Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah yang Simpel

Daftar isi [Tampil]
Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Cara menghitung biaya renovasi rumah bisa dibedakan menjadi beberapa rumus tergantung tipe rumah itu sendiri. Rumah merupakan tempat hunian yang dipakai oleh manusia untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari tidur, mandi, istirahat, dan lain-lain.

Oleh karena itu, orang-orang yang ingin merenovasi rumah mereka karena menginginkan hunian yang di tempat tersebut menjadi lebih nyaman. Apabila Anda bisa merasa nyaman di rumah sendiri tentu itu adalah kebahagiaan tersendiri. Namun, sebelum itu Anda perlu menyiapkan biaya renovasi rumah sesuai budget. 

Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah Berdasarkan Tipe dan Jenis

Cara menghitung perkiraan biaya renovasi rumah bisa dilihat dari tipe rumah itu sendiri. Setiap tipe rumah mempunyai perkiraan biaya yang berbeda-beda, tergantung luas area. Berikut adalah rumus menghitung anggaran renovasi rumah:

Total biaya = biaya renovasi per meter x luas rumah
Misalnya, biaya renovasi rumah di kampung dengan luas area 40 m2  dibandrol dengan harga Rp 1.500.000 per meter. Jadi, penghitungan total biaya sebagai berikut. 

Total biaya = 1.500.000 x 40 m2
Total biaya = Rp 60.000.000

Kira-kira seperti itu taksiran harga untuk rumah dengan luas area 40 meter persegi. Jika Anda ingin mengetahui detail harganya, bisa konsultasikan terlebih dahulu bersama jasa renovasi rumah yang kamu pilih. Pastikan taksiran harga tersebut bisa tercukupi dengan budget yang Anda miliki.

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa taksiran biaya renovasi rumah untuk berbagai tipe yaitu sebagai berikut:

1. Rumah Tipe 36

Bagi Anda yang memiliki rumah tipe 36 bisa melakukan renovasi dengan sistem borongan. Hal itu dimaksudkan agar pengerjaan renovasi bisa lebih efisien. Jadi, semisal estimasi perkiraan biaya renovasi sebesar 1.500.000 per meternya, maka total biaya renovasi yang perlu Anda keluarkan kurang lebih sekitar Rp 54.000.000.

2. Rumah Tipe 45

Selanjutnya, rumah tipe 45 memiliki luas yang lebih besar dari tipe sebelumnya. Anda juga bisa menerapkan sistem borongan untuk merenovasi rumah ini. Jika disamakan dengan estimasi biaya sebelumnya, 1.500.000 per meter untuk rumah 2 lantai dengan total luas 45 m2  berapakah total biayanya?

Total biaya yang perlu Anda keluarkan untuk membayar renovasi rumah adalah sekitar Rp 67.500.000. Harga tersebut bisa menjadi lebih murah atau mahal tergantung material atau konsep renovasi yang Anda inginkan. Selain itu, estimasi biaya perbaikan per meter untuk pemborong juga bervariasi.


3. Rumah Minimalis

Merenovasi rumah minimalis sebenarnya tidak selalu harus mengeluarkan banyak dana. Anda perlu memperhitungkan bagian-bagian rumah mana yang menjadi prioritas untuk diperbaiki. Misalnya bagian plafon, atap, kamar mandi, atau lainnya. Umumnya, biaya yang perlu Anda siapkan yaitu biaya tukang dan biaya bahan baku. 

Bahan baku ini sendiri adalah material yang digunakan merenovasi rumah. Misalnya seperti semen, pasir, keramik, cat tembok, paku beton, genteng, dan material lainnya sesuai dengan bagian rumah yang hendak direnovasi. Cara menghitung biaya renovasi rumah meliputi pembelian bahan baku dan biaya tukang. 


4. Rumah di Kampung

Rumah di kampung juga memerlukan yang namanya renovasi. Meskipun sebagian rumah di kampung menggunakan model rumah yang lama, tetapi mungkin bisa lebih efisien merenovasi rumah tersebut daripada membuat baru. Anda bisa memilih berbagai macam konsep model rumah untuk diterapkan pada rumah di kampung. 

Misalnya seperti membuat rooftop, menambahkan jalan setapak, dan lain sebagainya. Gaya-gaya pada rumah bisa ditambahkan secara bertahap ketika Anda mempunyai ide-ide menarik yang ingin direalisasikan. 

Penghitungan biaya di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi. Akan tetapi, setiap pemborong mematok biaya renovasi yang berbeda-beda sehingga Anda perlu menyiapkan dana yang cukup. 

Penutup

Setelah mengetahui cara menghitung biaya renovasi rumah, selanjutnya Anda perlu mencari tukang. Tenang saja, kini ada Kanggo atau aplikasi #TukangReadyGo di mana Anda bisa mendapatkan tukang dengan mudah dan cepat dengan klik saja. Tunggu apalagi? Segera unduh Kanggo untuk mencarikan Anda tukang.
Lebih baru Lebih lama