Modal Bisnis Warung Kopi Free WiFi & Trik Agar Warung Rame

Daftar isi [Tampil]
Modal Bisnis Warung Kopi Free WiFi
Modal Bisnis Warung Kopi Free WiFi

KuskusPintar.com - Ide untuk membuka warung kopi, merupakan hal yang cukup baik untuk dilakukan. Pasalnya, prospek warung kopi saat ini, sangat menjanjikan. Hal yang kamu perlukan untuk memulainya, hanya dengan mengetahui berapa modal bisnis warung kopi free WiFi dan juga mengetahui apa saja barang atau hal yang dibutuhkan.

Dengan mengetahuinya, kamu hanya perlu menyiapkan modal usaha warkop dan juga menyiapkan beberapa hal sebelum memulainya. Kamu bisa menemukan setiap kebutuhan untuk membuka warung kopi mulai dari modal sampai hal yang dibutuhkan secara lengkap di artikel ini.

Tapi ingat, ide hanya tinggal khayalan jika tidak ada upaya untuk merealisasikannya. Setelah membaca artikel ini, pastikan untuk melakukan beberapa langkah seperti menyiapkan modal, mengatur konsep warung, dan juga menyiapkan beberapa hal yang memang perlu untuk disiapkan.

Apa Saja Isi Warung Kopi?

Sepertinya, pembahasan mengenai rincian modal usaha warung kopi sederhana perlu ditunda lebih dahulu. Ada baiknya, untuk mengetahui sejumlah hal yang memang dibutuhkan. Misalnya saja, dengan mengetahui lebih awal apa saja yang menjadi isi dari suatu warung kopi.

Setelah itu, baru kamu bisa merinci berapa modal bisnis warung kopi free WiFi yang memang dibutuhkan. Informasi mengenai apa saja isi dari warung kopi, dapat kamu simak pada penjelasan di bawah ini.

1. Kompor dan Tabung Gas

Pertama, yang kamu butuhkan adalah kompor dan tabung gas. Kompor dan tabung gas, berfungsi untuk memasak air yang kamu butuhkan untuk membuat kopi dan beberapa hidangan panas lainnya. Jangan lupa untuk menyisipkannya dalam modal bisnis warung kopi free WiFi.

Kalau mau kecil-kecilan saja, cukup sediakan satu kompor dan satu tabung gas kecil saja agar modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

2. Termos

Jika kamu merupakan orang yang cukup mager untuk membuat air panas setiap ada pelanggan yang datang, maka termos adalah solusi yang paling tepat. Pembelian termos, juga harus masuk ke dalam modal bisnis warung kopi free WiFi yang akan kamu bangun.

Termos, tentu berguna untuk menyimpan air panas yang baru saja dibuat dan membuatnya tidak cepat dingin. Dengan demikian, penyajian kopi dan hidangan panas lainnya, bisa dilakukan dengan lebih praktis dan juga lebih cepat.

3. Panci dan Wajan

Panci, tentu merupakan salah satu hal yang juga dibutuhkan. Tentu saja, membuat air panas, membutuhkan panci sebagai wadahnya. Khusus wajan, bisa masuk kategori opsional. Kalau kamu hanya ingin menjual minuman panas saja, tanpa wajan pun tak masalah.

Tapi, kalau berencana untuk sekaligus menjual makanan yang disajikan dengan cara ditumis atau digoreng, sediakan juga wajan untuk hal tersebut. Jika ingin estimasi modal bisnis warung kopi free WiFi yang cukup tepat, silakan memasukkan panci dan wajan pada rincian modal juga.

4. Piring-Sendok-Garpu

Sediakan juga paling tidak 20 set piring, sendok, dan garpu. Peralatan ini, sangat dibutuhkan dalam setiap warung kopi. Hampir semua warung kopi menyediakannya. 20 set, mungkin terhitung besar. Tapi tidak masalah. Jika tidak laris-pun, masih dapat digunakan untuk keperluan pribadi.

Masukkan juga rincian biaya 20 set piring, sendok, dan garpu pada modal bisnis warung kopi free WiFi agar estimasi modal awalnya bisa tepat.

