Mahasiswa Baru ? Ikuti 5 Tips Ini Agar Kuliahmu Lancar

Pict by: Video PK2 Unsri

Senangnya dalam hati.....diterima di perguruan tinggi *Asikk

Senang sekali bukan? Jika kita diterima di salah satu perguruan tinggi, apalagi yang dituju adalah favorit hati. Bukan main senangnya.

Sebentar lagi teman-teman sekalian akan memasuki fase kuliah, setelah sebelumnya melewati serangkaian alur seleksi. Baik SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan Jalur lainnya, semuanya membuat hati berdegup kencang.

Ada pula beberapa teman-teman yang pastinya kadang merasa khawatir dan cemas, kalau-kalau tidak sesuai ekspektasi. Tenang, calm cuy.

Semua pasti akan ada jalannya lho hehe.

Perpindahan dari siswa menjadi seorang mahasiswa memanglah perlu proses adaptasi, perlahan namun pasti.

Ada beberapa tips yang bisa sobatKus ikuti di bawah ini agar mudah beradaptasi sehingga lancar-luncur dunia perkuliahannya.

Apa saja tips-tipsnya, yuk simak....

1. Jatuh Cintalah dengan Jurusanmu

Pasti disini ada beberapa sobatKus yang merasa salah jurusan, padahal mau masuk Kedokteran eh kesasar di Ekonomi. Salah jurusan banget gitukan? Tenang kawan, takdir tak salah memilihmu. Tentu ada hikmahnya di setiap momen, termasuk momen salah jurusan. Ntah salah klik jurusan pada saat seleksi, atau memang tidak lolos dan alasan lainnya, teman-teman tetap harus bersyukur atas rejekinya yah.

Tips pertama ini adalah Jatuh Cintalah dengan Jurusan sobatKus. Walau merasa salah jurusan, pelan-pelan cobalah sobat mencintai jurusan tersebut. Kuliah tidak samalah dengan sekolah. Mata kuliah pada awal semester memang hampir mirip dengan sekolah, masih bertemu dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, PKN, dan lain-lain. Tetapi, pada saat semester atas sobat akan menemui mata kuliah-mata kuliah yang sudah fokus pada bidangnya. Sehingga sobatKus perlu fokus dan mencintai jurusannya, bagaimana mau lancar kuliah jika sobat tak mencintai jurusan yang diempu?

Bagaimana cara mencintainya? Mulailah menerima kenyataan dan menyukai jurusanmu. 4 tahun bersama jurusan tersebut, sungguh menyiksa jika kita tak mencintainya bukan? hehe. Yuk mulailah belajar yang giat, rutin dan serius.


2. Pandai Memilih Teman Kuliah

Tentu selama kurang lebih 4 tahun kuliah, kita membutuhkan seorang teman. Memilih teman juga menjadi faktor keberhasilah kita selama kuliah. Memilih teman sama halnya memilih masa depan. Mau menjadi seperti apa kamu nantinya?

Teman juga penting untuk menjaga semangat, agar kita bisa terus-terusan fokus dalam mencintai jurusan dan fokus ke masa depan.

Di saat sulit kita butuh teman, tak mungkin kamu bisa bertahan tanpa seorang teman. Carilah temanmu yang sama-sama satu semangat denganmu, berteman dengan orang-orang yang satu visi bisa membuat kita semangat dalam menuntut ilmu.

Kamu bisa mencari teman kuliah dengan ikut berorganisasi lho.

3. Buat Target yang Ingin Dicapai

Kamu mau lulus berapa tahun ? 3,5 tahun atau 4 tahun atau malah lebih? hemm mari kita buat Goals yang ingin dicapai.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di saat kuliah, tentu sobatKus tidak ingin jika kuliah hanya sekadar kuliah yakan? Ayo mulailah membuat target selama kuliah, apa-apa saja yang ingin dicapai. Tulis dan tempel di tempat yang sering kamu lihat.

Kalau saya Goals-nya apa? Ada deh hehe

Sebenarnya apa sih gunanya membuat target? Ibarat kata, kita ingin keliling Indonesia tapi tidak ada target yang disasar rasanya hanya sekadar berkeliling saja. Coba kita membuat target, bulan Januari mau ke Aceh, bulan Februari ke Padang, Maret Jakarta, dan seterusnya. Dengan adanya target perjalanan kita menjadi terencana dan terarah pastinya.

Yuk, kamu bisa saja membuat target seperti ini:

1. Semester satu IP 4,00
2. Semester dua IPK diatas 3,80
3. Semester tiga mulai ikut organisasi dan lomba
4. Semester empat mulai bla bla apa saja
dst.
Di semester terakhir kamu sudah fokus skripsi dengan segala pencapaian yang sudah kamu torehkan. Mantap sekali bukan?

4. Jangan Malu SKSD dengan Senior

Ini kerjaannya saya sih*ehh
SKSD atau dikenal dengan perpanjangan dari Sok Kenal Sok Dekat. Hal ini baik digunakan, dalam tanda kutip untuk hal yang positif. Sebagai mahasiswa baru, terkadang kita memiliki hambatan untuk beradaptasi dengan segala hal yang baru kita kenal di dunia kampus. Baik dari organisasi, mata kuliah, cara mengajar dosen, dan seputar kuliah lainnya.

Kesusahan dalam mengerjakan tugas? Jika kita kenal dan dekat dengan senior, bisa saja membantu kita yang kesusahan. SobatKus juga bisa meminta tips dari senior tentang cara belajar masing-masing dosen seperti tugasnya, ulangan, hingga cara mudah dapet nilai A. Waduh hehe.

Kemudian, jika kita berhubungan dekat juga dengan senior yang aktif berorganisasi bahkan ikut kompetisi, siapa tau kita bisa diajak untuk ikut serta bergabung aktif bersamanya. Apalagi kalau senior kita punya bisnis, siapa tau diajak berbisnis kan asik juga. Sekarang ada banyak pilihan ide bisnis untuk mahasiswa, yuk dekati senior dan gali informasi.  

So, jangan malu untuk SKSD :D

5. Pintar Mengatur Keuangan

Kamu anak rantau? Jauh dari orang tua? Kudu pintar mengatur laju pengeluaran uang sehari-hari. Bisa membuat list belanjaan mingguan, belanja bulanan, hingga tahunan.

Jika kamu anak rantau, saya sarankan untuk sedikit demi sedikit belajar memasak. Dengan memasak sendiri kita akan lebih banyak memperoleh manfaat, ketimbang membeli masakan secara instan.

Pertama, manfaat memasak sendiri kamu bisa lebih menghemat pengeluaran! Wow jelaslah. Jika kita asumsikan, makan pagi Rp 5.000, siang Rp 10.000, malam Rp 10.000, anggaplah untuk makan sehari menghabiskan uang Rp 25.000. Hampir seharga ayam sekilo *kalo lagi murah meriah :v

Coba memasak sendiri, anggap saja belanja lauk dan sayur untuk stock satu minggu kita target Rp 100.000. Misal 25rb dikali 7 hari totalnya 175ribu. Dengan memasak sendiri kita bisa menghemat 75ribu, kece bangetkan? Ini hanyalah contoh semata, pun saya kalau bosen makan masakan sendiri juga beli yang instan.

Kedua, kamu bisa lebih terhindar dari segala macam makanan yang kita sendiri belum tau sehat atau tidaknya, bersih tidak cara pengolahannya dan lain-lain.

Bulanan, kamu bisa mencatat atau meng-anggarkan apa saja yang dibeli setiap bulan. Misalnya, token listrik dan kuota.

Tahunan, sisihkan untuk membeli buku atau hal lain yang bisa bermanfaat dan menunjang kuliahmu.

Udah, mungkin itu saja yang bisa penulis sampaikan. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, boleh dong dikomen apa-apa saja selain kelima tips di atas yang bisa dilakukan untuk mahasiswa baru :D

36 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Bener banget sih untuk kuliah itu bisa dimulai dari mencintai jurusan yang dipilih karena emang suka atau dipilih karena terpaksa (tidak diterima di A pindah ke B). Kalo mencintai dengan tulus pasti bakal selesai dengan cepat, yakin deh hehe. Oiya jangan lupa juga pilih temen yang emang punya mimpi mau lulus, atau temen yang bisa diajak kerja bareng. Kalo temenan sama yang lulusnya lama ya bakal ikut lama, karena pertemanan sangat berpengaruh banget sama lama tidaknya lulus itu hehe. Aplagi kalau udah membuat target lulus 3,5 tahun cumlaude kan keren hehe. Tips tips diatas memang bagus banget sih, dan real banget sama kehidupan kuliah saat ini. Apalagi soal keuangan harus pandai pandai mengatur dengan baik, kalo gak pasti bakal kesusahan banget.. (Aku masih susah nih, perlu banyak belajar untuk mengurus keuangan biar bisa tertata dengan baik) Harus bisa memilih mana yang penting dan tidak, apalagi kalau yang merantau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kak bener, kudu cinta dungs sama jurusan kita. Perlahan namun pasti, sedikit demi sedikit kita belajar cara mencintai jurusan kita. Bisa dimulai dengan hadir di kelas, datang tepat waktu, menyimak dosen, atau pun dengan cara lainnya.

      Dan dalam belajar mencintai kita butuh teman uhuyy.

      Semoga aku bisa lulus sesuai target, Aamiin

      Delete
  2. Waah menarik nih bagi yang sedang menjalani aktifitas kuliah. Setidaknya bisa jadi panduan dalam menghadapi ataupun berinteraksi dalam lingkungan kampus.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya kak, semoga adik-adik yang baru lulus bisa terbantu dengan tips ini๐Ÿ˜€

      Delete
  3. Replies
    1. Mungkin bisa dishare ke adiknya kak hehe

      Delete
  4. Menarik nih postingannya.
    Semangat saya sebagai mahasiswa teteup...keliatan koq dari tulisan saya di blog..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasihh, semangat untuk kita semua yang masih berlabel mahasiswa๐Ÿ˜Š

      Delete
  5. Saya belum bisa kasih tips buat mahasiswa baru karena ngga pernah kuliah mbak, tapi hampir semua tips yang mbak Kus bagikan betul kok, cintai jurusan kuliahmu, pandai memilih teman kuliah agar tidak salah, buat target agar empat tahun lulus, pintar mengatur keuangan agar irit, kalo sksd mungkin ya mungkin ngga.๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Agus, semoga saja dengan adanya tips ini bisa mempermudah dalam beradaptasi bagi mahasiswa baru yahhh.

      Delete
    2. Betul mbak, adaptasi juga penting bagi mahasiswa terutama yang baru.

      Delete
  6. Semua tips yang mbak kus bagikan itu bener banget loh, salah satunya "harus mencintai Jurusan"
    Ya iyalah, gimana kita mau semangat kuliah kalo kita gak cinta sama jurusan yang kita ambil, ya kan? Hahaa
    Karena itu terjadi sama diri aku sendiri, ambil jurusan Manajemen Informatika, awalnya yang terpikir jurusan itu enak, eh setelah dijalani ternyata itu bukan jurusan yang aku inginkan, tapi karna udah terlanjur kan ya, jadi harus dicintai biar kuliahnya semangat...
    *eits..kok curcol nih

    Makasih tips nya mbak, sangat bermanfaat terutama untuk adik adik yang baru saja akan bertemu bangku kuliah..tetap semangat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manajemen informatika itu jurusan yang ada di fakultas ilmu komputer gak sih mbak? hehe baru kali ini dengernya, pasti berhubungan dengan koding mengoding nih asique.

      Gpp mbak, tetap lanjutkan belajar mencintai jurusannya. Sama kok dengan saya, saya ngambil akuntansi karena dulu pas SMA belajar ekonomi baru dasar-dasar akuntansinya aja. Eh pas kuliah sumpah kompleks banget mbak. Tapi, tetap bersyukur dan harus semangat terus.

      Delete
  7. hehe masihh awal nanti masih semangat semangatnya nih.. nanti pas dah 2 thn kuliah mulai capek wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho kok saya merasa tertampar haha

      Iya sih capek pasti ada, tapi yang penting bagaimana cara kita mengelola capek itu hehe

      Delete
  8. Kuncinya memang harus pintar beradaptasi, mulai dari lingkungan kampus, kuliah, organisasi, dsb. Tapi, memang softskill yang harus diperhatikan karena tidak didapat di ilmu kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr banget kak, kita kudu upgrade softskill nih karena di kelas kita tidak mempelajarinya

      Delete
  9. Bagus banget ini dibaca mahasiswa baru. Jadi ingat dulu gitu kan, kayak tersesat gak kenal siapa-siapa, masih sangat perlu adaptasi dan membangun komunikasi dengan orang-orang sekitar. Tapi itu awalnya saja kok, yang pasti jangan takut waktu berada di lingkungan baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu beradaptasi, dan bangunlah relasi agar tak merasa sendiri hihi

      Delete
  10. Jadi inget jaman dulu gw kuliah. Gw sih kuliahnya di jurusan yang emang gw inginkan. Jadi seneng aja. Cari temen tuh tegaan, yang tega ngomelin kita kalo males kuliah, males ngerjain tugas. Alhamdulillah gw lulus dengan baik. Fiuhhh...

    Oh iya, selama kuliah banyal-banyak cari temen. Karena selama kuliah itu waktunya membangun jaringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kudu jadi orang yang tegaan ya๐Ÿ˜‚

      Delete
  11. Mahasiswa baru itu emang masa galaw setelah dua belas tahun berseragam .Saya yang terselip masuk jurusan plan B ๐Ÿ˜.Tapi ya itu dinikmati sebagai kehendak Tuhan dan diselesaikan tepat waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada rencana lain ya mbak, semoga tetap di syukuri walau masuk ke jurusan yang dinomorduakann dari pilihan pertama kita hehe

      Delete
  12. Jadi teringat masa masih jadi mahasiswa unyu. Ehe.

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat dulu jadi mahasiswa baru masih belum menci tai jurusan yang ada. Jadinya ogah-ogahan. :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu ya kak, sama kok perlahan aja belajar mencintainya ๐Ÿ˜…

      Delete
  14. Kurang satu tips buat di nomor dua

    Jatuh cintalah pada teman sejurusanmu agar jatuh cinta pada jurusanmu

    ReplyDelete
  15. Kalau tips dari aku, jangan cuman kuliah aja sebisa mungkin ikut organisasi, komunitas, student summit, conference, yang memang sangat dibutuhkan skillnya usai kuliah nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, mantep nih tips tambahannya hehe

      Delete
  16. Duh kalo ingat kuliah... ut sampai S1 saya sampe harus di DO dari 2 PTN dan total menyelesaikan S1 pada 4 PTN :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga ya kak, sampe 4 PTN untuk. S1 nya hehe

      Delete
  17. satu masukan dari saya jangan gunakan sistem SKS (sistem kebut semalam ...@)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk ya gimana saya kadang sering juga sih maen SKS. Moga dedek maba gak ngikutin seniornya kayak aku ini ๐Ÿ˜‚

      Delete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post