Cara Menggunakan Laptop ASUS untuk Pemula Semua Profesi

Daftar isi [Tampil]
Cara menggunakan laptop ASUS untuk pemula
Cara menggunakan laptop ASUS untuk pemula

Di zaman yang serba teknologi seperti saat ini, sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Berbagai perangkat yang biasa digunakan yaitu, HP, Laptop, atau PC. Laptop atau PC bisa digunakan secara profesional, baik untuk bekerja maupun belajar. Kali ini akan dibahas cara menggunakan laptop ASUS untuk pemula.

Menurut Contekan.net cara belajar laptop dengan cepat adalah dengan mengetahui perintah-perintah dasar dari laptop yang Anda gunakan. Misalnya, cara menghidupkan laptop, mematikan laptop, membuka aplikasi, dan lain sebagainya. Langkah-langkah dasar dalam penggunaan laptop ASUS untuk pemula.
 

Cara Menghidupkan Laptop

Cara menggunakan laptop ASUS untuk pemula yang pertama tentunya Anda harus mengetahui cara menghidupkan laptop dengan benar. Perangkat elektronik seperti laptop, HP maupun komputer hanya bisa berfungsi ketika dioperasikan oleh seseorang. 

Laptop tidak akan bisa digunakan untuk bekerja dalam kondisi tidak aktif/mati. Oleh karena itu, Anda perlu menghidupkan laptop adalah langkah yang paling utama untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Cara menghidupkan laptop yang benar dan baik adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan laptop yang akan Anda gunakan. Pastikan terlebih dahulu tangan tidak basah saat menyalakan laptop untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  2. Buka layar laptop yang masih tertutup secara perlahan agar tombol power dan tombol lainnya terlihat.
  3. Tekan satu kali tombol power untuk menghidupkan laptop dan tunggu hingga layar menyala yang menandakan bahwa proses booting sedang berjalan. 
  4. Agar proses menyalakan laptop berjalan lancar, jangan mengotak-atik laptop tersebut saat proses booting berlangsung.
  5. Tunggu hingga layar desktop laptop Anda muncul yang menandakan proses menghidupkan laptop berhasil. 
  6. Setelah laptop berhasil menyala, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara menyalakan lampu keyboard di laptop.

Cara Menyalakan Keyboard Laptop 

Cara menggunakan laptop ASUS untuk pemula
Cara menggunakan laptop ASUS untuk pemula

Beberapa model laptop memungkinkan pengguna untuk menyalakan keyboard laptopnya karena terdapat lampu tanam pada setiap tombolnya. Dengan fitur tersebut, Anda bisa menyalakan keyboard laptop pada saat yang dibutuhkan, misalnya ketika di ruangan yang gelap.

Masing-masing merk laptop memiliki cara yang berbeda dalam mengaktifkan cahaya keyboard yang ada pada laptop. Cara menyalakan keyboard laptop ASUS adalah sebagai berikut:

  1. Hidupkan laptop ASUS Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, cari ikon lampu pada tombol keyboard untuk menyalakan keyboard laptop. Sebagian besar model laptop ASUS memiliki tombol untuk mengatur lampu keyboard di tombol F7, F3 atau F4. Pada laptop gaming biasanya menggunakan tombol panah untuk mengarah ke atas dan ke bawah.
  3. Kemudian tekan tombol Fn dan tombol ikon lampu laptop pada keyboard secara bersamaan untuk menyalakannya. Contohnya, tekan Fn+F7, jika icon lampu keyboard berada di tombol F7. Untuk laptop ASUS gaming, tekan tombol Fn+Panah Atas atau Panah Bawah bersamaan.
  4. Saat ini pembelajaran banyak yang dilakukan secara online. Dengan demikian, Anda perlu mengetahui cara menggunakan laptop untuk belajar online ataupun mengerjakan tugas sekolah, yaitu dengan membuka aplikasi yang dibutuhkan.

Cara Membuka Aplikasi di Laptop ASUS

Membuka aplikasi di laptop dapat dilakukan melalui icon shortcut desktop atau melalui menu start. Cara menggunakan laptop ASUS untuk pemula dalam membuka aplikasi adalah sebagai berikut:

Melalui Ikon Shortcut  Desktop

Cara membuka aplikasi di laptop melalui ikon shortcut di desktop adalah sebagai berikut:

  1. Pada tampilan desktop laptop yang menyala terdapat berbagai ikon atau shortcut.
  2. Untuk membuka aplikasi yang Anda inginkan, klik ikon tersebut 2x.
  3. Setelah itu, tunggu hingga aplikasi terbuka. Jika sudah terbuka, maka Anda sudah bisa menggunakannya.
  4. Tutup aplikasi yang telah selesai digunakan dengan cara klik tombol silang yang terdapat di pojok kanan atas layar laptop. 
  5. Jika ikon atau shortcut aplikasi yang Anda butuhkan tidak ada di tampilan desktop, Anda bisa mencarinya melalui menu start.

Melalui Menu Start

Cara membuka aplikasi di laptop melalui menu start adalah sebagai berikut:

  1. Pada laptop yang sudah menyala, klik tombol Start yang berada di pojok kiri bawah.
  2. Setelah itu akan tampil banyak shortcut di sana. Bagi pengguna Windows 11, Anda bisa melihat semua shortcut dengan cara klik All Apps di menu start tersebut.
  3. Cari icon aplikasi yang ingin Anda buka.
  4. Kemudian, klik 1 kali shortcut tersebut, lalu aplikasi akan terbuka.
  5. Jika sudah selesai menggunakan aplikasi, Anda bisa menutupnya dengan klik tombol silang di pojok kanan atas layar laptop.
Baca juga:

Cara Mematikan Laptop dengan Benar

Setelah selesai menggunakan laptop dan mengetahui cara mengoperasikan laptop ASUS, selanjutnya Anda harus mematikannya dengan benar. Cara mematikan laptop ASUS di Windows 10 adalah sebagai berikut:

  1. Klik tombol Start pada bagian pojok kiri bawah taskbar, lalu akan muncul menu start Windows 10.
  2. Setelah itu, klik menu Power dan akan muncul beberapa opsi.
  3. Klik pilihan Shut down, lalu laptop akan memproses untuk mematikan laptop Anda.

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan laptop ASUS untuk pemula. Selain itu, Anda juga bisa belajar dari buku panduan laptop ASUS. Semoga postingan ini bermanfaat ya!
Lebih baru Lebih lama