Bisnis Properti untuk Mahasiswa, Emang Ada?

bisnis properti untuk mahasiswa


Menjadi seorang mahasiswa, berarti kamu bukan lagi seorang siswa. Maha dari siswa. Artinya, sudah lebih tinggi kadar keilmuan yang dimiliki.

Ketika kita semasa sekolah belajar secara umum, namun di dunia kampus kita akan lebih mempelajarinya secara dalam. Tentu hal inilah yang membedakan antara pelajaran di kampus dan di sekolah biasa.

Selain dari kadar keilmuan, mahasiswa juga dituntut lebih mandiri di dunia kampus. Gak lagi tuh mau disuap-suapin kayak anak kecil.

Mandiri yang bagaimana? Segala hal menyangkut studi/mata kuliah kita harus mandiri, baik dari mulai pengisian jadwal mata kuliah (pengisian KRS) hingga harus mandiri ke jenjang skripsi.

Kalo kita manja-manja, otomatis tewas! Ya bakalan kena tinggal teman-teman seangkatan kita, gitu maksudnya hehe.

Mahasiswa juga merupakan calon-calon pengangguran, eh. Kayaknya terlalu pesimis ya kalimat tersebut, mari kita ganti.

Mahasiswa juga merupakan calon-calon pencari dan pemberi kerja. Nah, begitu lebih optimis.

Ketika kita lulus dari dunia kampus, ada dua kemungkinan pilihan yaitu sebagai pencari kerja dan pemberi kerja. Keduanya adalah pilihan yang sama-sama bagus, tergantung pada niat masing-masing.

Sebelum melangkah lebih jauh ke dunia pasca kampus, teman-teman mahasiswa bisa banget untuk memupuk diri di masa kuliah. Salah satunya dengan menggeluti bisnis properti untuk mahasiswa. Emang ada? Yuk simak dulu artikelnya.

Bisnis Properti untuk Mahasiswa, Emang Ada?


Tidak ada yang mustahil untuk menjadikannya nyata. Nah lho gimana tuh maksudnya.

Ketika sobat punya mimpi untuk menggeluti bisnis properti di ranah kampus, bisa banget! Tidak ada yang mustahil selagi kita membuatnya menjadi nyata.

Mustahil itu terjadi karena tidak ada usaha untuk menjadikannya nyata. Sampai sini paham? Saya anggap paham deh.

Apa itu Bisnis Properti?

Bisnis properti adalah suatu usaha jual beli properti yang berupa tanah dan bangunan serta sarana dan prasarana yang melengkapinya.

Intinya bisnis yang menjual atau membeli properti. Bisa menjual properti, atau membeli properti untuk dijual kembali dan sejenisnya.

Lalu, apakah bisnis properti ini cocok untuk mahasiswa? Jawabannya ada pada paragraf berikut ini.

Aneka Ragam Bisnis Properti untuk Mahasiswa


1. Menjadi Agen Properti


Ini merupakan bisnis yang agak sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Teman-teman bisa menjadi agen properti saat masih berstatus sebagai mahasiswa. Bagaimana caranya? Tentu saja perlu jeli memilih situs properti atau perusahaan properti, khususnya yang memperbolehkan bekerja secara part time (paruh waktu).

Sobat bisa memulainya dengan mencari informasi properti yang hendak dijual, tidak perlu jauh-jauh cari saja yang ada pada lingkungan didekat sobat. Barang kali ada kerabat yang ingin menjual propertinya, so why not untuk dibantu melalui perusahaan yang sobat ikuti. Komisi dapet duit pun ngalir, asik.

2. Menjadi Makelar Properti


Hampir serupa dengan nomor 1, hanya saja menjadi makelar properti yang saya maksudkan adalah untuk orang yang menjadi perantara antara si penjual dan pembeli.

Pertama, sobat perlu mencari properti yang akan dijual. Hubungi pemilik properti tersebut, dan tawarkan jasamu untuk menjualnya. Tetapkan harga, kemudian selisih harga yang akan kita jual nantinya itulah yang menjadi keuntungan bagi kita.

Dulu, pas saya masih mahasiswa baru, ada banyak jasa yang menjual properti untuk melengkapi isi dari kos-kosan. Para makelar ini menjembatani antara mahasiswa yang lulus dengan mahasiswa baru. Mahasiswa yang lulus ingin menjual barang-barangnya contohnya meja dan kursi, si makelar menawarkan jasa yang kemudian dijual kepada si mahasiswa baru.

Selisih harga yang ditetapkan tentu pendapatan bagi si makelar. Nah, jika sobat punya teman mahasiswa yang mau lulus, bisa tuh tawarkan jasamu hihi.

3. Menjadi Pencari Kos-kosan/Tempat Penginapan


Pernah gak sih kamu kebingungan kala datang ke tempat baru?

"Aduh mau nginap dimana? Gak punya keluarga? Belum pernah ke sana?"

Tenang tidak perlu risau, sekarang ada banyak jasa pencari kos-kosan atau tempat penginapan.

Saya pernah ke Surabaya dua kali, dalam ajang lomba. Alhamdulillah-nya waktu itu penginapan dan segala macam sudah diatur sama penyelenggara acara.

Tapi, bagi teman-teman yang mungkin ada proyek kerja atau kebetulan ditugaskan di Surabaya, nah jangan bingung. Boleh banget cek sewa apartemen di Surabaya. Banyak pilihan yang bisa sobat ambil.

Oiya, kalo ngomongin bisnis properti yang satu ini, mungkin ini pilihan yang sangat simpel dan paling sederhana menurut saya. Kita bisa kumpulkan informasi tentang kos-kosan atau penginapan di daerah kita, apalagi jikalau kita sudah lama bermukim di daerah anak rantauan. Bisa banget, kita membuka jasa ini. Teman-teman saya banyak juga yang menggeluti bisnis pencari kos-kosan, apalagi pas penerimaan mahasiswa baru. Kalimat "Kos-kosannya kakak?" akan berseliweran di dalam chat-chat grup media sosial.


Sekian, artikel mengenai bisnis properti untuk mahasiswa. Bagaimana? Emang beneran adakan yah? Hihihi.

13 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. 5 tahun lagi, saya adalah pengusaha Properti terbesar di Palembang!
    Insyaa allah :D

    ReplyDelete
  2. Ternyata mahasiswa memungkinkan ya untuk bisnis properti, mulai dari agen, makelar, bahkan yg level kecil sebagai pencari kos2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, bisa banget nih. Tinggal keberaniannya aja untuk memulai bisnis properti untuk mahasiswa hehe

      Delete
  3. uww aku tu dari dulu pengen banget punya usaha poperti, hihi
    ternyata bisa dimulai dari hal kecil ya.. kumpulin info kos2an lalu tawarkan ke teman2 mahasiswa, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebenarnya pengen jadi juragan kosan aja deh wkwkkk

      Delete
  4. Itu semua ada benarnya juga. Saya pernah tahu dari temen, kalau kenalannya ini seorang mahasiswa tingkat akhir yang lumayan sukses dalam grup developer perumahan gitu. Dan katanya penghasilannya itu bukan kaleng-kaleng. Jadi kalau emang punya jiwa bisnis mungkin bisa dicoba nih buat kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keknya sama dengan teman saya, bisnisnya juga gitu. Malahan dia bikin sendiri aplikasi khusus pencari kos-kosan untuk mahasiswa di daerahku. Keren banget sih yah :D

      Delete
  5. Wah, bagus ini. Bisa membuat mahasiswa lebih bersemangat dan tidak melulu mengandalkan keuangan dari orang lain. Ya, kesalahan saya dulu terlalu fokus kuliah sampai enggak mau ambil bisnis apapun. Semoga enggak ada yang niru saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih fokus kuliah sih mbak, paling bisnis kecil-kecilan hhe

      Tapi, hal besarkan dimulai dari yang kecil. Menurut saya ini merupakan langkah awal untuk menuju yang besar huaa~~

      Delete
  6. Banyak cara memang dilalaui soal bisnis mahasiswa yang melulu jual pulsa. Hehe. Bisnis properti makelar ini blm saya temui si di Jogja tmpt saya ngampus. Ngk tau saya yang kudet atau minim info

    ReplyDelete
  7. Bisnis seperti bisa banget ya. Tapi kalo sama bisnis yang membuat seperti produk atau investasi gitu kira kira lebih menguntungkan yang mana ya

    ReplyDelete
  8. Di Perumahan tempat saya, Developernya buka lowongan Marketing Freelance, Cukup KTP saja langsung jadi Member. Tidak perlu melamar jadi karyawan kontrak ato Tetap, bisa bekerja di mana2. yang penting harus menguasai Spek rumah tersebut dan Daerah kawasan2 disekitar rumah yg dijual. lumayan kalo sekali dapet terjual 1 Unit Rumah langsung dapet 2 Juta.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post