Cara Menjaga Kesehatan Mental, Baca Lengkap di SehatQ.com

Daftar isi [Tampil]
Baca juga:
Cara Menjaga Kesehatan Mental
Cara Menjaga Kesehatan Mental

Ada banyak kondisi yang menyebabkan kesehatan mental kita terganggu. Dilansir dari SehatQ.com, sebuah platform kesehatan menjelaskan bahwa kesehatan mental yang semakin memburuk berisiko timbul penyakit jantung. Tentu saja penting bagi kita untuk tahu cara menjaga kesehatan mental.

Kondisi mental yang memburuk bisa hadir dalam bentuk rasa cemas, stres hingga depresi. Kondisi psikologis yang memburuk tersebut banyak faktor yang menjadi pemicunya seperti mengonsumsi alkohol, pola makan yang buruk, maupun merokok.

Entah itu kita sibuk menyelesaikan pekerjaan kantor, sibuk mengerjakan tugas sekolah, kuliah, skripsi, galau karena baru putus cinta, pertengkaran rumah tangga, dan banyak lagi, berusahalah untuk menghindari hal-hal yang menjadi pemicu timbulnya kesehatan mental.

Jika kamu yang baru putus cinta bisa alihkan rasa galaumu dengan mengerjakan hal lain seperti travelling, menikmati hobi, jalan-jalan dan banyak lagi. Bagi kamu yang sibuk karena pekerjaan, tugas sekolah, dan skripsi, atur pola makan ya. Jangan sampai kita sibuk tetapi tidak makan, atau makan makanan yang tidak sehat.


Perkara rumah tangga, cobalah untuk duduk tenang dan saling berbicara. Komunikasi yang tidak baik bisa menjadi penyebab pertengkaran di dalam rumah tangga hingga berujung stres bahkan depresi.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Kali ini Kuskus Pintar akan membahas mengenai cara menjaga kesehatan mental. Baca sampai habis ya sobat!

1. Memotivasi Diri dengan Berpikir Positif

Saya sering menemui berita mengenai bun*h diri akibat stres mengerjakan skripsi. Ya, saya saat ini sedang mengerjakan skripsi juga. Ketika kita jenuh mengerjakan skripsi cobalah untuk mengalihkannya dengan hal lain. Ketika suara negatif berbisik di telinga, tepislah dengan perkataan "Saya bisa menyelesaikannya." Apalagi ketika banyak revisi, stop berpikir negatif ya sobat.

2. Melakukan Apa yang Kita Suka

Cara menjaga kesehatan mental yang suka kita lupakan adalah dengan menikmati apa yang kita sukai. Dalam hal ini kamu bisa menikmati hobi yang sudah lama tidak kamu lakukan akibat sibuk di dunia pekerjaan, skripsi, dan lain-lain. Baca juga Cara Membuat Diri Sendiri Bahagia.

3. Melakukan Olahraga yang Teratur

Sudahkah kamu berolahraga dalam bulan ini? Jangan-jangan kamu lupa kapan terakhir berolahraga. Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan salah satunya dengan melakukan olahraga equestrian. Olahraga yang satu ini merupakan istilah lain dari olahraga berkuda. Ya, olahraga berkuda bisa menjadi terapi bagi kesehatan mental.

4. Rutin Lakukan Yoga dan Meditasi

Yoga dan meditasi sudah dikenal sejak dulu kala dapat meredakan stres dan depresi. Melakukan yoga dan meditasi bisa merileksasi tubuh dari kepenatan aktivitas yang memicu kondisi mental yang buruk.

5. Merawat Hewat Kesayangan

Apakah kamu suka merawat hewan peliharaan? Faktanya, merawat hewan bisa mengurangi resiko depresi. Orang yang suka merawat hewan, cenderung memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang rendah. Artiya mereka yang suka merawat hewan, lebih kecil resiko terkena penyakit jantung.

6. Mangatur Pola Makan

Ternyata pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur bisa menjadi penyebab depresi. Yuk mulai sekarang mengatur pola makan.

7. Tidur yang Cukup

Terakhir, cara menjaga kesehatan mental yang sering lupa karena segudang aktivitas adalah menikmati waktu tidur yang cukup. Sudahkah kamu tidur atau beristirahat yang cukup? Jika belum, mulailah membiasakan agar tidur lebih cepat. Jangan berlarut-larut bergadang hingga pagi. Sayangi tubuhmu ya sobat.

Demikian artikel mengenai cara menjaga kesehatan mental. Mau baca artikel kesehatan lainnya? Rekomendasi terbaik di platform SehatQ.com ya sobat. Semoga bermanfaat.

Sumber: SehatQ.com

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama