Tips Membersihkan Rumah Jelang Ramadhan dan Lebaran

Daftar isi [Tampil]
Tips Membersihkan Rumah
Tips Membersihkan Rumah

KuskusPintar.com - Hunian idaman adalah tempat tinggal yang bersih dan bebas dari kotoran, debu, bau tidak sedap dan kondisi yang berantakan. Baik itu rumah lama, perumahan baru, apartemen dan lain-lain, sebuah hunian harus rapi dan bersih. Tujuannya agar rumah yang kita tinggali tetap nyaman dan memberikan kebahagiaan. 

Sebuah hunian yang bersih tentunya harus tetap mengedepankan aspek kerapian dan juga tata ruang yang nyaman. Menjelang momentum besar seperti Ramadhan, hari raya, dan hari besar lain, rumah kamu harus dirawat sebagaimana kamu merawat diri kamu sendiri.

Hunian harus dibersihkan, disapu, dipel dengan pewangi, diberikan aroma yang segar dan lain-lain. Namun, bagaimana ya cara yang tepat untuk membersihkan rumah jelang Ramadhan? Yuk kita cek penjelasan berikut!

Tips Membersihkan Rumah Jelang Ramadhan

Berniat untuk membersihkan dan merapikan rumah menjelang Ramadhan? Mari kita coba beberapa tips berikut ini.

1. Sapu atau Vacuum Seluruh Bagian yang Sulit Dijangkau 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan rumah jelang Ramadhan adalah menyapu dan menyedot debu di bagian yang sulit dijangkau. Beberapa area tersebut seperti di bawah kursi tamu, kolong meja, belakang lemari, dan di bawah karpet. Pastikan kamu rutin membersihkan area-area tersebut hingga bersih agar rumah tetap nyaman saat menjelang Ramadhan.

2. Buang Tumpukan Kardus Belanja Online yang Tak Terpakai 

Apabila selama ini kamu sering belanja online, maka pastikan kamu mengecek lagi di mana lokasi kamu meletakkan kotak belanja. Apabila kamu menumpuknya di sudut kamar atau rumah, maka segera buang kardus jika tidak digunakan. Tumpukan kotak kardus tersebut hanya akan menjadi sarang debu dan nyamuk. Untuk mencegah nyamuk demam berdarah berkembang biak, upayakan untuk tidak meletakkan banyak kotak kardus di bagian dalam rumah ya.

3. Bersihkan Debu yang Menempel di Tembok 

tips membersihkan rumah
Tips Membersihkan Rumah

Selain di lantai, debu dan kotoran pun akan menempel di dinding-dinding rumah. Dinding yang banyak debu akan terlihat jelas, maka dari itu kamu harus rutin membersihkan dinding dari debu. Selain itu pajangan seperti lukisan, jam dinding, foto, atau hiasan dinding lain juga akan menjadi sarang debu, pastikan kamu mengeceknya juga ya. Jika terdapat banyak debu, upayakan kamu membersihkannya sesegera mungkin.

Baca juga: Tips Memilih Villa

4. Bersihkan Sela-sela dan Kaca Jendela

Apakah kamu pernah sesekali mengecek sela-sela dan kaca jendela? Nah jika pernah, maka kamu akan menemukan banyak debu dan kotoran menempel. Area ini penting sekali untuk dibersihkan. Walau pun memang sering luput dari pandangan mata, tetap debu yang menumpuk di area ini akan membuat kesan jorok bagi hunian kamu. Oleh karena itu bersihkan debu dan kotoran di area tersebut dengan rutin ya. 

5. Bersihkan Ventilasi Udara

Selain sela dan kaca jendela, kamu juga harus mengecek bagian ventilasi udara. Bagian ini sangat penting karena berfungsi sebagai lubang pergantian udara di dalam rumah. Apabila area ini terlalu banyak debu, maka pernapasan pun akan terganggu. Oleh karena itu pastikan kamu membersihkan ventilasi udara dengan rutin ya.


6. Rapikan Tanaman dan Rumput di Halaman

Agar taman tetap indah dan nyaman saat dilihat orang lain, pastikan kamu memangkas tanaman yang menjuntai berantakan ya. Rapikan juga rumput yang sudah tinggi agar tertata dengan baik. Selain itu keuntungan untuk menata rapi tanaman adalah kamu bisa memantau jika ada hewan liar yang membuang kotoran di taman rumah, sehingga kamu bisa langsung membersihkannya. 

Banyak referensi rumah rapi dan bersih yang bisa kamu pantai misalnya unit di perumahan di Jakarta Selatan, Bogor, Bandung dan kota-kota lain. Semangat untuk membersihkan dan merapikan rumah jelang Ramadhan ya, agar ibadah puasa tetap nyaman.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama