Tips & Menu Catering Pernikahan di Rumah yang Simpel

Daftar isi [Tampil]
Menu Catering Pernikahan di Rumah
Menu Catering Pernikahan di Rumah

KuskusPintar.com - Daftar menu catering pernikahan di rumah, memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu bisa cukup tenang ketika memesan ke tempat catering yang diinginkan. Perencanaan lebih awal, juga akan sangat membantu kamu agar tidak terburu-buru dalam memilih. 

Dibandingkan terburu-buru dan cenderung sembarangan memilih menu, maka lebih baik dipersiapkan dari awal. Nah, kalau kamu mau mempersiapkan atau ingin memilih daftar menu catering untuk pernikahan yang ada di rumah, mungkin adanya artikel ini bisa sedikit membantu. 

Biasanya sih, kalau menu catering khusus untuk pernikahan di rumah, itu bukan yang tergolong mewah. Malah biasanya tergolong biasa saja atau sederhana. Selain itu, kadang juga makanannya juga punya daya tahan yang lama atau tidak mudah basi. Kalau mau tahu selengkapnya, langsung saja cek uraian berikut, ya.

Tips Memilih Menu Catering Pernikahan di Rumah

Sebelum kamu mengetahui biasanya apa saja menu catering pernikahan di rumah yang akan dihidangkan untuk tamu, baiknya tahu dulu apa saja tips untuk memilihnya. Informasi mengenai tips secara lengkap, bisa kamu dapatkan pada uraian berikut: 

1. Pilih Menu Simple

Tips memilih daftar menu catering rumahan yang pertama, yakni bisa dengan memilih menu yang simple terlebih dahulu. Simple di sini, bisa diartikan dari segi cara pembuatan ataupun cara penyajian. Nantinya, kamu bisa membuat makanan yang enak hanya dengan menggunakan beberapa peralatan sederhana saja. 

2. Hidangkan Masakan yang Sederhana

Setali tiga uang dengan tips pertama, kamu juga bisa memilih menu pesta di rumah dengan makanan yang sederhana saja. Hal ini, bisa sangat menghemat biaya acara pernikahan yang akan diselenggarakan. Menu yang sederhana, pastinya juga membuat tamu undangan lebih mudah dalam menikmatinya. 

3. Menyediakan Cemilan Sederhana

Kamu pun bisa menambahkan cemilan agar bisa dinikmati oleh tamu sebagai pendamping makanan utama. Silakan pilih cemilan yang memiliki rasa gurih seperti: kacang telur, keripik, dan lain sejenisnya. Dengan begitu, walaupun budgetnya kecil, tamu undangan masih bisa merasa puas dengan hidangan yang disajikan. 

Salah satu alasan mengapa kamu harus menggunakan tips di atas tentu saja pertimbangan budget atau anggaran yang harus dikeluarkan. Dengan menu sederhana dan juga tambahan camilan, maka bisa dipastikan biaya pernikahan yang kamu butuhkan, tidak terlalu mahal. 

Rekomendasi Menu Catering Pernikahan di Rumah

Menu Catering Pernikahan di Rumah
Menu Catering Pernikahan di Rumah

Nah, bagi kamu yang ingin tahu rekomendasi daftar menu makanan pesta pernikahan murah meriah untuk pernikahan yang diselenggarakan di rumah, ada baiknya untuk langsung menyimak uraian yang disediakan pada artikel ini. Kamu bisa memilih beberapa dari rekomendasi berikut ini: 

1. Nasi Goreng

Rekomendasi menu catering pernikahan di rumah satu ini, sepertinya tidak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, hampir di setiap acara pernikahan, selalu ada menu nasi goreng. Walaupun sudah ada nasi putih, tetap saja nasi goreng menjadi salah satu menu yang sering dicari oleh tamu. Terutama kalau saya tamunya. 

Nasi goreng, selain menjadi makan favorit dari banyak orang, pembuatannya juga murah. Cukup campur nasi dengan beberapa bumbu, aduk, goreng, dan nasi goreng sudah siap untuk dihidangkan. Tambahkan juga irisan sosis, telur, dan ayam agar nggak kelihatan biasa saja. 

2. Ayam Goreng

Setiap acara yang diselenggarakan di rumah, termasuk pernikahan, sepertinya tidak boleh melupakan menu yang satu ini. Ayam goreng, merupakan makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Kamu bisa menjadikan nasi goreng sebagai lauk dari nasi yang akan dilahap oleh para tamu undangan. 

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan preferensi pribadi atau selera pribadi. Walaupun menggunakan selera pribadi, biasanya tamu undangan akan tetap menyukainya. Tidak perlu khawatir. Ayam goreng sudah pasti habis dan ludes karena dipilih oleh tamu undangan. 

3. Rawon

Kalau di Jawa Timur, makanan ini sepertinya hampir ada dalam banyak acara. Rawon, merupakan makanan yang dimasak menggunakan kuah yang mirip soto. Bedanya dengan soto, warna kuahnya agak kecoklatan yang asal warnanya dari kluwek. Rasanya gurih dan sangat cocok diberikan siang atau malam hari. 

Rawon, biasanya disediakan atau disajikan dengan sejumlah lauk pendamping seperti tauge, daging, dan juga telur. Nantinya, nasi dan sejumlah lauk tersebut, akan disiram menggunakan kuah khas rawon. 

4. Pecel

Kalau kamu tidak keberatan, kamu bisa menyediakan pecel dalam menu catering pernikahan di rumah. Menu ini, tentu saja sangat sederhana. Selain sederhana, biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya juga sangat murah. Hanya butuh kacang, beberapa bumbu, sayur, tahu, tempe, dan beberapa lauk lain jika memang perlu. 

Kamu bisa menambahkan lauk seperti telur, daging ayam, daging sapi, krengseng, atau apapun asalkan cocok dengan rasa yang ditawarkan oleh pecel. Kuah kacang ini, biasanya banyak dipilih oleh tamu undangan yang alergi daging, kolesterolnya tinggi, atau punya sejumlah pantangan terhadap makanan tinggi lemak. 

5. Mie Goreng

Salah satu menu catering pernikahan di rumah yang wajib ada, yakni mie goreng. Entah kenapa, pernikahan yang acaranya tidak menyediakan mie goreng, masih terasa ada yang kurang. Walaupun sudah ada hidangan lain, tapi tetap saja mie goreng banyak yang mencarinya. 

Kamu pun bisa pilih untuk menyediakan mie biasa yang digoreng atau menggunakan bihun. Dua-duanya, masih tergolong enak. Dan lagi, bagi kamu yang hidupnya irit banget, biaya yang dibutuhkan untuk membuat mie goreng, tergolong sangat kecil. Pembuatan menu daftar pernikahan murah ini juga sangat mudah dilakukan. 

6. Sate

Kalau ingin biaya catering pernikahan di rumah jadi lebih murah, kamu bisa memilih sate sebagai salah satu hidangannya. Kamu pun bebas memilih daging apa yang akan digunakan. Biasanya sih, kalau mau cari yang murah, kamu harus memilih daging ayam yang dijadikan sate. 

Nantinya, persiapan yang dilakukan juga lebih mudah. Cukup ada bumbu kacang, daging ayam yang sudah dipotong-potong kecil dan sudah ditusuk, serta bawang agar lebih harum, persiapan sate daging ayam untuk acara pernikahanmu sudah siap untuk disajikan. 

Kalau mau pakai daging lain seperti kambing atau sapi, kemungkinan besar hanya sedikit yang mengambilnya. Penulis sendiri pun sering mengamati tentang mana yang lebih dulu ludes antara sate ayam, sate kambing, dan sate sapi pada prasmanan yang ada dalam suatu acara pernikahan. 

Dan jawabannya tentu saja sesuai perkiraan. Menu catering pernikahan di rumah yang paling dulu habis adalah sate ayam. Maka dari itu, ada baiknya untuk menempatkan pilihan pada sate ayam sebagai hidangan yang disajikan bagi para tamu undangan. 

7. Air Mineral

Nah, kalau tadi sudah makanan saja yang dibahas. Sekarang waktunya pindah ke minuman. Tentu saja, kamu masih harus menyediakan minuman bagi para tamu undangan. Mereka tidak mungkin membawanya sendiri dan tidak mungkin setelah makan mereka tidak membutuhkan air. 

Sebagai tuan rumah, tugasmulah untuk menyediakannya. Pastikan menggunakan air mineral yang dibeli per dus. Harap tidak menyediakan air kran atau air yang diambil dari sumber yang lain. Modal atau biaya yang dibutuhkan itu sangat sedikit. Paling dalam satu acara pernikahan di rumah, kamu hanya butuh 10 kardus air mineral. 

Itu pun bukan kardus air mineral yang kemasan botol. Melainkan air mineral dengan kemasan gelas. Biaya yang dibutuhkan, tidak akan terlalu besar, kok. 

8. Es Buah

Kalau di daerah penulis yang notabene kalau ada orang menikah pasti acaranya diselenggarakan di rumah, menu catering pernikahan di rumah yang biasanya mereka pilih adalah es buah. Kamu sudah pasti bisa membayangkan bagaimana bentuk dari es buah. 

Es buah, merupakan minuman yang bisa didapatkan dari kombinasi antara air biasa, es batu, sirup, gula, dan juga berbagai macam buah segar. Kombinasi antara beberapa hal tersebut, akan menghasilkan suatu minuman yang sangat menyegarkan. Ini sangat perlu dihidangkan apalagi kalau hidangan makanannya penuh lemak. 

Selain segar, mungkin es buah juga bisa meredam efek dari lemak yang bisa meningkatkan kolesterol bapak-bapak tamu undangan yang datang.

Silakan sediakan atau pilih saja sejumlah menu catering pernikahan di rumah yang sudah disebutkan. Kamu bisa pilih untuk menyediakan semuanya atau pilih beberapa saja. Dengan begitu, acara pernikahan di rumah bisa terselenggara dengan lancar dan uang kamu, tidak habis hanya untuk anggaran catering. Semoga membantu.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama