Tips Cari Kost Murah Tapi Enggak Murahan

Daftar Isi [Tampil]

 

Cari Kost Murah

Waktu menjadi mahasiswa baru sekaligus mahasiswa rantauan pastinya akan sangat kebingungan ketika ingin mencari tempat tinggal kala merantau. Apalagi bagi mereka yang tak punya keluarga di tanah rantau, hem rasanya agak bingung-bingung gimana gitu.


Baca juga:

$ads={1}


Layaknya mahasiswa baru pada umumnya, semua kebutuhan di awal masa kuliah akan sangat banyak yang dikeluarkan. Biaya kuliah tersebut diantaranya adalah uang kuliah tunggal (UKT), uang buku, uang transportasi dari rumah ke tempat tinggal, hingga uang kontrakan atau kostan.


Salah satu upaya menekan pengeluaran adalah cari kost murah yang pastinya enggak murahan. Butuh kecermatan dalam memilih kos-kosan ini. Dulu saya juga pilih-pilih dalam memilih kostan. Ada harganya murah tapi fasilitas enggak wah. Ada pula harga murah tapi jauhnya Subhanallah. Ada pula yang mahal dengan harga yang geleng-geleng kepala, fasilitas ya standar horang kayahh.


Sebagai mahasiswa dalam kategori keluarga menengah ke bawah, tentu saya tak ingin memberatkan keluarga persoalan biaya kost ini. Mungkin kamu juga pastinya tidak mau memberatkan orangtuamu. Nah, beruntungnya kali ini Kuskus Pintar akan memberikan Tips Cari Kost Murah. Emang ada kost murah tapi enggak murahan? Ada kok asal cermat dalam memilih saja.


Tips Cari Kost Murah


1. Pastikan Dulu Harganya

Kadang kita suka terjebak saat memperhatikan atau membaca brosur promosi kost-kostan. Di sana tertera harga 3 juta untuk harga kostan, eh ternyata dibayar perenam bulan untuk satu kepala. Murah sih iya, tapi kalo bayarnya dalam hitungan tahun artinya kamu perlu mengeluarkan uang 6 juta untuk dirimu seorang.


Menurut saya biaya tersebut cukup mahal jika hitungannya hanya satu kamar dengan sekian petak, wc di luar, dapur bersama. Hemm enggak banget. Nah, supaya kamu terhindar dari jebakan harga, tentu pastikan terlebih dahulu harga kosan tersebut.


Baca juga: Bisnis Properti untuk Mahasiswa, Emang Ada?


2. Tanya Biaya Air dan Listrik

Tips kedua dalam memilih kost-kostan adalah tanya dulu biaya air dan listrik. Biasanya harga murah tetapi kamu perlu menanggung lagi biaya air dan listrik secara terpisah. Artinya itu bukan murah gaes tapi mahal.


Lah kamu sudah bayar kost-kostan ternyata masih nambah biaya lagi. Kalau biaya air gratis, tetapi listrik bayar kamu juga perlu cermat lagi apakah listrik tersebut digunakan secara bersama-sama atau perkamar. Jika dibayar secara bersama-sama per barisan kamar, tentu penggunaan masing-masing kamar akan berbeda. Demi menghindari harga yang tak adil, coba cari kost-kostan yang listriknya perkamar saja. Bila perlu dan kamu beruntung, cari kostan yang sudah include listrik dan air.


3. Cari Tahu Lokasinya

Salah satu tips cari kost murah yang tak boleh kamu sepelekan adalah lokasi. Cari tahu lokasi kostan yang ingin kamu tempati. Cari tahu jarak dari kost ke kampus, apakah jauh atau dekat. Jika dekat maka kamu beruntung memperoleh harga murah dengan lokasi yang strategis dekat dengan kampus.

Memang semakin dekat jarak ke kampus maka semakin mahal harga kost-kostan. Tetapi, kamu tak perlu risau, tidak ada yang tidak mungkin asalkan teliti dalam mencari. Kek nyari jodoh gitcuu wkwk.

4. Pastikan Fasilitas Umum yang Tersedia

Nah, tips cari kost murah yang keempat adalah tentang fasilitas umum. Tentunya kamu tidak maukan tinggal di daerah yang jauh dengan fasilitas umum? Betul apa betul?

Pastikan dulu fasilitas umum yang tersedia di dekat kost-kostan yang ingin kamu tempati. Apakah dekat dengan warteg atau tempat menjual makanan, toko ATK, ATM, Minimarket, pasar lokal, dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu tinggal di daerah yang jauh dari fasilitas umum karena hal itu akan menyusahkanmu jika ingin memenuhi kebutuhan kamu baik kebutuhan primer atau kebutuhan sekunder seperti kebutuhan kuliah.

Nah, itu dia empat tips cari kost murah tapi enggak murahan. Terakhir, jika kamu bingung mencari tempat yang menyediakan pemesanan sewa kost murah secara online, sobat boleh banget mengunjungi kostmurah.com. Atau bagi kamu yang kebetulan akan kuliah di daerah Jakarta, bisa juga cek website kostjakarta.com.

Caranya juga cukup gampang, ketika kamu ingin mencari Kost Jakarta Pusat maka bisa langsung menuju pada kategori Lokasi Kost di menu website tersebut. Selamat mencari kost-kostan ya sobat. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

$ads={2}

1 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Sebelum ambil kost, emang harus tanya dulu fasilitas dan keamanannya.
    Karena itu emang penting banget.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post