cantik jagoan mama
Disuruh masak eh malah dimakan
Kita boleh berbeda agama
Saling membantu tetap dijalankan

Pohon bambu di bawahnya ada batu
Bertenggerlah burung kakak tua
Rajin menabung suka membantu
Idaman para calon mertua

Nanak nasi masak sambal telok
Ambillah kayu dibakar jadi arang
Jadilah anak yang bersikap bijak nan elok
Kemana kau pergi disayang orang

Pusing-pusing masuk masa kritis
Kepala pusing rasanya berkunang-kunang
Pemimpin hebat berjiwa demokratis
Habis masa jabatan tetap dikenang

Nah, itu dia 5 contoh pantun pendidikan buatan sendiri dengan tema budi pekerti. Masih butuh referensi pantun lainnya? Baca terus ya.

5 Contoh Pantun Pendidikan dan Maknanya

Contoh Pantun Pendidikan Buatan Sendiri


(1)
Berlayar jauh ke negara asing
Membawa beras berton-ton
Memilki karakter dan berdaya saing
Bekerja keraslah jangan jadi penonton

Maknanya: Kita sebagai pemuda, pemudi, pelajar, mahasiswa untuk punya karakter dan skill sehingga tidak hanya menjadi pengangguran (penonton) di negara sendiri.

(2)
Mamak ke pasar menjual teri
Teri dicuci dan dimasak dengan kasih sayang
Jadi orang harus semangat dna percaya diri
Jangan suka menyerah sebelum perang

Maknanya: Kita suka sekali untuk gagal di tengah jalan, padahal belum memulai. Ya harus semangat dan percaya terhadap diri sendiri.

(3)
Bulan puasa banyak godaan
Tak mengapa kita harus hajar
Pintar dan kreatif jadi banggaan
Sedari kecil teruslah belajar

Maknanya: Pintar dan kreatif memang modal untuk bersaing, oleh karena itu selagi masih muda teruslah belajar. Sebelum tua susah penglihatan.

(4)
Buah belimbing buah selasih
Selasih ditanam di atas serambi
Bagaimanalah hati ini tak kasih
Kepada tuan yang baik budi

Maknanya: Jadilah orang yang elok budi, banyaklah orang yang menyukaimu.

(5)
Pergi ke pasar membeli nasi
Nasi dibuat dengan sigap
Patutlah kamu dikatakan berprestasi
Pandai bertutur dan pandai beradab

Maknanya: Orang yang berprestasi itu bagus tutur kata dan beradab.

5+ Contoh Pantun Pendidikan 4 Bait Buatan Sendiri

Sebenarnya ada banyak jenis pantun 4 baik yang bisa kamu buat, mulai dari pantun pendidikan lucu, pantun pendidikan karakter, pantun pendidikan budi pekerti, dan lainnya.

Kali ini khusus membahas 5+ atau pantun bonus 4 bait contoh pantun pendidikan buatan sendiri untuk kamu. Simak yuk.

Pantun Pendidikan 1
Jalan-jalan ke Kota Blitar
Kota yang adem serta rukun
Jikalau sobat ingin menjadi pintar
Cobalah belajar dengan tekun

Pantun Pendidikan 2
Ayam goreng paling enak di dada
Makan enak di hari raya
Banyak bekerja di waktu muda
Sudah tua kita hidup bahagia

Pantun Pendidikan 3
Pagi-pagi makan kue lumpia
Kue lumpia dibeli dari rumah Lia
Kemana hendak mencari bahagia
Carilah kepada akhlak yang mulia.

Contoh Pantun Pendidikan Cinta Lingkungan 4
Setiap sabtu kita suka senam
Senam di lapangan ramai-ramai
Cintai lingkungan haru menanam
Hutan lestari hidup pun damai

Pantun Pendidikan Masyarakat 5
Naik perahu sama-sama
Gali sumur pakai kain kasa
Peduli sosial membantu sesama
Daerah makmur, aman sentosa

Pantun Pendidikan Lucu Buatan Sendiri 5+
Artis komedi sungguh memukai
Pulang-pulang bawa lampu pijar
Kalau hati sedang galau
Soal matematika habis kuhajar

Terima kasih sudah membaca 25+ contoh pantun pendidikan buatan sendiri saya ini ya sobat. Semua pantun di atas boleh banget digunakan sebagai referensi untuk tugas atau sekadar berbalas pantun pendidikan. Semoga bermanfaat.

6 Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Beli bakso terus dibawa pulang
    Dibawa pulang mau dimakan berdua
    Sudah sampe baksonya kok ilang
    Jatuh di jalan yaudade gapapa

    BalasHapus
  2. saya suka saya suka lihat banyak pantun macem nih, kreatif:)

    BalasHapus
  3. Selanjutnya pantun jenaka, mantap.

    BalasHapus
  4. Jalan jalan kesurabaya
    Tidak lupa membeli ketupat
    Terima kasih atas pantunnya
    Artikel ini sangat bermanfaat. 😊😊

    BalasHapus
  5. Saya bagian yang "Cakep! Cakep!" aja.

    BalasHapus
  6. Jalan jalan ke Palembang
    Jangan lupa membeli kemplang
    Kalau kamu ke Palembang
    Jangan lupa membeli kemplang

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama