Cara Cek Tagihan Listrik Lewat PLN Mobile, Website, Call Center

Daftar isi [Tampil]
Cara Cek Tagihan Listrik
Cara Cek Tagihan Listrik

Mengetahui cara cek tagihan listrik, tentu saja sangat penting bagi kamu. Tagihan listrik, mengharuskan kamu untuk membayar sekian uang atas sudah terpasang dan menyalanya listrik menerangi seisi rumah. Ini memang merupakan kewajiban dari setiap orang yang berlangganan listrik.

Kalau dulu, mengetahui tagihan listrik bulan ini masih harus repot-repot pergi ke kantor PLN langsung. Nantinya, kamu masih harus mengantri atau menunggu giliran. Cara yang begini, bisa dibilang merupakan cara kolot yang beberapa waktu belakangan, tak lagi banyak diminati. 

Perkembangan teknologi, merupakan salah satu sebabnya. Kini, masyarakat sudah bisa cek tagihan listrik online. Entah itu dengan menggunakan aplikasi, website tertentu, atau dengan langsung menghubungi customer service dari PLN. Bisa dikatakan, kini caranya lebih variatif. 

Bagi kamu yang ingin tahu selengkapnya tentang cara cek tagihan listrik, monggo cek saja uraian yang disediakan pada artikel ini. 

Cara Cek Tagihan Listrik

Terdapat sejumlah cara cek tagihan listrik yang bisa kamu lakukan. Bahkan bisa dilakukan hanya dengan telepon genggam. Kamu sudah tak perlu mengatri di kantor PLN, atau menunggu tagihan yang dikirimkan oleh PLN untuk mengetahui berapa tagihan listrik setiap bulan. Penasaran caranya? Berikut ini penjelasannya secara rinci: 

1. Cek Tagihan Listrik Lewat PLN Mobile

Pertama, kamu bisa melakukan cara cek tagihan listrik lewat HP ini. Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi PLN Mobile terlebih dahulu. Aplikasi tersebut, memang sengaja dikembangkan agar pelanggan PLN bisa lebih mudah mengurusi berbagai hal yang berkaitan dengan PLN:

  • Download dulu aplikasi PLN Mobile. 
  • Setelah download, jangan lupa untuk login terlebih dahulu. 
  • Jika kamu belum punya akunnya, pilih opsi ‘Daftar’.
  • Kemudian, isilah form yang disediakan mulai dari nama lengkap, nomor meter atau ID pelanggan, nomor ponsel, lokasi, password, dan juga email aktif. 
  • Setelah berhasil masuk ke dalam dashboard akun, silakan tap ‘Informasi’ yang terletak pada halaman depan. 
  • Tap opsi ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  • Sistem akan menunjukkan berapa tagihan listrik yang harus dibayar serta jumlah pemakaian dan riwayat tagihan. 

Cara ini terbilang efektif dan aman lantaran kamu menggunakan aplikasi cek tagihan listrik yang resmi dikembangkan oleh PLN. Di luar sana, ada banyak aplikasi cek tagihan. Tapi, sangat disarankan untuk menggunakan PLN Mobile saja agar lebih aman. 

2. Cek Tagihan Listrik Lewat Website PLN

PLN juga memiliki website resminya sendiri. Kalau kamu ingin tahu cara cek tagihan listrik tanpa aplikasi, maka mengeceknya lewat website resmi PLN, merupakan langkah yang harus dilakukan. Hanya dengan mengunjungi websitenya, kamu bisa mendapatkan secara lengkap informasi tagihan. 

Langkah-langkahnya yakni: 
  • Buka browser, terserah mau di HP, laptop, ataupun komputer. 
  • Masuk ke website resmi PLN di https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik.
  • Kemudian, klik ‘Daftar Akun’ yang letaknya ada di pojok kanan bawah. Ini harus dilakukan kalau kamu memang belum pernah mendaftar. 
  • Isilah secara lengkap data diri yang diminta. 
  • Lalu, klik ‘Daftar’. 
  • Nantinya, sistem PLN akan mengirimkan kode verifikasi. Kamu dapat melihatnya pada email yang telah digunakan untuk mendaftar tadi. 
  • Masukkan kode verifikasi pada kolom yang disediakan website. 
  • Jika sudah terdaftar, maka kamu bisa memasukkan email serta password yang didaftarkan ketika akan login ke dalam website. 
Kalau sudah login, nantinya kamu akan ditampilkan informasi secara lengkap tentang tagihan listrik yang harus dibayarkan. 


3. Cek Tagihan Listrik Lewat Call Center PLN

Meskipun cara cek tagihan listrik lewat WA masih belum tersedia, kamu masih bisa melakukan cara lainnya, yakni bisa lewat call center PLN. Menghubungi PLN lewat Call Center-nya, bisa dikatakan sangat mudah untuk dilakukan. Hal yang kamu perlukan hanya telepon genggam dan pulsa.

Caranya yakni dengan menekan nomor 123 pada menu panggilan telepon. Setelah terhubung, silakan mengikuti instruksi yang diberikan oleh operator. Nantinya, instruksi tersebut akan menunjukkan pilihan cek tagihan listrik PLN.

Kamu juga akan ditanya perihal nomor ID guna validasi data. Setelah itu, operator dari call center PLN akan menyebutkan informasi secara rigid tentang tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.

4. Cek Tagihan Listrik Lewat BukuWarung

Selain tiga cara di atas, kamu bisa melakukan cara yang satu ini yaitu dengan mengeceknya melalui Aplikasi BukuWarung. Bagaimana caranya? Berikut beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan:

  • Pertama, silakan download terlebih dahulu aplikasi BukuWarung di Play Store.
  • Jika aplikasi sudah berhasil diinstal, maka selanjutnya kamu perlu masuk ke fitur pembayaran.
  • Kemudian, pilih menu Listrik.
  • Klik Tagihan Listrik.
  • Kemudian, masukan nomor meter PLN atau ID Pelanggan milik kamu.
  • Pilih Cek.
  • Dan taraaa akan muncul berapa besaran tagihan listrik milkmu.
BukuWarung adalah aplikasi yang mudah dan praktis untuk mengecek tagihan listrik. Selain itu, BukuWarung juga bisa menjadi tempat untuk pembayaran tagihan listrik.

Baca informasi selengkapnya di artikel ini:

Itulah serangkaian cara cek tagihan listrik yang bisa kamu lakukan. Silakan pilih cara yang manapun lantaran setiap cara yang ditulis, sama-sama mudah. Kini, kamu tak perlu khawatir akan ketidaktahuan jumlah tagihan PLN yang harus dibayarkan. Semoga membantu. 

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama