40+ Contoh Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh

Daftar Isi [Tampil]
menemukan kata berima sama secara utuh


Halo apa kabar semuanya? Semoga Sobat Kuskus Pintar sehat selalu. Kali ini kita akan membedah 25 plus contoh menemukan kata berima sama secara utuh dalam sebuah karya sastra. Biasanya rima ini digunakan untuk akhiran karya sastra seperti puisi, sajak, pantun, dan lain sebagainya.

Baca juga:
$ads={1}

Saya juga suka membuat puisi dengan akhiran yang sama, misalnya setiap bait ujungnya u maka saya akan mencari kata yang akhirannya u.

Eh, tunggu dulu, sebenanrya rima itu apa sih? Sobat sudah tau belum?

Yuklah kita pelajari dulu tentang apa itu rima.

Apa itu Rima ?

Secara definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, rima adalah sebutan lain dari persamaan bunyi, di mana terdapat pengulangan bunyi berselang pada huruf baik di dalam larik puisi atau pada akhir puisi yang berdekatan (ringkasan KBBI).

Rima biasanya ada pada puisi-puisi lama, tetapi saat ini banyak juga puisi modern yang masih menggunakan rima atau akhiran yang sama. Puisi dengan gaya rima sangat mudah kita jumpai pada puisi-puisi melayu dan puisi lama.

Beberapa diantaranya banyak yang membuat puisi bergaya rima ini mirip dengan pantun yang tren saat ini. Bergaya rima memiliki maksud bahwa pada bait-bait karya yang dibuat ada pengulangan bunyi baik kata atau huruf pada kata.

Sebenanrya ada banyak jenis rima, namun kebanyakan orang atau penyair suka menggunakan rima akhir. Rima akhir adalah jenis rima yang pada akhiran setiap bait sajak atau puisi terdapat bunyi yang sama.

Pada kali ini kita akan berusaha menemukan kata berima sama secara utuh dalam sebuah karya sastra. Beberapa contoh di bawah ini semoga bisa membantu kamu dalam memahami apa itu rima.

Contoh Puisi yang Menggunakan Rima

Mungkin kamu penasaran bagaimana penggunaan rima di dalam puisi, berikut ini adalah contoh penggunaan rima dan cobalah untuk menemukan kata berima sama secara utuh di bawah ini.

Rima puisi rima sempurna

Patah Hati

Hati-hati pada hati
Sebab hati bisa membuat orang mati
Karena kamu mungkin tak berarti
Cobalah untuk mengerti

Contoh puisi ala-ala yang berakhiran rima yang sama atau rima sempurna. Dikatan sebagai rima sempurna karena setiap akhiran kata menggunakan rima "ti".

Rima puisi rima tidak sempurna

Nah kalau contoh puisi rima tidak sempurna bisa kamu lihat di bawah ini, contoh puisi yang saya buat pada tahun 2019 untuk si dia wkwk.

Suatu Ketika

Suatu ketika di hari rabu
Kau datang ke rumahku sekedar bertamu
Berbincang bersama ayah dan ibu
Ku buka pintu
Dengan senyum malu-malu

Contoh yang kedua ini masuk sebagai contoh rima tidak sempurna karena akhirannya acak, ada bu, mu, tu, lu tetapi sama-sama berakhiran "u". Oiya kalau mau baca puisi-puisi saya yang lainnya bisa mampir di sini ya: Kompilasi Puisi 2019 (Pernah Bucin).

30+ Contoh Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh

Baiklah saya anggap kamu mengerti tentang apa itu rima dari beberapa paparan pengertian mengenai rima dan contoh penggunaan rima pada sebuah puisi. Ada beberapa contoh kata dengan bunyi akhir sama secara utuh yang akan kita bedah satu persatu di bawah ini.


menemukan kata berima sama secara utuh


Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Masakan

Berikut di bawah ini ada 5 contoh dari nama masakan.

1. Bakso (Rima akhir -so)
Kata sejenis: alonso, ferguso, intermeso, inkaso

2. Rendang (Rima akhir -dang)
Kata sejenis: gendang, pecundang, pedang, rindang

3. Soto (Rima akhir -to)
Kata sejenis: foto, pidato, salto, bento

4. Gulai (Rima akhir -lai)
Kata sejenis: belalai, helai, gemulai, nilai

5. Sate (Rima akhir -te)
Kata sejenis: tante, rute, mendikte, akte

Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Kota

Nah, tadi yang pertama kita sudah membedah contoh rima pada nama makanan. Berikut ada 5 contoh kata untuk menemukan kata berima sama secara utuh dari nama kota.

1. Jakarta (Rima akhir -ta)
Kata sejenis: mata, cinta, jelita, wisata

2. Palembang (Rima akhir -bang)
Kata sejenis: abang, sumbang, bimbang, terbang

3. Surabaya (Rima akhir -ya)
Kata sejenis: buaya, kaya, karya, percaya

4. Makassar (Rima akhir -sar)
Kata sejenis: pasar, gusar, besar, dasar

5. Sulawesi (Rima akhir -si)
Kata sejenis: aspirasi, basi, inspirasi, frustasi

Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Buah-buahan

Selanjutnya, mari kita menemukan kata berima sama secara utuh pada nama buah-buahan berikut ini.

1. Pisang (Rima akhir -sang)
Kata sejenis: musang, gersang, pasang, usang

2. Jambu (Rima akhir -bu)
Kata sejenis: ibu, kelambu, abu, rabu

3. Rambutan (Rima akhir -tan)
Kata sejenis: mantan, angkutan, kejutan, coretan

4. Durian (Rima akhir -ian)
Kata sejenis: pakaian, berlian, cacian, makian

5. Mangga (Rima akhir -ga)
Kata sejenis: tega, mentega, tiga, jaga

Bagaimana untuk contoh kali ini sudah mengerti bukan? Hehe.

Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Tumbuhan

Ini udah contoh yang ke berapa ya? Gaskeun aja deh, selanjutnya mari kita bedah untuk nama tumbuhan.

1. Bonsai (Rima akhir -sai)
Kata sejenis: esai, selesai, usai, perisai

2. Mawar (Rima akhir -war)
Kata sejenis: tawar, kelelawar, penawar, airtawar

3. Melati (Rima akhir -ti)
Kata sejenis: mati, peti, hati, arti

4. Asoka (Rima akhir -ka)
Kata sejenis: malaka, eka, duka, suka

5. Kamboja (Rima akhir -ja)
Kata sejenis: baja, meja, raja, senja

Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Sayur-sayuran

Berikut ada 5 contoh menemukan kata berima sama secara utuh pada nama sayuran.

1. Sawi (Rima akhir -wi)
Kata sejenis: dewi, pertiwi, duniawi, romawi

2. Bayam (Rima akhir -yam)
Kata sejenis: ayam, tomyam, semayam, kumyam 

3. Kangkung (Rima akhir -kung)
Kata sejenis: jangkung, lengkung, tikung, pendukung

4. Brokoli (Rima akhir -li)
Kata sejenis: gulali, beli, famili, tali

5. Timun (Rima akhir -mun)
Kata sejenis: melamun, kerumun, halimun, imun


Baca juga: Keluarga Budi: Pemulung yang Berbahagia

Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Hewan

Selanjutnya apa lagi nih kak? Sini-sini Kuskus Pintar bisikin 5 contoh menemukan kata berima sama secara utuh pada nama hewan.

1. Kucing (Rima akhir -cing)
Kata sejenis: cacing, pancing, gemerincing, kancing

2. Kelinci (Rima akhir -ci)
Kata sejenis: caci, peci, laci, kuaci

3. Sapi (Rima akhir -pi)
Kata sejenis: pipi, topi, rompi, kopi

4. Kambing (Rima akhir -bing)
Kata sejenis: sumbing, tebing, belimbing, pembimbing

5. Burung (Rima akhir -rung)
Kata sejenis: murung, sarung, karung, larung


Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Negara

Masih ada lagi? Ada dong. Selanjutnya, kita akan menemukan kata berima sama secara utuh pada nama-nama negara berikut ini.

1. Indonesia (Rima akhir -sia)
Kata sejenis: malaysia, sia-sia, usia, raflesia

2. Cina (Rima akhir -na)
Kata sejenis: antena, arena, betina, corona

3. Singapura (Rima akhir -ra)
Kata sejenis: acara, asmara, ampera, bicara

4. Jerman (Rima akhir -man)
Kata sejenis: aman, idaman, iman, norman

5. Afrika (Rima akhir -ka)
Kata sejenis: malaka, celaka, petaka, etika


Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Benda

Terakhir nih, 5 nama benda yang akan kita cari kata sejenis untuk rima yang sama.

1. Tikar (Rima akhir -kar)
Kata sejenis: sukar, mungkar, ingkar, 

2. Paku (Rima akhir -ku)
Kata sejenis: aku, 

3. Handuk (Rima akhir -duk)
Kata sejenis: duduk, seruduk, 

4. Sepatu (Rima akhir -tu)
Kata sejenis: satu, 

5. Baju (Rima akhir -ju)
Kata sejenis:


Bonus plus-plus Contoh Pantun Berima Sama secara Utuh

Berikut ini adalah contoh pantun yang berima utuh yang bisa menjadi panduan kamu untuk memahami tentang rima.


Contoh Pantun Berima Sama secara Utuh

Jalan-jalan ke Itali
Hanya untuk membeli peti
Hidup kita cuma satu kali
Buatlah supaya lebih berarti


Rima dengan bunyi yang sama li-ti-li-ti

Pergi ke pasar membeli benang
Benang dijahit menjadi kain
Jika kamu ingin dikenang
Berbuat baiklah kepada orang lain


Rima dengan bunyi yang sama nang-in-nang-in



Nah, itu dia ada 40+ contoh menemukan kata berima sama secara utuh dalam sebuah karya sastra. Sudah ada contoh pada puisi dan pantun, semoga bisa membantu ya. Semangat selalu hehe.

Baca juga:

$ads={2}

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post