Wifi Rumah Lemot? Baca Cara Mengatasi Wifi yang Lemot Ini

Daftar isi [Tampil]
Cara Mengatasi Wifi yang Lemot
Cara Mengatasi Wifi yang Lemot

Kamu salah satunya yang menerapkan work from home? Atau kamu sering membawa pekerjaan kantor di rumah dan membutuhkan internet. Wifi yang mulai lemot tentu akan menghambat aktivitas pekerjaan. 

Bahkan kamu yang sedang asyiknya streaming pun bisa merasa jengkel karena buffering. Dikuti dari situs KubikTekno.com wifi lemot bisa disebabkan karena masalah jaringan atau kerusakan router. 

Bisa juga karena masalah sepele lain yang bisa kamu atasi sendiri sebelum menghubungi costumer service dari provider internet. Yuk simak apa saja caranya. 

Cara Mengatasi Wifi yang Lemot

Wifi lemot merupakan kendala teknis yang bisa terjadi kapan saja. Pertama kamu bisa mengecek di rumah tetangga atau kerabat apakah wifi mereka juga mengalami masalah. Jika tidak, artinya hanya rumahmu saja yang mengalami kendala. 

Tidak perlu panik jika hanya wifi di rumah saja yang bermasalah. Kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi wifi yang lemot ini untuk memperbaikinya. 

1. Restart Router Wifi

Langkah pertama yang paling mudah dilakukan adalah restart router. Caranya adalah dengan menekan tombol power yang tersedia. Kamu tinggal menunggunya selama kurang lebih 15 menit kemudian nyalakan kembali. 

Setelah menyala cobalah untuk mengecek apakah internet masih lemot. Jika tidak ada masalah yang lebih lanjut, kondisi internet seharusnya sudah lancar. Penting diperhatikan untuk rutin melakukan restart router. 

Hal ini dibutuhkan untuk menjaga perangkat agar dapat bekerja dalam waktu lama. Setidaknya satu minggu sekali kamu perlu restart router selama 15 menit. Sehingga perangkat tidak panas dan bekerja normal. 

2. Memindahkan Router atau Merubah Posisi Antena

Internet masih lemot juga setelah kamu melakukan restart? Trik selanjutnya adalah memindahkan router. Kamu perlu memindahkannya ke tempat yang lebih tinggi sehingga terjangkau oleh semua perangkat. 

Ada baiknya juga memastikan bahwa tidak ada yang menghalangi lokas router untuk memancarkan sinyal wifi. Selain itu atur kembali antena pada router. Pastikan antena berdiri dengan tegak dan tidak dalam posisi tertidur apalagi patah. 

Antena ini memiliki peranan penting untuk memancarkan sinyal sehingga tidak masalah jika kamu merubah posisinya. 

3. Coba Cek Sistem di Komputer Kamu

Selain menanyakan kepada tetangga apakah wifi mereka berjalan lancar, kamu juga bisa mengecek wifi di rumah untuk beberapa perangkat. Baik itu komputer atau smartphone, cobalah untuk mengecek kecepatannya. 

Apabila ternyata internet lemot hanya terdapat pada komputer, artinya perangkat komputer yang bermasalah bukan wifi. Kamu bisa mengecek pada bagian sistem wifi apakah terdapat kerusakan. 

Jika iya, maka kamu sebaiknya memperbaiki terlebih dahulu. Biasanya komputer yang terkena malware bisa mengakibatkan internet menjadi lemot. 

4. Mengecek Jumlah Pengguna Wifi

Bisa jadi wifi di rumah kamu digunakan oleh orang lain yang tidak dikenal. Sinyal wifi memiliki jangkauan yang sangat luas, sehingga cukup rawan untuk dibobol. Jika ada orang lain yang menggunakan jaringan tanpa izin, maka sudah pasti wifi akan lemot. 

Apalagi jika jumlah pengguna terlalu banyak melebihi kapasitas wifi maka salah satu pengguna akan mengalami kendala. Bahkan bisa saja internet tidak tersambung karena kuota telah penuh. 

Kamu bisa mengecek terlebih dahulu siapa saja pengguna wifi di rumah dengan aplikasi tambahan. Bisa juga langsung mengecek melalui aplikasi yang disediakan provider internet. 

Apabila ternyata ada pengguna yang tidak dikenali, sebaiknya segera ganti username dan password akses wifi. 

5. Coba dengan Router Lain

Perangkat komputer tidak bermasalah, kamu juga sudah merestart router namun internet justru semakin lemot. Trik lain yang bisa diikuti adalah mencoba menggunakan router lainnya. 

Kerusakan sangat mungkin terjadi pada perangkat router yang sudah terlalu lama digunakan. Bisa juga karena kamu mendapatkan perangkat yang cacat produksi sehingga tidak bisa bekerja dengan baik. 

Cobalah meminjam router memiliki kerabat dekat dan mencobanya di rumah. Apabila internet kembali lancar, sebaiknya belilah router yang baru. Jika tidak ingin membeli, kamu bisa meminta ganti dari provider internet. 

Penggunaan internet kini menjadi kebutuhan sehari-hari untuk memudahkan aktivitas. Baik itu pekerjaan dan hiburan sebagian besar mengandalkan internet. 

Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasi wifi yang lemot ini mungkin akan membantumu.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Lebih baru Lebih lama