5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Biar Semangat

Daftar isi [Tampil]
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

KuskusPintar.com - Saat masih berada dalam bangku sekolah, motivasi belajar merupakan hal langka yang sukar untuk didapatkan. Padahal, sudah ada sejumlah cara meningkatkan motivasi belajar siswa yang bisa membuatnya jadi lebih pintar dan tentu saja lebih berprestasi. Sebelum masa sekolah usai dan menyesalinya, kamu mungkin harus tahu ini.

Cara meningkatkan motivasi ini, mungkin untuk semua pembaca. Entah itu murid, guru, atau bahkan para orangtua. Dengan mengetahui cara ini, kamu mungkin bisa punya ide untuk meningkatkan motivasi belajar diri, murid, ataupun dari anak-anak yang lebih memilih bermain dibandingkan belajar.

Memang, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan. Namun sebelum itu, harap diketahui bahwa cara belajar yang diterapkan saat ini, memang benar-benar membosankan. Maka dari itu, harus ada upaya untuk membuatnya tak lagi jadi membosankan.

Mendesainnya agar tidak membosankan, tentu saja jadi bagian cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Kalau siswa tidak bosan dan menganggapnya seru, jangankan untuk belajar di sekolah. Di rumah pun mereka juga akan belajar walau tidak ada yang menyuruh.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Ada beberapa cara meningkatkan motivasi belajar siswa secara efektif. Namun tentu saja, cara yang harus dilakukan itu tidak mudah dan tidak bisa meningkatkan motivasi belajar secara instan. Namun tidak masalah, hanya dengan melakukannya secara konsisten, tujuan peningkatan motivasi belajar, bisa dicapai dengan cara berikut:

1. Memancing Rasa Ingin Tahu

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa yang pertama, adalah dengan memancing rasa ingin tahu dari orang terkait. Rasa ingin tahu, itu seperti bahan bakar agar seseorang bisa terus mencari bahan-bahan atau ilmu yang bisa memuaskan dahaga keingintahuannya.

Sepertinya, memang tidak ada cara yang lebih efektif dibandingkan dengan memancing rasa ingin tahu. Jika memang belum tahu caranya, mungkin bisa dengan mencoba mengajak mereka berbicara. Topik pembicaraan, tentu saja bukan hal-hal yang biasa-biasa saja. Melainkan hal yang sangat menarik.

Misalnya, agar anak lebih bisa belajar fisika, para guru atau orangtua bisa menceritakan tentang roket yang bisa digunakan ulang dan bisa kembali lagi ke bumi setelah sebelumnya mengorbit ke luar angkasa. Katakan saja, kalau orang yang membuatnya, punya dasar kuat di bidang fisika.

Bisa juga dengan memberikan banyak eksperimen atau ilustrasi agar mereka bisa melihat secara langsung, bagaimana menariknya suatu pelajaran. Bagi siswa yang memang berminat untuk mempelajarinya, mereka akan memunculkan rasa ingin tahu dalam diri mereka sendiri. Secara otomatis, motivasi belajarnya bisa jadi sangat kuat. 

2. Metode Belajar yang Tepat

Menurut sejumlah informasi yang didapatkan, setiap orang itu memiliki metode belajarnya sendiri-sendiri. Kalau metode belajar A, belum tentu cocok dengan metode belajar si-B. Setiap anak atau siswa, punya ciri khasnya masing-masing. Nah, salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa, ada kaitannya dengan hal ini.

Sebisa mungkin, siswa ditawarkan metode belajar yang memang sangat disukainya. Hal tersebut berkaitan dengan siswa agar lebih mudah dalam belajar dan tentu saja, menganggap bahwa kegiatan belajarnya sangat menyenangkan. Selama ini, metode belajar hanya cocok untuk beberapa orang saja. 

Belajar di kelas, bagi calon akademisi mungkin sangat efektif. Namun bagi para calon petinju, belajar di kelas hanya jadi beban baginya. Sebisa mungkin, guru ataupun orangtua, mendesain metode belajar yang harus dilakukan oleh siswa agar motivasi belajarnya bisa sangat tinggi. 

3. Berikan Fasilitas Lengkap

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Seperti cara meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada umumnya dilakukan, fasilitas belajar merupakan hal yang wajib dilengkapi agar siswa bisa belajar lebih nyaman. Sediakan apa saja yang ia butuhkan untuk belajar. Pastikan ia mendapatkan kebutuhan belajarnya secara optimal.

Salah satu cara untuk memenuhi fasilitas belajar bisa orangtua lakukan dengan membeli kelas online dari Ruangguru. Banyak manfaat yang diperoleh dari aplikasi yang satu ini seperti belajar bisa kapan dan di mana saja, belajar jadi lebih menyenangkan, materi terlengkap, dan orangtua bisa mengontrol perkembangan belajar anak. Jika tertarik mencoba aplikasi versi gratisnya, bisa baca info selengkapnya dan unduh aplikasinya.

Setelah pemberian fasilitas, jangan lupa untuk mengecek perkembangannya. Jika fasilitas belum dimanfaatkan dengan maksimal, mungkin perlu ada komunikasi lebih lanjut dengan siswa mengapa fasilitasnya tidak dimanfaatkan. Tapi, cara ini memang terbilang efektif untuk meningkatkan minat belajar. 

4. Berikan Tugas Proporsional

Nah, kalau ini, sebenarnya merupakan kewajiban dari guru. Paling tidak, berikan tugas harian yang proporsional. Jangan kebanyakan dan jangan terlalu sedikit. Kalau kebanyakan, kasihan otak mereka harus menampung beban pelajaran yang tidak disukai. Kalau sedikit, mereka biasanya cenderung malas. 

Jadi, salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa, adalah mengatur tugas agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Pastikan kalau guru lain juga telah memastikan kalau porsi tugasnya tidak berlebihan. Jika memang malas untuk mengatur pemberian tugas, mungkin bisa dikatakan kalau kamu guru yang tidak benar-benar mengabdi.


5. Pemberian Rewards

Pemberian hadiah atau rewards atas suatu keberhasilan, mungkin merupakan cara meningkatkan motivasi belajar siswa yang tidak bisa ditinggalkan. Penulis sendiri, dulu baru mau belajar kalau setelah ada prestasi, sejumlah keinginan harus dipenuhi. Jika tidak, maka selanjutnya tidak ada lagi prestasi. 

Pemberian rewards, tentu akan menjadi motivasi tersendiri agar seseorang mau belajar lebih keras dibandingkan biasanya. Berikanlah rewards yang berbeda untuk setiap siswa sesuai dengan yang mereka inginkan. Tapi pastikan juga, keinginan rewards-nya tidak berlebihan dan masih masuk akal untuk dipenuhi. 

Nantinya setiap siswa tertentu mendapatkan prestasi, maka ia bisa diberikan hadiah sesuai dengan keinginannya. Secara otomatis, siswa lain juga akan ikut termotivasi. 

Itulah sejumlah cara meningkatkan motivasi belajar siswa yang bisa dilakukan. Namun sebenarnya, paling efektif itu membuatnya belajar apa saja sesuai dengan minat dan keinginannya. Mau belajar materi A, B, C, terserah-serah dia. Cara itu akan lebih efektif lagi. Semoga membantu.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama