Yuk Baca! Alasan Kenapa Kamu Harus Berorganisasi

Aku dan Teman-temanku


Kamu sudah baca belum, artikel saya minggu lalu? Bercerita tentang mahasiswa baru. Yuk dibaca dulu, agar artikel kali ini bisa kamu resapi sedalam mungkin. Klik disini:

Selamat pagi, siang, malam Sobat Kuskus Pintar :D

Pada artikel kali ini, saya akan sedikit banyak bercerita mengenai organisasi di kampus. Lebih tepatnya bercerita tentang alasan kenapa kamu haru gabung ke dalam organisasi mahasiswa.

Dulu, sewaktu saya SMA, saya hanya mengikuti segelintir ekstrakurikuler yang ada. Saya hanya ikut rohis, pramuka (bukan peminatan) tapi satuan karya di luar ekskul sekolah, dan Karya Ilmiah Remaja. Hanya tiga yang kesemuanya saya seringkali bolong-bolong kehadirannya. Ya, bisa dikatakan saya dulu kutu buku. Di sekolah belajar, pulang sekolah belajar. Padahal kita butuh yang namanya waktu untuk melepas lelah yaitu saat mengikuti ekskul.

Bagaimana untuk mahasiswa ?

Saya sudah mulai menyadari, saya butuh berorganisasi. Saya tidak bisa terus-terusan hanya kuliah-pulang atau kuliah-nangkring. Saya ingin merasakan aroma dunia kerja, dimana hal-hal tersebut saya dapatkan di organisasi salah satunya kuliah-rapat.

Jadi, apakah KUPU-KUPU atau KUNANG-KUNANG atau KURA-KURA ??

Ketiga hal tersebut bisa kita kolaborasikan. Tidak setiap harinya kita rapat organisasi bukan? Ada kalanya, kita bisa langsung pulang ke rumah. Dan ada kalanya kita bisa rapat sambil nangkring.

Yuk sini saya ceritak Beberapa Alasan Kenapa Kamu Harus Berorganisasi.

1. Menambah teman

Pada artikel sebelumnya, saya bercerita ketika sobatKus menjadi Mahasiswa Baru perlu mencari teman untuk kelancaran kuliah. Nah kamu bisa mencoba mencari teman melalui jalur berorganisasi. Ketika kita ikut organisasi kampus, kita akan menemui banyak macam manusia. Jika beruntung, kamu bisa mencari teman hidup *ehh

Relasi itu penting, dengan berorganisasi kamu bisa menambah teman.

2. Cari pengalaman 

Sering dengar quotes gini gak ?
Pengalaman adalah guru terbaik.
Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kalimat di atas. Sebenarnya alasan yang klasik sekali, ketika ada wawancara open recruitment anggota sebagian besar menyebutkan "Mau cari pengalaman." Lantas pengalaman seperti apa yang kita cari? Banyak sih pengalaman-pengalaman yang diperoleh ketika kita berorganisasi. Apalagi ketika SobatKus ikut dalam beberapa corak organisasi yang berbeda-beda, pastinya pula akan kaya pengalaman.

Misalnya, sobat bisa ikut organisasi dengan corak Keagamaan, Lembaga Dakwah Fakultas atau Lembaga Dakwah Kampus bisa sobat ikuti. Atau mau dengan mengikuti corak pengalaman anak alam, sobat bisa mengikuti Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) atau Pramuka.

Mau ikut organisasi perpolitikan? Bisa ikut BEM atau DPM atau DKM.

Organisasi sosial? Bisa mengikuti Palang Merah Indonesia (PMI).

Atau sobatKus tipe kutu buku yang pengen berorganisasi tapi tetap berkaitan dengan teori akademik? Bisa banget ikut organisasi keilmiahan.

Mau cari pengalaman di corak yang bagaimana? Yuk berorganisasi.

3. Belajar Manajemen Organisasi

Organisasi itu bisa dikatakan gambaran sederhana dari dunia kerja. Kita bisa belajar manajemen sejak dini, sebelum nantinya akan benar-benar masuk ke dalam dunia kerja.

Tau sama fungsi manajemen yang POAC ? Bagi anak-anak se-Faklutas Ekonomi pasti sudah pernah mendapatkan materi kuliah tentang ini.

POAC merupakan singkatan dari Planning, Organizing, Actuating, and Controlling.

Kami (anak organisasi) sudah menjadi makanan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan untuk terus menikmati POAC. Setiap divisi atau departemen di organisasi tentunya memiliki Proker (Program Kerja) yang perlu direalisasikan. Kita butuh memahami fungsi manajemen yakni POAC. Nah belajar secara langsung bisa kita dapatkan dengan ikut dalam kegiatan berorganisasi.

Planinng, merencanakan agenda agar dapat mencapai maksud dan tujuannya. Organizing, membagi anggota ke dalam beberapa bagian untuk secara bersama dapat mencapai tujuan. Actuating, memastikan bahwa manusia atau anggota dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai pendelegasian ranah kerja. Controlling, butuh kontrol demi berada di jalur yang tepat dalam mencapai tujuan.


4. Mengoptimalkan Potensi Diri

Terbentur dan terbentuk, begitulah pola dalam mengoptimalkan potensi diri. Salah satu cara untuk mengoptimakannya dapat dilakukan dengan cara berorganisasi. Saya ingat betul, dulu saya susah sekali untuk berbicara secara tertata. Saya juga pribadi yang pendiam, malu untuk menyampaikan pendapat di depan orang banyak.

Perlahan namun pasti, saya banyak belajar di dalam organisasi tentang bagaimana mengutarakan pendapat dan berani untuk berbicara. Alhasil, sekarang saya sudah mulai memahami kondisi diri bahwa benar saya seorang pendiam tapi tentu harus bisa tidak diam saat diperlukan. 

5. Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Mau menjadi pribadi yang bermanfaat? Yuk berorganisasi :D

Iya, betul sekali dengan berorganisasi kita dapat mencari ladang pahala dengan cari memberi manfaat kepada sekitar. Pernah nggak sih melihat teman-teman kita yang bawa kardus bertuliskan berbagai seruan sosial "Donasi untuk Korban Kebakaran", "Save Palestin", "Teman Kita Butuh Uluran Tangan" dan lain sebagainya.

Banyak agenda kebermanfaatan yang bisa kita peroleh di dalam unit organisasi. Masih mau kuliah-pulang dan kuliah-nangkring terus nih ? Saatnya buat revolusi baru dalam dirimu sob hehe.

Ingat juga, bahwa di dalam hadist Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
Sebaik-baiknya Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”
Mari berorganisasi asique

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, jika kurang nanti saya revisi kembali hehe.

Kucing Lapar, Sedang berari-lari.
Kuskus Pintar, Pamit Undur Diri.

Semoga bermanfaat ^_^

Update terbaru, kepo lebih lanjut!:

24 Responses to "Yuk Baca! Alasan Kenapa Kamu Harus Berorganisasi"

  1. Sampe sekarang masih terngiang yang tulisannya "...Jika beruntung, kamu bisa mencari teman hidup *ehh". Pada bagian pertama dari manfaat berorganisasi menurut artikel ini. Sebuah pernyataan yang benar-benar jujur dan sesuai dengan fakta di lapangan. Hehe.

    Burung kedasih, terbang menari-nari.
    Kukus pintar makasih, Minggu depan ayo post blog lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah benerkan omongan reski hehe

      Buktinya aja baru-baru ini ada yang gelar tendakan hihi

      Delete
  2. seperti simpulan bahasa, jangan jadi kera sumbang, yakni orang yang enggan berkawan, hanya mahu menyendiri. mana boleh begitu? kita perlu hidup dengan adanya teman2... kita bukan hidup dalam hutan ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye betul sekalilah kak. Kita nih manusia sosial yang butuh kawanke

      Delete
  3. Dulu zaman kuliah q sama sekali nggak berorganisasi di dalam kampus, nggak tahu kenapa nggak nyaman aja. Malah lebih nyaman gabung organisasi luar kampus, hehe
    Bener bgt sih, manfaat organisasi banyak bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh tho sama-sama berorganisasi kan mbak.

      Mau di internal, mau di eksternal kitakan juga butuh kenyamanan. Namanya juga satu atap, kudu nyaman dulu ey hehe

      Delete
  4. aku lebih setuju untuk mengasah kemampuan diluar kurikulum ( misal belajar nulis, ngoding, buat animasi dsb ) dibandingkan dengan ikut organisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe kudu berimbang juga bisa sih. Dengan ikut berorganisasi skill nambah😁

      Delete
  5. btw, navbarnya jadi keren banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh terima kasih kakak. Lagi belajar otak-atik tampilan blog. Eh kebetulan ketemu sma template yg asik, jadi enak ngaturnya hihi

      Delete
  6. Orang yang pengalaman berorganisasi biasanya jg pas kerja baik secara manajerial. Kata bos ku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti pas saya kerja dapat menerapkan ilmu-ilmu yang saya peroleh selama organisasi. Moga lancar nih heheh

      Delete
  7. cari pengalaman dan pengembangan diri sih itu penting.. cara menghadapi orang nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman dan pengembangan diri, jika sudah memenuhi kapabilitas yang wow, mudah saja menghadapi orang lain. namun, yang sering menjadi masalah, kita belum punya banyak pengalaman :"

      Delete
  8. Selain buat mahasiswa, berorganisasi juga bisa buat blogger, biar jadi tahu kalo ada event apa begitu bisa tambah ilmu dan pastinya tambah sahabat ya mbak.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul, blogger juga bisa berorganisasi...mantul, mantap betul

      Delete
  9. Dari jaman sekolah saya paling senang ikut berorganisasi
    Dan biasanya didapuk menjadi ketuanya
    Jadi punya pengalaman dan teman banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul nih, kalo orang sudah percaya sama kita maka mereka tidak segan-segan memberikan amanah.

      Delete
  10. Setuju sih dengan apa yang dituliskan di artikel ini, ya karena aku sendiri mengalaminya, seneng organisasi dari SMP, sa, sempai kuliah memang ikutan, pernah juga ngejabar jadi ketua juga. Seru banget sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru nih, apalagi dijalani dengan ikhlas. Tapi, terkadang ada aja yang ngeluh capeknya berorganisasi. Padahal kalo kita berpikir positif banyak sekali manfaat yang diperoleh dari berorganisasi ini hehe

      Delete
    2. Betul, capek mah wajar, tapi dari situ kita dapat pelajaran dan ilmu juga. Terlebih teman baru dan pengalaman baru juga..

      Kalau udah lengser kadang suka kangen berorganisasi juga..hehe

      Delete
    3. Iya benee, padahal baru kemarin saya lengser dari pengurus organisasi. Rasanya rindu sekali untuk aktif kembali, tapi ya mau bagaimana lagi setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya.

      Sudab habis masa saya, sekarang giliran adik-adik yang melanjutkan😊

      Delete

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel