Persiapkan Hal Berikut Sebelum Daftar Kuliah

Daftar Isi [Tampil]

Persiapkan Hal Berikut Sebelum Daftar Kuliah


Info pendaftaran Universitas Janabadra terbaru mungkin adalah info yang kini sedang banyak dicari oleh calon mahasiswa. Universitas Janabadra adalah salah satu universitas swasta favorit yang ada di Kota Jogja. Kampus Universitas Janabadra yang terletak di Bumijo, Jetis Yogyakarta ini memiliki 4 macam fakultas yaitu Fakultas Teknik, Pertanian, Ekonomi dan Hukum.

Ketahui Info Terbaru di Universitas Janabadra yang Paling Update

Untuk pendaftaran di Universitas Janabadra ini terbagi menjadi 2 gelombang pendaftaran. Gelombang pertama adalah gelombang reguler yang dilaksanakan dari mulai Bulan Januari hingga Agustus. Kemudian, ada juga gelombang khusus yang dilakukan pada waktu tertentu saja.

Nah, berikut ini adalah beberapa info yang harus kamu ketahui mengenai jalur pendaftaran mahasiswa baru yang ada di Universitas Janabadra. Jalur pendaftaran di universitas ini ada 4 jalur pendaftaran masuk Universitas Janabadra. Berikut ulasan singkatnya untuk kamu pelajari terlebih dahulu.


1. Jalur reguler 

Pertama yaitu melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Untuk melalui jalur ini kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu baik via online maupun offline. Paling mudah tentu mendaftar via online yang bisa dilakukan dari rumah. Persyaratan berkas yang dibutuhkan antara lain adalah fotokopi ijazah atau Surat Keterangan Lulus dan buku raport kelas XII yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah.

2. Jalur prestasi

Jalur masuk universitas yang kedua adalah di mana mahasiswa diterima tanpa tes melainkan hanya menggunakan nilai raport saja atau menggunakan prestasi bakat atau minat. Syarat menempuh jalur ini adalah memiliki nilai ujian rata-rata 80,00 dan memiliki prestasi di bidang seni atau olahraga. Dengan prestasi juara 1 hingga 3 dalam kejuaraan tingkat provinsi, nasional atau internasional yang diperoleh kurun waktu 1 tahun sebelum pendaftaran.

3. Alih jalur

Jalur yang ketiga adalah jalur alih prestasi. Jalur ini khusus untuk mereka mahasiswa pindahan dari universitas atau sekolah tinggi lainnya.  Dan perlu diketahui bahwa jalur ini hanya berlaku untuk program S1 saja. Serta jalur ini juga tak menerima pindahan dari luar negeri. Syarat yang dibutuhkan antara lain adalah transkrip nilai beserta fotokopi ijazah SMA atau sederajat dan Surat Keterangan Pindah dari perguruan tinggi asal.

4. Jalur karyawan

Jalur ini umum disebut kelas karyawan. Di mana berisi para mahasiswa yang merangkap menjadi karyawan. Kamu bisa mendapatkan info pendaftaran kuliah online tahun 2020 yang menerima kelas karyawan untukmu. Di kelas ini waktu perkuliahan dimulai dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB sehingga sesuai dengan  jadwal bekerja masing-masing karyawan. Adapun syarat yang dibutuhkan adalah surat keterangan bekerja atau menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Persiapkan Hal Penting Berikut Sebelum Daftar Kuliah

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftar kuliah. Yang pertama adalah dengan beralih dari sikap pasif ke aktif. Kehidupan perkuliahan tentunya sangat berbeda jauh dari kehidupan pada masa SMA. Kamu harus lebih aktif untuk mengurus semua kebutuhan dan apa yang diperlukan dalam hidupmu.

Kemudian hal berikutnya adalah dimana kamu harus siap lebih mandiri  dalam segala hal. Dari mulai mengurus diri sendiri jika kamu harus kost, mengurus mata kuliah apa yang akan diambil di semester ini, akan melakukan remidial atau tidak dan lain sebagainya.

Kamu juga harus memiliki manajemen waktu yang baik. Sehingga bukan hanya tugas kuliah saja yang bisa selesai dengan baik. Namun, kamu juga bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik dengan seluruh komunitas atau organisasi yang ada di kampus kamu.

Pelajari dengan baik jurusan dan tempat kuliah kamu kuliah sehingga bisa menyelesaikannya dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk memperbanyak dan memperluas jaringan. Manfaatnya akan kamu dapatkan kelak setelah kamu lulus kuliah nanti.

Kenali apa hobi atau bakatmu sehingga bisa mengikuti kegiatan non akademik yang bisa membantu mengembangkan bakat dan minatmu. Ikut organisasi baik organisasi internal kampus maupun eksternal kampus yang juga akan mendukung kamu untuk mendapatkan teman atau jaringan seluas-luasnya. Siapkan perlengkapan kuliah yang memadai salah satunya adalah smartphone untuk memudahkan Kamu mengakses aplikasi goKampus sesuai kebutuhan kamu.


1 Comments

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

  1. Terima kasih buat infonya Mbak, mana tau ada sepupu yang pengen daftar ke sana.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post