20+ Pertanyaan Sulit tentang Karya Tulis Ilmiah

Daftar Isi [Tampil]
Pertanyaan Sulit tentang Karya Tulis Ilmiah

Akan ada saatnya kamu bertemu dengan pertanyaan sulit tentang karya tulis ilmiah. Saat dimana kamu memutar otak ke sana dan ke mari mencari jawaban terbaik. Iya, saya juga pernah mengalami hal itu, disodorkan pertanyaan yang membuat kita geleng-geleng kepala.

Baca juga:

$ads={1}


Sebenarnya pertanyaan sulit yang kerap muncul tersebut banyak berasal dari poin pokok penelitian yang kita lakukan. Tepatnya apa yang kita anggap sulit sebuah pertanyaan tersebut karena kita belum benar memahami apa yang kita tulis.

Dulu pernah sewaktu saya SMA, pernah ditanya sesuatu yang di luar dari pemikiran saya. Waktu itu juri pernah bertanya perihal kedalaman pembahasan dari karya tulis ilmiah saya.

Tepat pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI), seorang juri dari rumpun sosial yang menanyakan pertanyaan sulit tersebut. Penelitian saya waktu itu masuk ke ranah Sosiologi dan Sejarah yang membahas suatu fenomena tradisi di kampung saya.

Pertanyaannya sederhana, tetapi sulit bagi saya menjawabnya karena keterbatasan dari hasil penelitian saya. "Itu kalau boleh tahu pas acara pembacaan Doa, apa yang juru kuncinya baca?" Sebut seorang juri.

Saya hanya bisa berbabibuu eee hemm pokoknya saya sulit menjawabnya. Saya tak mungkin membohongi hasil penelitian saya dengan berkata, "Itu mereka membaca beberapa ayat-ayat, dan bla bla." Tentu saya tidak akan berkata demikian, alhasil saya berkata apa adanya dengan menjelaskan bahwa penelitian saya belum sejauh itu menggali objek yang diteliti.

Baca juga: 20+ Pertanyaan tentang Karya Ilmiah dan Jawabannya


Berdasarkan pengalaman saya sewaktu SMA, mungkin kamu bisa mengambil pelajaran bahwa ketika meneliti atau mengkaji sesuatu perlu digali lebih dalam lagi.

Agar menambah bayangan mengenai pertanyaan sulit tentang karya tulis ilmiah, berikut akan saya berikan poin-poin pertanyaannya saja.

20+ Pertanyaan Sulit tentang Karya Tulis Ilmiah

Adapun pertanyaan sulit tentang karya tulis ilmiah adalah sebagai berikut:

1. Apakah kamu yakin bahwa penelitian ini 100% orisinil ?

2. Apakah benar kamu yang menuliskan karya ilmiah ini?

3. Berapa persen kamu yakin bahwa karya ini benar-benar buatan kamu?

4. Coba jelaskan kenapa mengangkat topik tersebut, apa yang mendasari Anda untuk melakukan penelitian tersebut?

5. Penelitian seperti ini sudah banyak dilakukan, kenapa Anda tertarik melakukan penelitian yang seperti ini? Lalu, apa bedanya penelitian Anda dengan penelitian lainnya?

6. Produk yang kamu buat ini benarkah sebagai terobosan terbaru? Alasannya apa?

7. Manfaat apa yang bisa orang lain peroleh dari hasil penelitian Anda?

8. Jika kondisi di lapangan berbeda dari apa yang kamu lakukan saat ini, apa yang akan Anda lakukan? Dan apakah hasilnya akan berbeda?

9. Teori apa yang bisa menguatkan hasil penelitian Anda, ketika hasilnya seperti ini XXX ?

10. Kenapa rumus atau formula yang Anda gunakan seperti ini? Apakah tidak bisa pakai rumus lain saja?


Baca juga: 30+ Kumpulan Pertanyaan untuk Seminar Karya Tulis Ilmiah


11. Kenapa Anda mengambil jumlah sampel (sekian), kenapa tidak (sekian) saja?

12. Kenapa Anda memilih teknik pengambilan sampel XX, apakah memang harus menggunakan sampel itu?

13. Setahu saya penelitian ini bertentangan dengan konsep agama kita, lalu bagaimana menurutmu?

14. Teknik statistik ini terlalu gampang untuk digunakan, coba sesekali memakai teknik statistik XX. Coba jelaskan kenapa kamu menggunakan teknik statistik itu.

15. Kenapa hasil penelitian bisa berbeda dari hipotesis yang diajukan? Apakah terjadi kesalahan dalam mengumpulkan data?

16. Bagaimana Anda bisa membuat saya percaya bahwa karya tulis ilmiah ini benar-benar bisa direalisasikan?

17. Seberapa yakin kamu bisa memenangkan kompetisi ini?

18. Apa langkah strategis yang akan kamu lakukan jika karya ilmiah ini didukung oleh instansi pemerintah?

19. Apakah karya ilmiah ini tidak menjiplak karya orang lain?

20. Kenapa memilih lokasi penelitian di situ?

20+ Bukankah penelitian ini lebih cocok menggunakan metode penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan ketimbang metode penelitian kualitatif saja?

20++ Jurnal ilmiah atau referensi yang mana yang bisa menguatkan hasil penelitian Anda ini?

20+++ Coba apa maksud dari ilustrasi yang ada pada karya tulis ilmiah Anda ini, saya kurang mengerti apa maksudnya? (Kamu harus paham sob, apa yang kamu tulis itu perlu kamu pahami.)


Baiklah itu dia ada 20+ Pertanyaan Sulit tentang Karya Tulis Ilmiah. Mungkin jika ada tambahan lagi akan saya tambah di lain waktu. Terima kasih, selamat berkarya.

Baca juga:

$ads={2}

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post