Kamu Mahasiswa Baru? Ikuti Tips Memilih Kontrakan Murah

Daftar Isi [Tampil]
Tips Memilih Kontrakan Murah


Sewaktu SMA saya pernah tinggal di asrama sekolah. Beruntungnya, saya tak perlu membayar sewa tempat tinggal. Saya hanya perlu merogoh kocek untuk membayar biaya perawatan dan biaya makan sehari-hari di asrama. Tentu bisa menghemat pengeluaran.

Namun, ketika saya beranjak memasuki ranah perkuliahan mengalami kebingungan ketika hendak mencari tempat tinggal. Pilihan saya ya jelas ingin mencari kontrakan murah. Alasan saya sih sederhana. Sebenarnya di kampus tempat saya kuliah sudah ada asrama, rusunawa, dan apartemen mahasiswa. Namun, alasan saya tidak tinggal di dalam area kampus karena akses untuk keluar itu sulit dan akses terhadap hal lainnya juga jauh seperti tempat makan, toko ATK, bank, minimarket, dan hal lainnya.

Selain itu, ketiga tempat yang telah disediakan kampus saya itu ternyata tidak memperbolehkan mahasiswanya membawa kompor. Sungguh disayangkan sekali ketika ingin makan kita harus membeli. Padahal dengan masak sendiri bisa menghemat pengeluaran. Oleh karena beberapa alasan di atas, saya akhirnya memutuskan untuk memilih hidup dengan mengontrak di kos-kosan saja.

Tips Memilih Kontrakan Murah


Berikut beberapa tips yang bisa saya berikan kepada kamu mahasiswa baru yang bingung mencari kontrakan murah. Harus cerdas dalam memilih, jangan tergiur harga murah tapi kualitas pas-pasan. Pilihlah harga kontrakan murah tapi tidak murahan *eaa.

1. Kamu Harus Datang Langsung untuk Mengecek

Tips pertama dalam memilih kontrakan murah adalah dengan cara kamu harus datang langsung untuk mengecek kontrakan. Hal ini dilakukan guna menghindari "beli kucing di dalam karung." Ibarat seseorang yang jatuh cinta melalui media sosial. Foto profilnya cakep, eh pas ketemu aslinya butek wkwk.

Kamu pasti ga maukan kejadian seperti itu? Tips memilih kontrakan murah yang saya rekomendasikan adalah datang langsung ke lokasi. Apalagi jika jarak rumahmu ke kontrakan hanya satu atau dua jam perjalanan. Apa salahnya untuk datang langsung.

Baca juga: Mahasiswa Baru ? Ikuti 5 Tips Ini Agar Kuliahmu Lancar

2. Jika Terkendala Jarak, Pilih Perantara yang Terpercaya

Tips kedua ini merupakan kelanjutan dari tips pertama. Jika rumahmu di Palembang sedangkan kamu lulusnya di universitas yang ada di Jakarta Timur, tentu kesusahan jika langsung datang untuk mengecek kontrakan.

Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perantara yang sudah terpercaya, no tipu-tipu. Salah satu situs yang bisa menjadi rekomendasi pilihan untuk mencari kontrakan murah adalah https://www.sewa-rumah.net. Tidak hanya kontrakan perpintu (bedeng), situs tersebut juga menyediakan sewa rumah. Misalnya, jika kamu ingin mencari sewa rumah di Jakarta Timur bisa langsung memilih kategori rumah yang berada di Jakarta Timur langsung. Dijamin simpel deh.

Kan gak mungkin kalau kita tinggal di Palembang terus datang ke Jakarta hanya untuk cek kondisi kontrakan, sayang duit hehe. Iya, kalau seminggu kemudian langsung kuliah. Tetapi, jika kita baru mau cari kontrakan saat mendekati kuliah, biasanya udah habis sih. Pengalaman saya dulu sehabis pengumuman penerimaan mahasiswa baru, langsung cusss cari kontrakan melalui perantara terpercaya.

3. Cek Akses ke Tempat Penting

Tips ketiga ini tak kalah penting dari kedua tips sebelumnya, kamu perlu tau beberapa fasilitas umum yang tersedia di dekat kontrakan yang kamu pilih. Jangan-jangan kontrakan murah yang ditawarkan tersebut jauh dari akses ke tempat penting seperti rumah makan, rumah sakit atau apotek, toko ATK, perbankan, pasar, dan tempat-tempat lainnya yang menunjang kebutuhan kamu selama bertempat tinggal di kontrakan tersebut.

Baca juga: Begini Cara Presentasi yang Baik untuk Mahasiswa

4. Cari Tahu Jarak Kontrakan ke Kampus

Ketika saya memilih kontrakan, tentu salah satu aspek yang menjadi pertimbangan saya adalah jarak tempuh ke kampus. Mau naik apa? Jalan kaki, ojek, atau naik angkot? Sebagai mahasiswa yang ingin menghemat pengeluaran, saya lebih memilih jalan kaki. Selain, hemat tentu juga menyehatkan.

Tips keempat ini bisa kamu pertimbangkan saat memilih kontrakan murah. Pintar-pintar dalam memilih, kebanyakan memang kontrakan murah itu berlokasi jauh dari kampus. Tetapi, jika cermat dalam mencari kamu pasti bakal ketemu deh dengan harga murah yang gak murahan serta dekat dengan kampus!

Udah itu saja yang bisa saya sampaikan terkait tips memilih kontrakan murah. Semoga bermanfaat ya.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post