5. Meja dan Kursi

Tentu saja, meja dan kursi juga dibutuhkan. Sesuaikan saja dengan lahan yang ingin dibangun. Semakin luas, maka semakin banyak set meja-kursi yang dibutuhkan. Ini akan menjadi tempat untuk duduk dan meletakkan makanan-minuman yang dipesan oleh pelanggan.

6. Berbagai Macam Makanan dan Minuman

Kamu juga harus menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Jika ingin warung kopi sederhana, maka siapkan sejumlah hal berikut ini:
·         Mie instan
·         Kopi sachet atau kopi buatan sendiri.
·         Telur
·         Susu kaleng
·         Minyak goreng
·         Roti tawar

7. Instalasi WiFi

Hal lain yang mesti disediakan, yakni instalasi WiFi. Jika kamu ingin membuka warung kopi dengan layanan free WiFi, pastinya kamu harus menginstal WiFi terlebih dahulu. Silakan masukkan biaya bulanan dan biaya instalasi WiFi ke dalam rincian modal bisnis warung kopi free WiFi.

Jika ingin mengetahui bagaimana cara buka usaha warkop, langkah pertamanya adalah dengan menyiapkan beberapa hal yang telah dituliskan di atas.

Modal Bisnis Warung Kopi Free WiFi

Modal Bisnis Warung Kopi Free WiFi
Modal Bisnis Warung Kopi Free WiFi

Lanjut pada pembahasan mengenai berapa sebenarnya modal bisnis warung kopi Free WiFi yang dibutuhkan. Silakan menjadikan rincian modal yang akan dituliskan pada bagian berikut sebagai referensimu untuk membuka warung kopi yang menyediakan layanan free WiFi:
  • Kompor dan tabung gas: Rp 500.000
  • Termos: Rp 200.000
  • Panci dan wajan: Rp 300.000
  • Piring-sendok-garpu: Rp 700.000
  • Meja dan kursi: Rp 2.000.000
  • Berbagai macam makanan dan minuman: Rp 700.000
  • Instalasi WiFi: Rp 400.000
Seluruh biaya tersebut, tentu saja harus dijumlahkan. Adapun jumlah modal bisnis warung kopi free WiFi yang perlu kamu siapkan yakni Rp 4.800.000. Ingat, ini hanya estimasi saja. Modal awal yang dibutuhkan, bisa saja berbeda walaupun nggak jauh-jauh amat.

Cara Biar Warung Kopi Rame

Omset warung kopi, bisa meningkat kalau kamu tahu bagaimana cara agar warung kopi tersebut bisa ramai oleh pelanggan. Kamu dapat melakukan beberapa langkah sederhana agar hal tersebut terjadi:

1. Gandeng Komunitas

Warung kopi yang sering dikunjungi penulis, seringkali menggandeng komunitas untuk melaksanakan acara. Tidak ada biaya yang ditetapkan untuk pemakaian tempat. Hanya saja, persetujuan yang dilakukan yakni setiap orang yang datang, mau tidak mau harus membeli makanan dan minuman dari warung kopi tersebut.

Dengan menggandeng komunitas, biasanya warung kopimu akan selalu ramai karena akan diingat oleh anggota komunitas. Selain itu, mungkin kamu juga akan mendapatkan rekomendasi secara gratis dari setiap anggota komunitas tersebut.

2. Harga Terjangkau

Jangan banyak-banyak ambil untung. Sedikit saja asalkan sering mendapatkan pelanggan. Jadi, pastikan bahwa harga kopi yang kamu sediakan, tidak terlalu mahal bagi banyak orang. Bisa dipastikan, usaha kopimu akan selalu ramai dengan pengunjung.

3. Tempat yang Nyaman dan Bersih

Kebersihan dan kenyamanan, adalah faktor utama yang akan mempengaruhi pengunjung berdatangan. Pastikan bahwa tempatmu menggunakan konsep yang membuat pelanggan nyaman berlama-lama di sana. Selain itu, pastikan juga setiap hari, bahwa warung kopimu selalu bersih.

Itulah serangkaian ulasan mengenai rincian modal bisnis warung kopi free WiFi yang kamu butuhkan. Selain itu, juga sudah disediakan apa saja peralatan atau barang-barang awal untuk membuat warung kopi. Dengan demikian, kamu sudah bisa memulai usaha warung kopimu sendiri.

Ditulis oleh Firdaus Al-Faqi
Diedit oleh Reskia

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama