20+ Pantun Lebaran Lucu Menemani Obrolanmu

Pantun Lebaran Lucu


Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Idul Adha kali ini akan dibumbui dengan adanya suasana pandemi. Sebagaimana Idul Fitri yang beberapa bulan lalu, kita tetap dianjurkan untuk terus melaksanakan protokol kesehatan.

Perayaan Idul Adha tentu tidak hanya dianggap sebagai hari raya besar umat Islam saja, melainkan sudah menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu untuk bertamu dan bertemu.

Saling berbagi dan bertamu sudah menjadi ciri khas orang Indonesia. Apalagi mudik.

Sayang kita harus memendam semua perasaan itu. Tetap di rumah saja, terus menjaga jarak ketika keluar rumah, menggunakan pakaian sesuai protokol seperti masker, dan hal lainnya.

Tenang, selama pandemi ini kita masih bisa saling berkabar dengan keluarga ataupun dengan teman kita. Saling bersuka ria walau bertatap di layar handphone.

Ada banyak cara merayakan Hari Raya Idul Idha, dengan memaknainya dengan cara bersukur tentu lebih baik. Bagaimana cara bersyukurnya? Bersyukur misalnya masih bisa makan nasi, bersyukur masih bisa makan daging kurban, bersyukur masih punya baju di lemari yang masih layak pakai, bersyukur masih diberi nikmat kesehatan, bersyukur masih punya keluarga tempat pulang, bersyukur punya teman yang dengan senantiasa bertanya kabar, bersyukur masih diberi kesempatan bernapas yang tentunya masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri serta rasa syukur lainnya.

Yup mari bersyukur.

Selain memaknainya di dalam hati dengan cara bersyukur, kita bisa merayakannya bersama orang-orang tercinta. Salah satu cara sederhana dengan merayakan Idul Adha adalah dengan saling bertukar pesan.

Dulu sewaktu saya masih unyu-unyu di jaman 2010an, ucapan untuk merayakan hari raya tersebar antar SMS ke SMS. Bahkan tak jarang ada isi pesan yang serupa. Ucapan yang dikirimpun sangat kreatif, ada yang berisi pantun lebaran lucu, puisi nan puitis, gambar-gambar simbol yang kreatif abis, dan lain-lain. Dulu pulsa menjadi hal yang mahal untuk dibeli. Membeli pulsa hanya menjadi formalitas di akhir bulan agar kartu provider tidak mati serta digunakan dengan sangat irit sekali.

Sekarang teknologi semakin canggih. Kita bisa langsung mengirimkan pesan ke grup WA FB, personal chat, status medsos, dan lain-lain.

Agar pesan menjadi lebih gurih, sobatkus bisa menggunakan beberapa contoh pantun ucapan lebaran yang saya buat berikut ini.

Itung-itung nambahin stok pantun lebaran lucu, eh pantun emang lucu yakan. Secara garis besar pantun memang lucu, namun ada beberapa pantun di bawah ini yang serius. Serius lho hehehe

Btw, sebelum berkirim pesan jangan lupa salam sapa dulu ya!

Selamat membaca :D

1.
Sebentar lagi lebaran
Tak perlulah baju anyar
Sudah lama tak berkirim pesan
Hey sobat apa kabar?

2.
Dari Jakarta ke Palembang
Eh ketemu abang judika
Hari kurban telah datang
Boleh minta dagingnya kaka?

Pantun apaan sih ini :v

3.
Pagi-pagi minum jamu
Sambil makan roti mentega
Kalau kakak mau bertamu
Jangan lupa bawa keluarga

Kita lamaran saja, canda ya jangan serius. Ini hanya pantun bukan sandi morse hahaha

4.
Jalan licin di atas aspal
Kuberjalan di tengah gerimis
Harga daging di pasar mahal
Kemasan instan laris manis

Kamu mau?


5.

Empat huruf membentuk kata
Huruf disusun menjadi ikan
Semoga Allah istiqomahkan kita
Berada dalam jalan kebaikan

6.
Pergi ke pasar di pagi hari
Mencari salon untuk bercukur
Daging kurban sudah dibagi-bagi
Jangan lupa dinikmati sembari bersyukur

7.
Indonesia sedang pandemi
Kita tetap rayakan kurban
Idul Adha saatnya berbagi
Jangan lupa protokol kesehatan

8.
Sobatkus pakai sepatu
Sepatunya ada dua
Mohon doa dan restu
Serta maafin aku ya

Sebuah pantun untuk mantan :v

9.
Memancing ikan, di dalam goa
Sebelum makan, jangan lupa doa

10.
Ini pantun lucu-lucuan
Kalau makan jangan kebablasan

11.
Ini pantun lebaran lucu
Seperti kisah yang diplesetkan
Hey kamu sahabatcu
Tetap terus jaga kesehatan

12.
Hape mewah dijambret maling
Maling dikejar di daerah angker
Keluar rumah mengambil daging
Jangan lupa pakai masker

13.
Bapakmu marah, kok jadi tampan
Kalo ada salah, mohon dimaafkan

14.
Pergi ke pasar membeli teri
Tak lupa juga membeli mi
Pantun dikirim pengganti diri
Sebagai tanda silaturahmi

15.
Malam-malam penuh bintang
Bintang jatuh di hadapan
Hari lebaran telah datang
Mari saling memaafkan

16.
Duduk di teras melihat mantan
Mantan tertawa bahagia
Segenap salah mohon dimaafkan
Selamat hari raya kurban ya

17.
Hari lebaran makan ketupat
Ketupat dibelah ada ikan
Selamat Idul Adha wahai sobat
Semoga iman selalu ditingkatkan

18.
Pantun lebaran lucu bikin nendang
Boleh tertawa itu bukan masalah
Daging kurban telah direndang
Sebelum makan baca bismillah

19.
Satu dua tiga ikan teri
Masih enak ikan patin
Selamat hari raya Idul Fitri
Mohon maaf lahir dan batin

20.
Beli roti pakai uang sen
Belinya ke rumah Martin
Selamat pagi pak/bu dosen
Mohon maaf lahir dan batin

20+
Pergi lebaran bersama Titin
Idul adha di Masjid al mahallie
Mohon maaf lahir dan batin
Sampai ketemu usai quarantine

20++
Anak santri sungguh mempesona
Sopan dan santun menjadi cirinya
Untuk kamu yang jauh disana
Selamat menempuh hidup baru ya

Sendal jepit tak pernah salah memilih tuan, terima kasih dan cukup sekian :')


Itu dia 20+ Pantun Lebaran Lucu yang dapat menemani obrolanmu di masa pandemi ini. Tetap jaga kesehatan ya sobatkus hehe

Artikel ini diikut sertakan dalam minggu tema komunitas Indonesian Content Creator.

52 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Seru juga nih, pas Lebaran Idul Fitri.
    Bikin Pantun Lebaran mengenai IT min, dulu saya pernah melihat pantun Idul Fitri dengan kata-kata bahasa IT, tapi dah lupa.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih keren tuh pasti. Ini pantun lebaran lucu ya gitu masih pakai diksi yang biasa

      Delete
  2. Nomor 13 keknya untuk babang tamvan ya kus, wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk babang tamvan yang mana nih 🤣

      Delete
  3. Si Dudung bermain gitar
    Duduk di batang pohon rebah
    Senang berkunjung ke kuskuspintar
    Semoga pantunnya terus bertambah

    Si Dudung bermain gitar
    Sambil bernyanyi lagunya Dewa
    Kalau kawan ke kuskuspintar
    Bakal membaca pantun sambil tertawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantul kaka pantunnya, bisa gitu dibalesnya😂

      Delete
  4. Pantun favorit saya no. 2,3,13,19,20. Semua bagus, tapi 5 ini yang rimanya asik.

    Saya ngga mau kalah juga deh.

    Gadis manis cantik merona
    Sering muncul pas pagi hari
    Kalo abis musim korona
    Boleh kita bersua lagi

    Maapkan pantun saya yang sangat om-om ini 😅

    ReplyDelete
  5. pantun nya bagus mimin, lanjutkan karyamu min agar kita sebagai calon penerus bagsa harus bisa menginspirasi pembaca-pembaca blog kita :)

    ReplyDelete
  6. keren nih pantunnya, bisa buat pantun lebaran idul adha nanti. Buat bahan pantun ke tmen"..

    ReplyDelete
  7. Baca pantun di kuskus pintar
    Saya kurang pandai membuat pantun
    Hihihi
    Gimana mbak caranya bisa bikin pantun sebanyak ini wkwk saya mau bikin satu aja susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau ini bikin bikin aja, asal ujungnya sama wkwk

      Delete
  8. Di bagian isi pantun yang No. 20 "Selamat menempuh hidup baru ya," padahal maksudnya Idul Fitri, kembali suci, kembali hidup baru ya kak. Tapi pikiranku malah ke orang nikah masa, wkwkwk kayaknya aku kangen ke hajatan orang.

    ReplyDelete
  9. Ih.. Lucu dan keren pantunnya😃, bikin sendiri ya mbak.
    Saya paling suka yang ini nih

    Dari Jakarta ke Palembang
    Eh ketemu abang judika
    Hari kurban telah datang
    Boleh minta dagingnya kaka?

    Ha..ha..😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya bikin sendiri, ada beberapa nyari kalimatnya terus dimodif versi kuskus pintar eaaa

      Delete
  10. Saya biasanya menerima salam lebaran secara langsung, kini mau ga mau harus melalui via pesan atau digital. Meskipun masih ada beberapa kerabat yang saya kunjungi langsung bersama keluarga.
    Dan tidak biasanya juga saya menjumpai pesan pantun ini.
    Bisa ni, buat referensi ntar kalau mau ngucapin selamat hari raya via whatsapp. hhhh...
    Padahal, saya dulu udah punya referensinya di buku, dan ga nyangka bakal ada yang post begini. Salut dah!
    Salam sukses min!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok yang nulis pantun lebaran kayak gini, termasuk saya wkwkk

      Selamat berlebaran~

      Delete
  11. sumpah gak kepikiran lho kak,
    Ucapan selamat dijadiin postingan blog..hehehehe..

    Saya belom pernah lho nulis hal hal unik kayak gini kak.. sampean memang luarr biyaassaa kereen..
    Kudu belajar nih dr kakak ini nih.. hehehehe

    Tio
    IotoMagz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah kk tio belom pernah nulis beginian, kakak kan nulisnya otomotif terus wkwk

      Semoga pantun lebaran lucunya menghibur haha

      Delete
  12. Bagus ni.. Biar lebaran ga bahas covid covid covid mulu.. Ntar yang lain lagi bahas covid.. Kita selain aja pake pantun" gini.. Biar suasanya jadi ga tegang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya geram banget, hampir keseluruhan media bahas pasien covid yang terus bertambah huh

      Delete
  13. Ikutan ngepantun ah
    tiang menjunlang
    kapan ditumbangkan
    idhul adha menjelang
    qurban pun disiapkan

    ReplyDelete
  14. Hayya.. modal juga ni nanti buat idul adha. Ko kenapa ya, saya sulit buat pantun.hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal disamain aja bagian huruf di belakangnya🤣

      Delete
  15. Terima kasih Mi2n KusKus..

    Pantunnya menginspirasi sekali 👍

    ReplyDelete
  16. Kira-kira buat pdkt bisa gak ya wkwkw. Biar anti mainstream aja pas deketin doi

    ReplyDelete
  17. Wkkwkw pantunnya sangat lucu dan menghibur saat saya membaca, apa lagi pantun yang ini Ini pantun lucu-lucuan
    Kalau makan jangan kebablasan

    ReplyDelete
  18. hihii lucu banget pantunnya, bisa dijadikan inspirasi buat ucapan idul adha nih
    yang nomor 7 menggambarkan situasi sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia sedang pandemi
      Kita tetap rayakan kurban
      Idul Adha saatnya berbagi
      Jangan lupa protokol kesehatan

      Benerkan gitu wkwk

      Delete
  19. Pantun nomor 2 sih.... hahahah
    Saya juga ada nih..

    "dua, tiga gula-gula.
    Fabulus-Fabulus"
    Jarjrit Mode ON

    Lebaran idul adha ini dpet libur,, tapi mungkin bakal beda. kayanya bakal susah buat bertamu ngicip rendang atau ngikut acara bakar-bakaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan dah pantun jarjit, kadang ke potong sama upin ipin atau gak si mail😂

      Delete
  20. Wahh kuskus emang pintar. Lebaran aja bisa jadi inspirasi untuk bikin pantun.jadi inget jarjit Singh hahaha

    ReplyDelete
  21. hahahaha, selamat anda berhasil! berhasil bikin hari saya makin ceria dan ketawa sendiri eh bedua sama anak saya kilan, di depan PC. dia ikut ketawa ngeliat emaknya ketawa, gak ngerti apa yang dia ketawain, hahaha. tapi bisaan kakak ini nyambungin link ke blognya ibu kafa, itu kan susah mikirnya, hehehe. salut!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantun favorit, requestnya dadakan lho itu wkwkwkw... emang mantap nih adminnya kuskus pintar memang pintar laaaa, 2 jempol :)

      Delete
    2. Waduh syukur deh pantunnya beneran lucu, ntar garingkan gak asik wkwk

      Delete
    3. Iya bingung juga mau nyambungin masjid mahallie wkwk

      Delete
  22. Nomor 3 kode keras hahaha. Jadi ingat sih dulu H+1 lebaran tapi idul Fitri, pertama kalinya aku ke rumah keluarga calon suami, mana ada insiden alergi makanan pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ternyata ada yang pengalamnnya kayak pantun yg saya buat wkwk

      Delete
  23. Pantun pernah hits pada zamannya 😄 sekarang juga menurutku masih ok buat mengirim pesan ucapan lebaran dengan pantun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semasa saya SD sih paling hits pantun hihi

      Delete
  24. bersyukur memang solusi buat semua masalah ya.

    ReplyDelete
  25. Hahha bagus kak, bisa jadi inspirasi ini nanti buat kirim-kirim ucapan ☺️

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post